11+ Pantai Di Pariaman, Wisata Laut yang Mempesona

· 5 min read
Pantai di Pariaman

Ada cukup banyak objek Wisata Pantai di Pariaman Sumatera Barat, sekaligus menjadi salah satu daya tarik pelancong yang mengunjungi kota ini.

Tak kalah dengan destinasi lainnya, pantai Wisata di Pariaman ini juga patut menjadi objek yang harus dicantumkan dalam perjalanan liburan kamu.

Pantai-pantai yang ditawarkan dijamin bisa memuaskan perjalanan kamu dalam rangka menghabiskan hari libur, mulai dari keindahan pasir dan gelombang ombaknya.

Keindahan yang disuguhkan masing-masing pantai pun berbeda-beda, namun tetap cantik dan indah. Yang pasti, akan menciptakan momen spesial dalam catatan perjalanan kamu.

Daftar Tempat Wisata Pantai Di Pariaman

Bagi Anda yang hendak mencari lokasi berlibur dengan pemandangan terbaik dan instagramable, dijamin beberapa Wisata laut di Pariaman ini sangat cocok untuk tampilan foto kamu yang memuaskan.

Pantai Tiram

Wisata pantai di pariaman
Instagram | @naputri_98

Jika Anda berangkat menuju ke Pariaman dengan menggunakan pesawat, kamu akam menempuh jarak sekitar 12 kilometer untuk menuju ke lokasi Pantai ini dari bandara Minangkabau.

Untuk menuju ke sini tidak sulit karena aksesnya cukup mudah dilalui kendaraan. Lokasi pantai ini tepatnya berada di Ulakan, Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Sesampainya di lokasi Pantai Tiram, Anda akan langsung disuguhi pemandangan yang begitu indah, terutama udara yang segar serta terasa sejuk.

Udara segar tersebut muncul karena banyaknya pohon-pohon pinus yang berdiri di sepanjang area pantai dengan berjajar.

Di lokasi pantai juga terdapat hutan mangrove dan muara tiram yang bisa menjadi pemandangan tambahan.

Tidak hanya itu, luas pantai yang hanya sekitar 10,5 hektare juga menambah keintiman saat berada di sini.

Terdapat spot foto yang menarik untuk diambil, salah satunya adalah latar belakang chocolate roll jumbo yang begitu lucu.

Jika sedang beruntung, puncak Gunung Singgalang akan terlihat dengan jelas tanpa tertutup awan.

Tak perlu khawatir jika Anda tidak membawa bekal makanan dan merasa lapar, karena di area pantai terdapat para penjual kuliner yang khas.

Di lokasi wisata Pantai Tiram juga sudah memiliki sarana yang cukup lengkap dan memadai.

Pulau Angso Duo

Wisata pantai di pariaman
Instagram | adi_spoetra

Membicarakan tentang wisata pantai di Pariaman yang paling populer, Pulau Angso Duo adalah jawabannya.

Pulau yang berada di 65 kilometer dari pusat kota ini banyak dikunjungi wisatawan karena panorama yang ditawarkannya begitu khas dan menakjubkan.

Dengan berwisata di pantai ini, lelah akan hilang dan tergantikan dengan suasana yang begitu menyegarkan.

Suasananya tenang dan udaranya sejuk, terutama deburan ombaknya yang terdengar begitu menenangkan di telinga.

Pulau mini ini juga memiliki hamparan pasir putih yang berkilauan, tak heran jika banyak wisatawan yang terkagum-kagum dengan panorama pantai yang satu ini.

Terdapat ayunan yang bisa dinaiki wisatawan sembari menikmati tiupan angin pantai.

Di pulau ini tersedia pondok-pondok kecil yang menawarkan aneka macam hidangan untuk menemani waktu santai Anda sembari menikmati suasana pantai.

Anda bisa mencoba es kelapa muda beserta hidangan laut untuk makan siang.

Jika ingin memancing, Anda juga bisa membawa perlengkapan memancing dan ikan hasil tangkapan bisa langsung dibakar di tempat.

Pantai Gandoriah

Wisata pantai di pariaman
Source : Langgam.id

Selain Pulau Angso Duo, pantai paling ramai di Pariaman selanjutnya yang selalu padat dikunjungi wisatawan adalah Pantai Gandoriah.

Pantai ini terlihat indah dengan pengelolaan yang sudah matang dan juga pantainya yang memang memesona mata.

Saat pertama kali sampai ke lokasi, Anda akan disambut oleh deretan huruf membentuk nama “PANTAI GANDORIAH” yang serasi dengan area di sekitarnya.

Di pantai yang berlokasi di Pasir, Pariaman Tengah, Kota Pariaman ini wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Pantai ini menjadi surga bagi para pencinta olahraga renang dan selancar.

Menikmati matahari terbenam di Pantai Gandoriah terasa sangat sempurna dengan pemandangan berlatar kuning cerah yang begitu memukau mata.

Untuk menuju ke lokasi ini, Anda bisa melakukan perjalanan sejauh 100 kilometer jika Anda mengawali perjalanan dari pusat kota.

Lokasi pantai sangat strategis karena berada di pusat kota, sehingga akses menuju ke pantai ini menjadi semakin mudah.

Pantai Gandoriah menjadi semakin padat pengunjung jika terdapat event budaya yang diselenggarakan di sini.

Pantai Ketaping

Pantai wisata di pariaman
Instagram | @apri_putra

Berbicara mengenai pantai terindah di Pariaman, Pantai Ketaping adalah salah satunya. Pantai ini masih sangat asri dengan pemandangannya yang hijau dan kebiruan.

Di area sekitar pantai, Anda dapat menemukan saung-saung yang bisa dijadikan gardu pandang sekaligus tempat beristirahat atau berteduh dari terik matahari yang menyengat.

Di sekeliling pantai terdapat pohon-pohon tinggi yang menjadikan pantai menjadi rindang.

Terlebih lagi pemerintah setempat telah melakukan program penanaman ribuan pohon cemara laut yang akan membuat pemandangan kian memesona.

Udara di area pantai juga sangat sejuk ditambah deburan ombak yang terasa menenangkan.

Lokasi wisata pantai di Pariaman yang satu ini tak jauh dari bandara Minangkabau, tepatnya di kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Baca Juga : Wisata Pantai Di Painan

Pulau Kasiak

Pantai wisata di pariaman
Instagram | @yusuf.liputo

Suasana pantai di pulau kecil yang belum banyak dijangkau manusia, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata Pulau Kasiak.

Saat datang ke pulau ini, Anda akan merasakan bagaimana rasanya memiliki pulau pribadi, karena memang pulau ini tak berpenghuni sama sekali.

Karena tidak berpenghuni, pulau ini juga terlihat alami dan memanjakan mata.

Daya tarik pulau ini juga ada pada hamparan pasir pantai yang berwarna putih bersih serta lautan yang begitu jernih dan tenang.

Tak hanya itu, deburan ombaknya pun tak terlalu besar, sehingga menambah tenang telinga siapa saja yang bersantai di pulau ini.

Pulau dengan luas 2,5 hektar ini menjadi primadona para penyelam karena biota lautnya yang sangat lengkap.

Lautnya yang jernih menampakkan pemandangan bawah laut yang begitu memanjakan mata.

Banyak penyu-penyu yang biasanya bermunculan di dekat pantai, khususnya jenis penyu belimbing serta penyu sisik.

Untuk menuju ke lokasi sangat mudah, karena bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Perahu kayu milik penduduk setempat dapat mengantarkan Anda menyeberangi laut menuju Pulau Kasiak.

Pantai Cermin

Pantai wisata di pariaman
Instagram | @tulisanintisari

Dari pusat kota, Pantai Cermin dapat ditempuh dengan perjalanan sejauh 1,5 kilometer selama 15 – 20 menit perjalanan ke Desa Karan Aur.

Jalanan yang dilaluinya pun sudah beraspal, sehingga bisa dilalui kendaraan umum maupun pribadi yang akan memudahkan wisatawan yang hendak menuju lokasi pantai.

Panorama Pantai Cermin didominasi oleh deretan pohon pinus dan pohon kelapa yang berada di pinggiran pantai.

Kondisinya begitu terjaga keasriannya sehingga udara di tempat ini pun begitu sejuk jika dihirup.

Aneka macam aktivitas juga bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari bersantai di pinggiran pantai atau mencoba berenang di lautan.

Di area pantai juga dibangun taman yang di dalamnya terdapat bungalo-bungalo kecil yang bisa dijadikan tempat beristirahat.

Selain itu, deretan pohon kelapa dan hamparan rumput hijau menambah asri suasana taman di dekat pantai.

Jalan-jalan yang dihias dengan ban warna-warni bisa menjadi spot foto yang tak kalah cantik. Tersedia juga arena permainan outbond dan wahana untuk anak-anak.

Pantai Arta

Lokasi pantai Arta pariaman
Instagram | @yangterlewatkan04

Tempat Wisata Pantai di Pariaman selanjutnya adalah pantai Arta, berlokasi di nagari Sungai Paku, Kecamatan Sungai Limau.

Setiap harinya, pantai ini selalu kebanjiran wisatawan. Mulai pagi hingga sore, lokasi pantai ini tak pernah sepi dari pengunjung lokal maupun dari daerah lain.

Salah satu penyebabnya ialah karena akses menuju Pantai Arta sangat bagus, jalan raya aspal bahkan langsung sampai ke pinggiran pantai.

Selain itu, air lautnya sangat jernih dengan ombak yang besar, pasirnya juga putih dan ditumbuhi pohon Pinus yang berjejer di sepanjang bibir pantai.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah, selalu diadakan pesta pantai dengan beraneka ragam acara, mulai dari budaya, seni dan teater, setiap hari besar umat Islam.

Baca juga : Wisata Pantai di Pasaman Barat

Pantai Kata

Pesona pantai kata sumbar
Instagram | @yuniparis94

Berikutnya adalah Pantai Kata, yang terletak di Taluk Karan Aur, Karan Aur, Pariaman Tengah. Sama dengan Arta, pantai ini juga diselimuti oleh pohon-pohon Pinus yang rindang.

Selain menikmati keindahan laut yang biru, di sini kamu juga bisa memanjakan diri dengan berolahraga air seperti Diving dan snorkeling.

Untuk tempat berfoto ada banyak, salah satunya adalah formasi bebatuan besar yang di cat warna-warni, sehingga terkesan sangat Instagramable.

Pantai Kata juga selalu ramai dikunjungi wisatawan, terlebih ketika memasuki musim liburan atau akhir pekan. Namun tenang, kebersihan pantai selalu terjaga kok.

Pantai Nareh

Gambar Pantai Nareh
Instagram | @ayokepariaman

Wisata Laut di Pariaman yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Nareh, yang berlokasi di Manggung, Pariaman Utara, Kota Pariaman.

Ya, popularitas pantai ini memang tidak seterkenal pantai-pantai di atas, namun bagi kamu pecinta alam, tidak ada salahnya untuk berkunjung dan menikmati keindahan alamnya.

Pantai Talao Indah

Rute ke lantai Talao Indah
Source : Produktifnews.com

Selanjutnya adalah Pantai bernama Talao Indah, yang lokasi tepatnya berada di Jl. Pasir Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah.

Lokasi pantai ini berada di dekat pusat kota, sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Pantai ini juga menghadirkan konsep kekinian yang cocok untuk millenial.

Daya tarik lainnya adalah, disini ada banyak gazebo yang langsung mengarah ke jembatan menuju tengah laut. Sunset di sini juga sangat indah.

Di sore hari, pantai ini sangat ramai, akan banyak sekali anak- anak muda yang nongkrong sembari menyaksikan matahari terbenam.

Pantai Ampalu / Konservasi Penyu

Lokasi konservasi penyu di pariaman
Source : Viva.co.id

Tempat wisata Pantai di sekitar Pariaman selanjutnya bernama Pantai Ampalu, berlokasi di Jl. Syeh Abdul Arif, Desa Manggung, Kec. Pariaman Utara.

Meski tidak begitu populer dibanding pantai lainnya di kawasan ini, namun ada daya tarik tersendiri yang akhirnya mampu mengundang wisatawan.

Yaitu adalah tempat ini dijadikan sebagai pusat konservasi Penyu yang terkenal, sehingga dianggap sebagai objek wisata edukasi yang bermanfaat.

Untuk selengkapnya, silakan simak 30+ Tempat Wisata Di Pariaman berikut.


Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Tempat Wisata Pantai Di Pariaman paling ramai dan indah yang sayang jika dilewatkan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *