9+ Pulau Di Pasaman Barat Paling Eksotis

· 3 min read
Wisata pulau di Pasaman barat

Selain terkenal dengan Gunung Talamau dan Pantai Sasak-nya, ada beberapa Tempat Wisata Pulau Di Pasaman Barat yang gak kalah indah dan sayang untuk dilewatkan.

Pasaman Barat memang kaya akan perkebunan kelapa sawit mereka, namun untuk soal destinasi liburan, juga tak kalah. Misalnya beberapa Objek Wisata Pulau di Air Bangis yang selalu ramai dikunjungi.

Sebut saja seperti Pulau Pigago yang ada di Air Bangis. Setiap weekend atau libur panjang, Wisata Laut ini selalu diserbu wisatawan dari berbagai daerah, untuk menikmati masa liburan bersama teman, pacar atau keluarga.

Dengan jarak yang tidak terlalu jauh serta tarif yang tergolong murah, tentu sudah barang pasti mengapa spot ini kerap diserbu, belum lagi keindahan pantai dan alamnya yang menakjubkan.

Wisata Pulau Di Pasaman Barat

Bukan hanya Pigago, masih ada beberapa Pulau Wisata di Pasaman Barat yang juga tak kalah indah dan menarik. Di artikel ini, kami telah merangkumnya dengan lengkap. Silakan disimak sampai selesai ya.

Pulau Pigago

Wisata pulau di Pasaman barat
Instagram | @ekipratamaaa9

Yang pertama adalah pulau Pigago, yang berlokasi di Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas. Pulau tanpa penghuni, begitu eksotis dan masih sangat asli keadaannya.

Pulau ini sebenarnya ramai dikunjungi belum lama ini, terakhir saya mengunjungi pulau ini di tahun 2014 lalu, ketika kelas 3 SMA, dan waktu itu masih sangat sepi dari wisatawan.

Namun beberapa tahun terakhir ini, Pulau Pigago mulai dikenal secara luas, terlebih karena pengaruh media sosial sebagai lahan promosi untuk memperkenalkan potensi wisata yang satu ini.

Untuk bisa sampai di pulau ini, kamu harus menyewa perahu milik nelayan setempat, dengan biaya sekitar 50 ribu saja, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam bila cuaca mendukung.

Pulau Pigago masih dipenuhi hutan hijau yang belum tersentuh secara luas, pantainya juga bisa dibilang masih asli tanpa adanya berbagai jenis pencemaran.

Pantainya yang putih bersih, lautnya yang biru dan jernih serta gulungan ombak yang besar menjadikan pulau ini sebagai salah satu Tempat Wisata Di Pasaman Barat paling populer.

Pulau di Pasbar yang satu ini selalu ramai dikunjungi, terlebih ketika musim liburan tiba, seperti libur sekolah, kerja hingga libur lebaran.

Pulau Panjang

Pulau wisata di Pasaman barat
Instagram | @pulau_panjang_air_bangis

Wisata Pulau di Pasaman Barat selanjutnya bernama Pulau Panjang. Sesuai dengan namanya, pulau ini bentuknya memang memanjang, berlokasi di Kecamatan Sungai Beremas.

Berbeda dengan Pigago, ini merupakan satu-satunya pulau yang berpenghuni di pesisir Air Bangis, serta memiliki pergerakan ekonomi yang lumayan bagus, dengan mata pencarian utama sebagai nelayan.

Untuk sampai ke pulau ini, akses yang bisa dipakai adalah menggunakan perahu dan speed boad, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit saja. Cukup dekat, bahkan terlihat jelas dari Pantai Air Bangis.

Ada beberapa daya tarik dari pulau ini, salah satunya adalah dermaga lautnya yang panjang dan menghadirkan pemandangan yang indah. Selain itu, pulau ini masih tergolong asli dan subur.

Saat ini, Pulau Panjang menjadi destinasi pantai terfavorit di Pasaman Barat, terbukti dari peningkatan jumlah kunjungan yang mencapai 2.000 orang ketika hari libur seperti Sabtu dan Minggu.

Pulau Tolua

Pulau tolua di air bangis
Instagram | @farridnassution

Pulau Wisata di Pasaman Barat selanjutnya bernama Tolua, dalam bahasa Indonesia berarti “Telur”. Saya pribadi juga belum tahu apa sebabnya pulau ini diberi nama suku kata tersebut. Wkwkwk..

Lokasinya masih di Kecamatan Sungai Beremas, tepatnya di kawasan laut Air Bangis. Untuk sampai ke pulau ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 9.5 km dari Pulau Panjang.

Potensi dari pulau ini sangat banyak. Selain menyuguhkan pasir putih yang bersih dan air laut yang biru dan indah, di sini juga menjadi lokasi bertelurnya Penyu Belimbing.

Pulau ini memang belum begitu ramai layaknya Pigago dan Pulau Panjang, namun potensi yang ada baik dari segi spesies makhluk hidup laut dan wisatanya cukup besar.

Pulau Tamiang

Pemandangan pantai Tamiang air bangis
Instagram | @mifth_art

Berikutnya bernama Tamiang, sebuah pulau yang hanya berukuran 15 hektar, tanpa penduduk dan didominasi oleh pohon kelapa. Pulau ini sering dijadikan tempat peristirahatan bagi nelayan.

Lokasi pulau Tamiang tidak terlalu jauh dari Pulau Panjang, sehingga mudah dijangkau. Selain itu, dijadikan sebagai lahan pertanian / perkebunan bagi penduduk Pulau Panjang.

Pulau Harimau

Source : Kompasiana.com

Wisata Pulau di Pasaman Barat selanjutnya adalah Pulau Harimau, lokasinya masih berada di Kecamatan Sungai Beremas. Pulau ini memiliki kontur tanah berupa perbukitan.

Pulau Harimau telah lama dijadikan sebagai hutan lindung, terkhusus terhadap spesies ikan  karang dan  habitat mangrove, yang memiliki luas sekitar 3.500 hektar.

Keadaan pasirnya yang indah serta lautnya yang tenang, menjadi habitat terbaik bagi padang lamun dan terumbu karang. Memang jarang dikunjungi wisatawan karena statusnya sebagai hutan lindung.

Baca Juga : Air Terjun Di Pasaman Barat

Pulau Di Pasaman Barat Lainnya

Perlu diketahui bahwa, tidak semua pulau yang ada di Kabupaten Pasaman Barat ini dijadikan sebagai objek wisata, bahkan ada hingga kini yang belum sempat dijejaki orang.

Ini bukan pula tanpa sebab, Pulau Tabaka yang ada di Air Bangis misalnya. Dulunya, pulau ini sempat terbakar sehingga diberi nama “Tanaka” atau terbakar.

Di sekitaran pulau ini, bisa ditemukan terumbu karang dan hamparan hutan bakau yang terlihat gosong bekas terbakar. Meski begitu, masih banyak juga spesies yang hidup di sini.

Pulau di Pasaman Barat Berikutnya adalah Pulau Unggeh, atau dalam bahasa Indonesia berarti “Unggas / Burung”. Sesuai namanya, pulau ini memang menjadi habitat migrasi berbagai burung.

Selain itu, di sekeliling pulau juga ditumbuhi mangrove yang cukup lebat, sehingga keadaan airnya sangat tenang. Selain itu, juga menjadi habitat terumbu karang dan Padang Lamun.

Selanjutnya ada Pulau Pangka, yang ditumbuhi oleh mangrove dan pohon kelapa. Pulau ini sering dijadikan tempat peristirahatan atau lokasi penangkapan ikan oleh nelayan.

Pulau Pangka menjadi pulau paling terluar dari kabupaten Pasaman Barat, sehingga sangat sulit untuk dijangkau para wisatawan, apalagi hanya untuk berlibur semata.

Yang terakhir bernama Pulau Ikan, pulau ini terletak di sekitaran sungai muara Air Bangis, namun tidak berpenduduk dan hanya diisi oleh hutan mangrove.

Baca Juga : Wisata Pantai Di Pasaman Barat


Di Kabupaten Pasaman barat, jumlah pulau termasuk banyak, hanya saja tidak semuanya bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang berpotensi.

Ini dikarenakan berbagai alasan, mulai dari jarak, keadaan pulau hingga pemanfaatannya. Karena jika dijadikan destinasi, bisa saja menjadi tercemar atau terjadi berbagai kerusakan.

Alasan lain adalah akses untuk sampai ke sana yang notabene tergolong jauh, belum lagi bahaya-bahaya yang mungkin terjadi. Beda halnya dengan nelayan yang mencari ikan.

Demikian, beberapa Wisata Pulau Di Pasaman Barat, semoga bisa bermanfaat dan menjadi penambah wawasan untuk pembaca semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *