7+ Pantai Di Painan Paling Populer

· 4 min read
Wisata pantai di painan

Wisata Pantai di Painan – Painan merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Ibu kota dari Pesisir Barat ini memiliki segudang pantai wisata laut di sekitar Painan yang patut dikunjungi, terutama pantai-pantainya yang indah.

Beberapa destinasi pantai Wisata di Painan dan sekitarnya ini tak kalah memesonanya dengan daerah lainnya.

Tak hanya pantai yang memang menjadi nama wisata itu sendiri, pantai yang bukan merupakan nama wisata utama (berada di wisata pulau) yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Untuk itu, berikut daftar wisata pantai sekaligus pulau di Painan, Pesisir Selatan yang harus didatangi bila berkunjung ke sana.

Wisata Pantai di Painan Paling Eksotis

Pantai Carocok

Wisata pantai di Painan
Instagram | @wavi_fadhli23

Jika berbicara mengenai wisata pantai di Painan, maka daftar pertama yang akan dibahas adalah Pantai Carocok.

Pantai ini memang menjadi ikon wisata pantai di Pesisir Barat, karena memang letaknya yang berada di pusat kota.

Untuk bisa mencapai lokasi pantai dari pusat kota, Anda hanya perlu melakukan perjalanan selama sekitar 10 menit saja.

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena keindahannya yang terlihat berwarna biru cerah dengan perpaduan langit dan air laut yang begitu pas.

Selain itu, di pantai juga terdapat jembatan-jembatan cantik yang menghubungkan beberapa pulau.

Jembatan ini bisa menjadi gardu pandang bagi wisatawan untuk menikmati keindahan laut dan pantai dari tengah.

Tak hanya jembatannya yang cocok untuk lokasi berfoto, di area pantai juga tersedia gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai menikmati pemandangan laut lepas.

Pantai Batu Kalang

Wisata pantai di Painan
Instagram | @yogioktapratama

Jika berlibur ke Pantai Batu Kalang, Anda mungkin akan teringat dengan latar film “Laskar Pelangi” yang sangat populer.

Meski bukan menjadi latar film tersebut secara nyata, pemandangan gugusan batu yang ada di pantai ini cukup mirip dengan Bangka Belitung yang menjadi latar asli film populer tersebut.

Penamaan Batu Kalang pada salah satu Pantai di Painan ini sendiri didasarkan pada adanya dua bagian batu yang menjadi penghalang.

Batu tersebut adalah Batu Kalang Mandeh yang terletak di sebelah selatan dan Batu Kalang Ketek yang berada di arah utara, tepatnya sedikit mengarah ke barat laut.

Di sekitar batu-batu tersebut, terdapat pohon bakau yang menambah warna alam di pantai tersebut menjadi semakin beraneka ragam.

Pantai yang terletak di Ampang Pulai, Kecamatan Koto, Pesisir Selatan ini menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal yang hobi berburu panorama pantai.

Pasir pantai yang berwarna putih ditambah deburan ombak yang kecil menambah lembut dan tenangnya suasana di pantai ini. Suasana ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan alam.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan hasil foto terbaik sebagai kenang-kenangan, bisa menggunakan kamera digital maupun smartphone pribadi. Untuk ulasan mengenai spesifikasi dan harga HP, kamu bisa mendapatkan informasinya di Bergawai.com.

Pantai Koto Salido

Wisata pantai di Painan
Source : Pariwisatasumut.net

Dahulunya, Pantai Koto Salido hanya ramai dikunjungi ketika adanya event paralayang saja, karena memang pantai tersebut dijadikan lokasi pendaratan.

Namun, semenjak dibangunnya jalan yang menghubungkan Salido dengan Painan membuat pantai tersebut kian ramai dikunjungi wisatawan, khususnya sore hari.

Pantai ini memiliki panorama yang begitu mengagumkan, terutama pohon-pohon pinus yang menghiasi area di sekeliling pantai.

Tak hanya menjadi pemandangan yang bagus, pohon-pohon tersebut juga memberikan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Menariknya, terdapat kerikil-kerikil kecil yang konon sangat bagus untuk terapi asam urat.

Bagi Anda yang ingin piknik di sini, disarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah karena di sini tidak ada penjual yang menjajakan makanan untuk pengunjung.

Pulau Setan

Pantai wisata di sekitar Painan
Instagram | @irwan_ibrahim88

Pantai di Painan satu ini, meskipun namanya terdengar begitu seram, nyatanya pulau ini tidak memiliki unsur seram di dalam kenyataannya.

Jika dilihat dari ketinggian pulau ini sangat indah, dengan warna hijau segar di tengah birunya air laut di sekitarnya.

Meski bukan merupakan wisata pantai di Painan, pantai yang dimiliki Pulau Setan tak kalah bagusnya dengan objek wisata pantai utama.

Tak hanya indah dengan pemandangan alamnya, Pulau Setan juga menyimpan keindahan lainnya, yakni pemandangan perahu nelayan dengan bentuk yang bermacam-macam dan terlihat unik.

Anda juga bisa melihat hasil tangkapan nelayan yang terlihat memuaskan jika Anda sedang beruntung.

Pasir pantainya yang putih bersih menambah asri pemandangan di pulau ini. Tak heran jika pulau ini banyak dikunjungi wisatawan.

Pulau Cingkuak

Panorama pulau Cingkuak
Instagram | @sumbarholiday_

Berlibur ke Pulau Cingkuak akan terasa menyenangkan, sebab di awal perjalanan saja Anda akan disuguhkan oleh pemandangan tengah laut yang begitu indah dari atas perahu kayu.

Untuk bisa sampai ke pulau tersebut, Anda memang harus menaiki perahu yang disewakan dari tempat berangkat, yakni Pantai Carocok di Painan.

Tak hanya pemandangan tengah laut, selama perjalanan Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Sesampainya di pulau, Anda bisa berjalan-jalan di area pantai untuk berkeliling menikmati keindahan pulau.

Tak hanya pemandangan alam saja, Anda juga bisa mengenal sejarah yang pernah terjadi di pulau ini, yakni benteng-benteng peninggalan Portugis.

Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini selain berjalan-jalan antara lain flying fox, jetski, snorkeling, diving, yang bisa Anda sewa dengan harga terjangkau.

Selain itu, fasilitas di pulau ini juga cukup lengkap, seperti kamar mandi dan mushola, sehingga Anda tak perlu khawatir.

Tersedia juga warung-warung penjual makanan dan minuman yang siap mengisi perut Anda setelah lelah berjalan-jalan.

Baca Juga : Pantai Di Pasaman Barat

Pulau Cubadak

Pantai wisata di sekitar pesisir selatan
Instagram | @luqihakim

Pulau Cubadak menjadi pulau wisata di Painan yang paling banyak menyedot wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagaimana tidak, kekayaan biota lautnya sebagai akibat dari asal-usul pulau yang merupakan kawah tersebut menjadikannya bak surga tersembunyi yang ada di dunia.

Tak heran jika banyak pencinta aktivitas diving dari segala penjuru dunia datang ke sini.

Berlibur ke Pulau Cubadak sendiri akan membuat Anda begitu bangga pernah datang ke sini.

Pasalnya, pulau ini pernah dibuatkan video dokumenter oleh seorang wisatawan asal Jerman yang pernah datang ke sini.

Berkat video dokumenter tentang keindahan Pulau Cubadak itu, banyak media internasional berbondong-bondong datang ke sini untuk meliput.

Pulau yang lebih dikenal oleh masyarakat mancanegara dibandingkan penduduk asli Indonesia ini terletak di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Kombinasi pantai pasir putih yang indah dengan pemandangan bukit hijau serta air lautnya yang jernih ini dijamin akan membuat liburan Anda menjadi sangat berkesan.

Baca Juga : Pantai di Pariaman

Pulau Karabak

Pulau karabak pesisir selatan
Source : Mynameisrulli.blogspot.com

Untuk menuju ke Pulau Karabak, Anda perlu menempuh perjalanan selama sekitar 1,5 – 2 jam dari Pantai Carocok.

Pulau dan Pantai favorit di Painan ini terkenal dengan penangkaran penyunya, khususnya jenis penyu hijau.

Di pulau ini juga memiliki keindahan bawah laut yang begitu menakjubkan, sehingga kerap menjadi tempat tujuan para pencinta snorkeling dan diving.

Jika datang ke sini, jangan lewatkan untuk berjalan-jalan di sekitar pantai dengan pasir yang halus.

Tentunya, jangan lupa untuk mencoba menelusuri keindahan bawah laut dengan biota yang begitu beragam.

Terumbu karangnya yang cantik dengan air lautnya yang jernih, bisa Anda nikmati sebagai pemandangan pelepas penat.

Karena merupakan salah satu penangkaran penyu, jangan kaget jika Anda bertemu dengan banyak penyu ketika melakukan penyelaman.

Untuk selengkapnya, Silakan simak 32+ Tempat Wisata Di Pesisir Selatan ini.


Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai Tempat Wisata Pantai Di Painan Pesisir Selatan Paling Hits, Instagramable dan ramai dikunjungi. Semoga bermanfaat. (Ref).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *