9+ Air Terjun Di Pasaman Barat yang Gak Kalah Indah

· 4 min read
Air terjun di Pasaman barat

Meski terkenal dengan nama “Kota Sawit”, bukan berarti di kabupaten ini minim Destinasi liburan, salah satu contoh adalah Air Terjun di Pasaman Barat yang tersohor keindahannya.

Selain itu, juga ada berbagai spot Tempat Wisata Di Pasbar yang ternama, populer dan potensial lainnya, mulai dari objek pantai, gunung, pulau, taman, situs sejarah hingga danau.

Namun di artikel ini, Admin akan mereview beberapa Air Terjun di Pasbar terbaru dan lagi Hits. Bagi kamu pecinta alam, semoga informasi di bawah ini bisa bermanfaat.

Daftar Air Terjun di Pasaman Barat

Pasaman Barat adalah kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Barat, hasil pemekaran dari kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Mata pencarian utama masyarakat di sini memanglah kelapa sawit, sehingga terkesan gersang dan panas. Padahal tidak sepenuhnya seperti itu, buktinya masih banyak Objek Wisata yang bagus di sini.

Di artikel sebelumnya, juga sudah pernah saya uraikan sekitar 30 Tempat Wisata Di Pasaman Barat yang bisa kamu kunjungi kapan saja. Soal keindahan, tak perlu diragukan lagi.

Nah, di artikel ini, saya mengkhususkan untuk mengulas mengenai Pesona Air Terjun di Pasaman Barat saja, semoga bisa menjadi referensi untuk teman-teman semua. Check this out…

Air Terjun Sipagogo

Air terjun di Pasaman barat
Instagram | @scoty_and

Air Terjun di Pasaman Barat pertama adalah air terjun Sipagogo, lokasinya berada di kampung Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Malintang.

Air terjun ini sebenarnya sudah diketahui keberadaannya sejak lama, hanya saja baru dikenal luas di beberapa tahun belakangan ini.

Bukan tanpa sebab, karena memang akses menuju lokasi masih terbilang jauh, dengan medan yang rumit, terlebih lagi ketika musim hujan.

Namun ketika sampai, semua rasa lelah selama di perjalanan akan hilang ditutupi oleh keindahan air terjun, hutan yang menyelimutinya serta udara yang segar.

Keasrian alam di lokasi air terjun ini masih asri dan terjaga dengan baik. Objek ini juga kerap ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika hari libur.

Air Terjun Sarasah Kajai

Air terjun di Pasaman barat
Source : Travelingyuk.com

Air Terjun di Kabupaten Pasaman Barat yang lagi Hits berikutnya bernama Sarasah Kajai, lokasinya ada di Kajai, tepatnya di kaki Gunung Talamau / Gunung Pasaman.

Selain pemandangan alam yang eksotis, daya tarik lainnya dari air terjun ini adalah karena dia memiliki 3 tingkatan, meski yang dikunjungi umumnya sampai ke tingkatan ke-2 saja.

Bukan tanpa alasan, karena untuk sampai ke tingkat 3, dibutuhkan waktu mendaki sekitar 2 jam. Namun berbicara soal keindahan, tidak perlu diragukan lagi pastinya.

Bila kamu berkunjung ke Pasaman Barat, terlebih ketika hendak mendaki gunung Talamau, sayang rasanya bila tak menyempatkan diri ke spot satu ini.

Air Terjun Lenggo Geni

Air terjun di Pasaman barat
Source : Travelingyuk.com

Berikutnya bernama Lenggo Geni, terletak di daerah Pinaga, berjarak sekitar setengah jam dari Simpang Ampek ibukota Pasaman Barat.

Lokasi pasnya sebenarnya tidak jauh dari Sarasah Kajai, hanya saja Lenggo Geni ini berada di rute pendakian gunung Talamau. Perjalanan untuk sampai ke sini sekitar 2-3 jam.

Ketika kamu dalam perjalanan mendaki gunung Talamau, ketika sampai di Harimau Campo (pos pertama), untuk sampai ke air terjun ini kamu harus melewati medan yang cukup rumit.

Namun semua kelelahan akan hilang ketika sampai ke air terjun ini, karena pemandangan alam, hutan hijau dan hempasan air terjun yang deras akan mengembalikan semangat kamu.

Bayangkan saja sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15-20 meter di hadapanmu. Kamu juga bisa mengabadikan momen indahmu di sini.

Baca juga : Wisata Pulau di Pasaman Barat

Air Terjun Sampuran Betung

Air terjun di Pasaman barat
Instagram | @anahandesti

Lokasi Air Terjun di Pasaman Barat yang lagi Hits selanjutnya bernama Sampuran Betung, berada di kecamatan Sungai Aur, sekitar 10 km masuk ke pedalaman.

Sampuran sendiri merupakan nama desa lokasi air terjun itu berada, sedangkan Betung adalah nama salah satu jenis bambu berukuran besar, yang banyak tumbuh di sana.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, tapi cukup lebar dan berjumlah 2 aliran yang bersatu ketika sampai ke bawah. Sehingga sangat cocok dijadikan spot pemandian.

Di lokasi air terjun, juga banyak yang berjualan makanan dan minuman. Tempat ini juga kerap ramai wisatawan terutama di musim-musim liburan tiba.

Air Terjun Siburai-Burai

Air terjun Siburai-Burai
Instagram | @alam_pengobat_rindu

Air Terjun Pasbar Berikutnya bernama Siburai-Burai, sebuah spot air terjun indah di Pasbar yang masih berlokasi di jalur / rute pendakian Gunung Talamau.

Air terjun ini juga sering dijadikan tempat peristirahatan sementara sebelum melanjutkan ke puncak. Keindahan yang disuguhkan akan mampu menghilangkan rasa lelah dan letih.

Air terjun ini sangat tinggi dan percikan airnya terdengar deras, sehingga menghadirkan rasa yang sejuk di tengah hutan, dan nuansa alamnya yang tergambar jelas.

Air Terjun Situak Lotik

Air terjun Situak
Source : Travelingyuk.com

Air Terjun di Daerah Pasaman Barat selanjutnya bernama Situak Lotik, berlokasi di Nagari Ujunggading, Kecamatan Lembah Melintang.

Situak sendiri adalah nama dari lokasi air terjun ini. Menurut cerita masyarakat setempat, dulunya air terjun ini adalah tempat pemandian bidadari. Airnya mengandung belerang sehingga terlihat sangat bersih.

Kemiringannya tidak terlalu condong, sehingga meskipun tinggi tetap bisa didaki, namun sedikit licin. Airnya hijau dan deras, udaranya juga sejuk karena berada di tengah hutan.

Baca Juga : 6+ Pantai Di Pasaman Barat

Air Terjun Kemuning

Air terjun kemuning
Source : Google.com

Berikutnya adalah air terjun Kemuning, yang berlokasi di Parit, kecamatan Koto Balingka. Meski tidak terlalu tinggi dan deras, namun sangat cocok dijadikan tempat liburan.

Lokasinya berada di tengah hutan yang hijau dan terawat, sehingga udara di sekitarnya sangat sejuk. Selain itu, akses ke sini juga tidak terlalu sulit, dengan medan yang bisa dilalui sepeda motor.

Baca Juga : Pulau di Pasaman Barat

Air Terjun Simpang Kanan

Air terjun Simpang kanan
Source : Google.com

Objek Air Terjun di Pasbar selanjutnya bernama Simpang Kanan, lokasinya ada di jorong Tamiang Ampalu, kecamatan Koto Balingka.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini memiliki 2 jalur air, di mana yang sebelahnya lebih kecil. Hempasan airnya cukup deras dan sangat jernih.

Lokasinya berada di dalam hutan, dengan aliran sungai yang penuh dengan bebatuan. Udara yang sejuk dan nuansa alam yang masih asri akan menambah kesan liburan kamu ke sini.

Air Terjun Muaro Panggung

Yang terakhir ini sebenarnya belum terkespos dengan jelas, termasuk info yang beredar baik di media sosial maupun di internet, bisa dibilang belum ada.

Saya mendapatkan info mengenai air terjun ini dari seorang teman, yang katanya lokasinya berada di sekitar tempat Wisata Muaro Panggung di Parit, kecamatan Koto Balingka.

Air Terjun Di Pasaman Barat ini juga sudah pernah saya ulas di artikel Tempat Wisata Di Pasaman Barat tempo hari. Nah, lokasi air terjun ini sendiri ada di bagian hulu dari Muaro Panggung.

Selengkapnya : 30+ Tempat Wisata Di Pasaman Barat


Wisata alam memang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian besar wisatawan, terlebih bagi pecinta jelajah, karena memang kesan yang diberikan jauh lebih indah.

Namun ada hal penting yang sering pula dilupakan mayoritas orang, salah satunya yakni tidak menjaga keseimbangan alam, misalnya meninggalkan sampah di tempat wisata.

Untuk itu, sejauh manapun kaki melangkah, jangan pernah membuat kerusakan apapun, karena kita tidak akan pernah tahu dampak apa yang bisa ditimbulkannya di kemudian hari.

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai Daftar Air Terjun Di Pasaman Barat yang lagi Hits dan populer. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menjadi referensi utama buat pembaca semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *