6+ Pantai Di Pasaman Barat yang Sayang jika Dilewatkan

· 3 min read
Pantai di Pasaman Barat

Kabupaten Pasaman Barat memiliki garis pantai sepanjang lebih kurang 152 km, sehingga tidak heran jika memiliki cukup banyak Wisata Pantai di Pasaman Barat yang tersohor.

Kita memang mengenal kabupaten ini adalah penghasil kelapa sawit terbesar di Sumatera Barat, di mana itu artinya geografis tanahnya mayoritas gersang dan tandus.

Tidak salah, hal tersebut memang benar. Tetapi, buktinya juga cukup banyak Objek Wisata Laut di Pasaman Barat, lainnya juga berupa spot alam, panorama, budaya hingga situs bersejarahnya.

Sebut saja objek pantai, salah satu yang terkenal adalah pantai Sasak yang ada di Simpang Empat. Pantai degan pasir putih, ombak besarnya dan ribuan pohon rindang disekitarnya.

Wisata Pantai di Pasaman Barat

Nah, pada kesempatan ini, Admin telah merangkum apa saja Wisata Pantai Di Pasaman Barat yang populer dan paling ramai dikunjungi. Silakan simak artikel ini dan semoga bermanfaat.

Pantai Sasak

Pantai di Pasaman barat
Instagram | @renungramadhan10

Pantai ini berlokasi di Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, tidak terlalu jauh dari ibukota kabupaten, kira-kira 10 km saja.

Pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang fantastis, dengan gulungan ombak yang besar serta pasir putihnya yang memukau. Pantai Sasak menjadi pantai paling ramai dikunjungi di kabupaten ini.

Selain itu, disepanjang pantainya ditumbuhi ribuan pepohonan rindang nan hijau, pas untuk dijadikan tempat bersantai sambil menikmati kuliner-kuliner yang bervariasi.

Setiap harinya, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan, terlebih ketika hati-hati libur seperti lebaran, tempat ini menjadi penuh sesak. Namun, keasrian pantai senantiasa dijaga dan dirawat dengan baik.

Soal fasilitas juga gak kalah lengkap, mulai dari Motor Mini Roda 4, serta berbagai spot berfoto dengan background pantai yang sangat indah.

Pantai Sikabau

Pantai di Pasaman barat
Instagram | @hyhertikayati

Pantai di Pasaman Barat yang kedua bernama Sikabau, berlokasi di Desa Sikabau, Kenagarian Parit, Kecamatan Koto Balingka. Untuk sampai ke sini, kamu membutuhkan 2 jam perjalanan dari ibukota kabupaten.

Lokasi pantai ini berada di sebuah desa yang cukup jauh dari keramaian, sehingga keindahannya masih sangat terjaga, mulai dari kebersihan pantai dan kerusakan-kerusakan lainnya.

Ada 4 rute utama yang bisa kamu tempuh untuk sampai ke Pantai Sikabau, diantaranya dari Ujunggading, Setia Baru dan, Kampung Randah dan Silawai.

Sepanjang perjalanan-pun kamu akan disuguhi dengan ratusan perkebunan kelapa sawit milik PT. BNC. Medan jalan juga cukup bagus untuk sepeda motor maupun mobil.

Fasilitas yang disediakan juga banyak, kamu bahkan bisa menelusuri tepian muara dengan menyewa boat milik masyarakat setempat untuk berkeliling.

Selain itu, sepanjang pantai ditumbuhi banyak sekali pohon-pohon Pinus yang rindang dan sejuk, yang akan menambah ketenangan dalam liburanmu ketika berkunjung ke sini.

Baca Juga : 11 Wisata Pantai di Pariaman

Pantai Air Bangis

Wisata pantai di Pasaman barat
Instagram | @airbangisdotcom

Selanjutnya adalah Pantai Air Bangis, lokasinya berada di Desa Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas. Jarak dari ibukota kabupaten sekitar 70 km atau 2 jam perjalanan.

Meski tidak seramai Pantai Sasak, namun ada fakta menarik dari pantai ini, yakni memiliki garis pantai sepanjang 72,56 km, dan dinobatkan sebagai daerah dengan garis pantai terpanjang di Pasaman Barat.

Selain itu, di sini juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan), yang menjadi tempat jual beli ikan tersibuk setiap hari di Sumatera Barat. Selain berwisata, kamu juga bisa membawa oleh-oleh berupa ikan-ikan segar.

Selain menikmati keindahan pantai dan sunset yang menakjubkan, ada pula sebuah tugu yang berdiri kokoh di ujung pantai atau jalan. Tugu ini menjadi ciri khas Air Bangis.

Baca juga : Wisata Pulau di Pasaman Barat

Pantai Maligi

Wisata laut di pasbar
Source : Kabar60.com

Wisata Pantai di Kabupaten Pasaman Barat selanjutnya bernama Pantai Maligi, lokasinya ada di Kecamatan Ranah Pasisie, masih se-hamparan dengan pantai Sasak.

Kata “Maligi sendiri diambil dari bahasa Mandailing yang artinya “Melihat”, sekaligus dijadikan nama dari pantai dan desa di kawasan itu sendiri.

Keindahan pantai ini menawarkan keunikan tersendiri. Di mana jika di pantai lain didominasi oleh pasir, di pantai ini lebih banyak ditemukan rerumputan dan lapangan hijau yang luas.

Selain itu, pantai ini juga bermotif landai, baik dari segi pepohonan yang tumbuh hingga tekstur tanahnya yang cenderung berbukit-bukit. Selain itu, di sini juga terdapat konservasi Penyu loh.

Bila kamu berminat mengunjungi pantai ini, jaraknya sekitar 40 km dari pusat kabupaten, dengan akses dan medan jalan yang masih tergolong buruk.

Baca Juga : Pantai di Painan

Pantai Sikilang

Wisata alam di kabupaten Pasaman barat
Instagram | @riskispartacks

Tempat Wisata di Pasaman Barat pada sektor pantai adalah Sikilang, lokasinya berada di Kecamatan Sungai Aur. Jarak dari ibukota kabupaten sekitar 40 km.

Sayangnya, untuk sampai ke sini, kita harus menyeberangi sungai terlebih dahulu, dengan menyewa kapal penduduk setempat yang telah disediakan setiap saatnya.

Namun tenang saja, setelah sampai ke sini, kamu sudah pasti akan dibuat kagum oleh keindahan pantai dan sunsetnya, serta jejeran ribuan pohon kelapa dan hutan bakau yang menawan.

Selain itu, gulungan ombaknya juga tinggi dan besar, sehingga sangat cocok dijadikan tempat untuk belajar berselancar, terlebih untuk para pemula.

Pantai Muaro Binguang

Pantai muaro Binguang
Source : Rentalmobilpadang.co.id

Lokasi Wisata Pantai di Pasaman Barat berikutnya bernama Muaro Binguang, berlokasi di Kecamatan Kinali. Dalam bahasa Minang, Muaro berarti “Muara” dan Binguang adalah “Bingung”.

Nama tersebut dibuat bukan tanpa sebab, karena memang pantai ini bisa membuat bingung pengunjungnya. Ada yang awalnya hanya akan melihat pantai saja, ada pula yang hanya akan melihat mercusuar saja.

Namun fakta lain menyebutkan, bahwa pantai Muaro Binguang ini adalah pantai dengan keaslian dan keasrian paling terjaga dari semua daftar pantai di kabupaten ini, karena pemerintah baru mempromosikannya akhir-akhir ini.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan sunset yang sangat indah, pasir putih, pohon-pohon kelapa yang banyak dan dengan pemandangan pulau-pulau kecil disekitarnya.

Baca juga : 9+ Air Terjun di Pasaman Barat


Wisata Pantai akan selalu dikunjungi banyak orang, karena memang sangat pas untuk dijadikan tujuan berlibur bersama siapapun, baik keluarga, teman hingga kekasih.

Memandang laut yang luas, bermain pasir dan menikmati hembusan angin sepoi-sepoi, akan menghadirkan momen yang indah dan tidak didapatkan di tempat lain.

Semoga informasi mengenai Wisata Pantai Di Pasaman Barat kali ini, bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kamu semua, yang hendak berlibur di Kabupaten Pasaman barat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *