17+ Tempat Wisata Di Sijunjung, Menawarkan Sejuta Pesona

· 5 min read
Tempat Wisata Di Sijunjung

Jika kamu berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa jejaki dan ukir dengan indah momen liburanmu, bersama beberapa Destinasi Tempat Wisata Di Sijunjung yang populer ini.

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan kabupaten ini, sebuah daerah yang memiliki potensi alam menakjubkan, sehingga menghasilkan berbagai Objek Wisata Sijunjung yang cukup terkenal dan ramai.

Meski hanya seluas 3.130,80 km² dengan jumlah populasi sekitar 200 ribu jiwa saja, namun demografis alam di kabupaten ini sangat potensial, ditambah pula pengelolaan berkelanjutan yang selalu terjaga.

Tempat Wisata Di Sijunjung Terpopuler 2020

Ketika mengunjungi beberapa destinasi yang ada, bukan hanya keindahan alam sana yang kamu dapatkan, namun juga berbagai tujuan lain seperti peninggalan budaya hingga santapan kuliner.

Terlebih lagi luas wilayahnya yang sempit, sehingga jarak antara satu Tempat Wisata Kabupaten Sijunjung dengan tempat lainnya jaraknya berdekatan. Dalam sehari, kamu bisa mengunjungi beberapa objek.

Baiklah, langsung saja simak di bawah ini mengenai beberapa Tujuan Wisata terbaik Di Sijunjung terbaru dan tersohor saat ini. Semoga ulasan di bawah ini bisa jadi referensi utama.

Danau Hijau Bukit Bual

Tempat wisata di Sijunjung
Instagram | @fhadilla28

Yang pertama adalah sebuah danau indah dengan nuansa alam yang mempesona, lokasinya berada di Nagari Bukit Bual, Kecamatan Koto VII.

Danau ini adalah bekas galian tambang. Setelah proses industri selesai, akhirnya ditinggal dan jadilah sebuah danau berair warna hijau dengan hutan disekelilingnya.

Potensi wisata satu ini sangat diminati, bahkan selalu ramai dikunjungi. Beberapa media juga sudah meliput secara langsung ke sini. Jarak dari ibukota kabupaten hanya 45 menit saja.

Ngalau Talago

Tempat wisata di Sijunjung
Instagram | @yudiikhsan_

Ngalau Talago adalah sebuah goa alami yang berlokasi di Nagari Silokek, berjarak sekitar 45 menit dari Muaro Sijunjung jika menggunakan kendaraan.

Lokasinya memang sangat cocok bagi para petualang, karena untuk sampai ke sini, dibutuhkan setidaknya berjalan sepanjang 1.5 km. Meski medan sulit, namun akan takjub ketika sampai.

Di sini, pengunjung akan disuguhkan dengan bebatuan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan. Di dalamnya juga terdapat air Terjun yang menawan.

Pulau Andam Dewi

Tempat wisata di Sijunjung
Instagram | @alam_matolangik

Tempat Wisata Favorit di Sijunjung selanjutnya adalah sebuah pulau bernama Andam Dewi, berlokasi di kawasan pegunungan Musiduga Silokek.

Geografisnya ditumbuhi hutan lebat dengan penduduk yang ramah. Untuk memperkuat daya tarik wisatawan, pemerintah daerah juga membangun beberapa Gazebo yang cantik.

Tempat ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri, alami dan hijau. Pegunungan yang mengapitnya juga pasti bisa menyihir siapapun yang berkunjung ke sini, akan keindahannya.

Wahana Telabang Sakti

Tempat wisata di Sijunjung
Instagram | @harishazpro

Lokasi wisata pemandian yang satu ini berada di Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru. Wahana ini memiliki banyak opsi permainan yang mengasyikkan.

Belum lagi, juga terdapat lokasi outbound yang ujungnya berbatasan langsung dengan hutan, sehingga sering dijadikan sebagai tempat berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Untuk sampai di sini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit atau berjarak 8 km dari kiliran Jao, yakni di Jl. Negara, kiliran Jao ke Teluk Kunantan.

Lokomotif Uap

Tempat wisata di Sijunjung
Source : Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Destinasi wisata di Sijunjung selanjutnya yakni sebuah lokasi lokomotif Uap yang berada di Nagari Durian Gadang. Tempat ini memiliki sejarah yang panjang dan kelam.

Lokasi lokomotif ini dulunya dijadikan sebagai tempat pengumpulan pemuda-pemuda Sumatera dan Jawa, untuk dijanjikan sekolah oleh orang Jepang, namun nyatanya tidak.

Mereka kemudian di bawa ke MUSIDUG untuk dipekerjakan secara Romusha / kerja paksa. Di sini, pengunjung juga bisa menambah wawasan mereka seputar masa penjajahan.

Arung Jeram

Arung jeram sungai di sijunjung
Source : Langgam.id

Bagi pecinta olahraga air yang ekstrim, maka Destinasi Arum Jeram yang berlokasi di Aliran Sungai Batang Kuantan ini menjadi spot pilihan ketika berkunjung ke Sumatera Barat.

Bagaimana tidak, airnya yang sangat deras dan diselimuti bebatuan ini pastinya akan menawarkan tantangan sesungguhnya bagi semua penikmat.

Potensi Arum jeram di sini sangat kuat, tidak jarang para penikmat dari luar daerah berbondong-bondong ke sini setiap harinya. Dan juga, pemerintah telah memperhatikan objek ini dengan baik.

Perkampungan Adat Sijunjung

Perkampungan Adat sijunjung
Instagram | @perkampungan.adat.sijunjung

Lokasi perkampungan ini terdapat dua kampung, yang pertama adalah Jorong Koto Padang, sedangkan yang ke dua yakni Koto Padang Ranah dan Tanah Bato.

Di tahun 2004, Tempat Wisata Di Sijunjung yang satu ini bahkan telah diusulkan sebagai Warisan Dunia ke Unesco.

Ada banyak hal yang unik di perkampungan ini, karena menjadi pusat refleksi kegiatan mulai dari Sosial kemasyarakatan, Ekonomi, Seni dan Budaya.

Kamu bisa menyaksikan secara langsung bagaimana aktivitas keseharian masyarakat setempat yang sangat tradisional, berdasarkan adat dan tentunya sangat nyaman untuk disinggahi.

Air Terjun Batang Taye

Air terjun Batang taye
Instagram | @wiwideswarni26

Objek Wisata paling terkenal di Sijunjung selanjutnya yakni sebuah air terjun bernama Batang Taye, yang masih berlokasi di sekitar Wisata Silokek.

Spot air terjun satu ini sangat indah dan unik. Di sini, kamu akan menemukan air terjun yang memiliki 8 tingkatan, serta diselimuti hutan lebat yang rindang dan luas.

Selain itu, udara yang sejuk serta gemercik suara terjunan air akan membuat pikiran dan hati menjadi tenang, sejuk dan adem.

Simpang Tugu

Simpang Tugu Muaro Sijunjung
Source : Andalastourism.com

Berbeda dengan tempat lainnya, Simpang Tugu ini menjadi destinasi perkotaan yang sangat terkenal di Sijunjung. Lokasinya ramai dan banyak terdapat kantor kepemerintahan.

Setiap malam, banyak pedagang yang menyajikan kuliner khas Minang di sini, sehingga sangat cocok menjadi tempat bersantai ketika kamu berkunjung ke kabupaten ini.

Pasir Putih

Objek wisata kabupaten Sijunjung
Source : Yasmenchaniago.com

Masih berlokasi di sekitaran Silokek, tempat Wisata Di Sijunjung satu ini merupakan daerah aliran sungai yang dikelilingi pasir berwarna putih.

Meski di sekitaran sungai, namun keindahan pasirnya tidak kalah dengan yang di tepi pantai. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik untuk memancing wisatawan.

Keindahan lainnya terdapat pada bukit-bukit batuan karang yang mengapitnya, dan juga ngarai-ngarai menjulang dengan batang air kuantan dibawahnya.

Puncak Ngalau Posuak

Objek wisata kabupaten Sijunjung
Instagram | @yudiss_genoo

Wisata terbaik di Kabupaten Sijunjung berikutnya yakni sebuah bukit bernama Puncak Ngalau Posuak, berlokasi di Nagari Padang Laweh, Kec. Koto VII, Kab. Sijunjung.

Untuk sampai ke sana, para wisatawan harus melewati medan rute yang terjal, ekstrim dan menantang. Namun, pemandangan selama perjalanan juga tak kalah indahnya.

Di tengah perjalanan, kamu juga akan menjumpai sebuah goa alami yang indah. Nah, dari sini, lokasi utama puncak Ngalau Posuak sudah kelihatan, artinya sebentar lagi akan sampai.

Dari atas puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam pegunungan yang indah, serupa punggung naga. Dari sudut manapun, bisa kamu jadikan spot berswafoto untuk mengabadikan momen.

Geopark Silokek

Objek wisata di kabupaten Sijunjung
Instagram | @gentri_naldi

Silokek memang daerah yang dipenuhi destinasi wisata, salah satunya adalah Geopark yang berlokasi di berada di Jorong Tanjung Medan, yang menjadi salah satu wisata andalan di kabupaten ini.

Untuk sampai di sini, kamu hanya butuh alat transportasi pribadi atau umum, dengan waktu tempuh selama 15 menit saja dari pusat kota. Sepanjang perjalanan, pemandangan alam yang indah akan menemanimu.

Geopark ini sejatinya adalah kawasan pegunungan, hutan dan sungai deras yang sejuk. Ketika berada di sini, kamu akan merasa sedang berada di tengah rimba belantara.

Pincuran Tujuah

Rute pincuran tujuah
Instagram | @dhesept

Pincuran Tujuh berada di Koto Gadang, Sumpur Kudus, Lalan, Kecamatan Sijinjung. Pincuran ini merupakan spot pemandian yang menyediakan berbagai fasilitas menarik.

Mulai dari tempat pemandian air hangat, kolam renang, seluncuran air, resort dan lain-lain. Tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan bersama keluarga di hari libur.

Yang bikin tempat ini lebih unik adalah, air yang kita pakai untuk mandi berasal dari mata air pengunjung langsung, sehingga sangat sejuk dan tentunya menyehatkan.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Pesisir Selatan

Sisawah

Pemandangan alam di Sisawah
Instagram | @septiiantc

Tempat Wisata Di Sijunjung yang populer selanjutnya yakni Sisawah, lokasinya berada di Nagari Sisawah, Kec. Sumpur Kudus. Ini merupakan objek bentang alam yang indah di Sijunjung.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah jembatan gantung dengan lebar 1.5 meter, namun sangat panjang. Selama perjalanan menuju Sisawah, kamu juga akan disuguhkan pemandangan menakjubkan.

Kolam Renang Calau

Kolam renang Calau
Source : Andalastourism.com

Masih sebuah objek wisata bernuansa keluarga, berikutnya adalah sebuah kolam pemandian bernama Calau, lokasinya ada di Lalan, Kec. Lubuk Tarok.

Meskipun masih tergolong baru dan belum banyak dikenal, namun lokasi pemandian ini sudah mulai sering dibanjiri wisatawan, terlebih ketika akhir pekan.

Taman Ngalau Basurek

Taman Ngalau basurek
Source : Rentalmobilpadang.co.id

Taman yang satu ini terletak di Muaro Silokek, Kecamatan Sijunjung. Dalam bahasa Minangkabau, ngalau artinya Goa, sedangkan Basurek berarti tulisan.

Nah, di pintu goa ini, terdapat tulisan-tulisan yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dulu. Jika ingin ke dalam, disarankan untuk membawa penerang seperti senter atau obor.

Goa ini cukup dalam dan panjang, serta sangat cocok bagi kamu pecinta jelajah alam. Di dalamnya, kamu juga akan melihat susunan stalaktit dan stalakmit yang menawan.

Air Terjun Palukahan

Wisata alam di Sijunjung
Source : Trepelin.com

Tempat Wisata Alam di Sijunjung selanjutnya adalah air terjun bernama Palukahan, lokasinya ada di Muaro, Kecamaten Sijunjung.

Dengan pemandangan alam yang indah serta percikan air yang deras, akan mampu menyejukkan hati dan pikiranmu serta menghilangkan rasa penat ketika di perjalanan.

Baca juga yuk : 16+ Tempat Wisata Di Dharmasraya

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai Daftar Tempat Wisata Di Sijunjung terbaik dan terbaru serta populer, sangat sayang untuk dilewatkan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *