30+ Kata Kata Lucu Bahasa Minang, Bikin Hari Makin Berwarna!

· 5 min read
Kata kata lucu bahasa minang

Kata Kata Lucu Bahasa Minang – Menjadi makhluk sosial, kita memang tidak bisa lepas dari orang lain, semua itu dirangkum dalam yang namanya pergaulan. Di sana, kita seringkali bercengkrama dengan sesama bahkan hingga malam berakhir.

Tidak hanya di dunia nyata, tetapi juga di dunia Maya, misalnya melalui Kata Kata Lucu Dalam Bahasa Minang di bawah ini, terlebih bagi kamu yang memang orang Minangkabau. Ungkapan-ungkapan di bawah ini bisa kamu pakai dalam bercandaan di tongkrongan maupun media sosial.

Meski hanya sebatas obrolan, namun terkadang bisa menimbulkan rasa sakit hati atau saling bersinggungan antar satu dengan lainnya. Untuk itu, gunakanlah kata kata Lucu Bahasa Minang ini tepat pada tempat dan saat yang pas, jangan sembarangan melantunkannya di momen yang tidak tepat.

Selain itu, menggunakan Kutipan Lucu Bahasa Minang ini akan bisa menghangatkan suasana, karena seperti yang kita tahu bahwa, obrolan atau percakapan yang terlalu serius akan cepat mendatangkan kebosanan. Untuk itu, perlu adanya guyonan atau humor yang bisa mencairkan suasana.

Kata Kata Lucu Bahasa Minang Buat Teman

Di dalam pergaulan, hal-hal lucu menang seringkali terjadi, bahkan tanpa disengaja melalui ungkapan-ungkapan random dari anggota tongkrongan, yang akhirnya busa memecahkan suasana. Berikut, beberapa Kutipan Lucu Bahasa Minangkabau untuk teman :

“Ingeklah salalu kalau waang jatuah, adek ka mangangkek ang. Tapi sayalah Aden salasai galak..”

Artinya :

Ingatlah selalu kalau kau jatuh, aku akan mengangkatmu. Tapi setelah aku selesai tertawa.


“Aden punyo kawan nan salalu mambuek den jadi urang nan gampang ingek Tuhan, soalnyo den salalu istighfar satiok mancaliak kelakuan inyo..”

Artinya :

Aku punya kawan yang selalu membuat aku jadi orang yang gampang ingat Tuhan, soalnya aku selalu istighfar setiap melihat kelakuannya.


“Tandonyo waang marupokan kawan elok den adolah, aden indak paralu mambarasiah’an kamar katiko waang nio datang..”

Artinya :

Tandanya kau merupakan teman baikku adalah, aku tidak perlu membersihkan kamarku ketika kau mau datang.


“Waang adolah satu-satunyo urang nan bisa bakomunikasi jo ambo walau hanyo lewaik ekspresi wajah..”

Artinya :

Kamu adalah satu-satunya orang yang bisa berkomunikasi denganku walau hanya melalui ekspresi wajah.


“Aden punyo kawan nan ka cuman senyum pas den usil, tapi siap itu nyo ka mambaleh jauah labiah parah dari nan den buek..”

Artinya :

Aku punya teman yang bakal cuman senyum ketika aku usil, tapi setelah itu dia akan membalas jauh lebih parah dari yang aku perbuat.

Kata Kata Lucu Bahasa Minang Buat Pacar

Kata Kata Lucu Bahasa Minang Buat Pacar
Pinterest.com

Sebenarnya tidak ubahnya dengan teman sendiri, menjalani hubungan asmara juga tidak mungkin serius berkepanjangan, apalagi ketika bertemu, bisa-bisa suasana menjadi tegang dan membosankan. Untuk itu, diperlukan juga humor-humor ringan. Berikut, beberapa Kata Kata Lucu Bahasa Minang Buat Pacar :

“Uda rela ditangkoi Polisi asal tuduahannyo ateh pancilok’an hari Jo cinto adiak..”

Artinya :

Aku rela ditangkap polisi asal tuduhannya atas pencurian hati dan cintamu.


“Cinto Uda ka adiak tu ibaraik mode utang. Awalnyo ketek, lamo-lamo gadsng surang..”

Artinya :

Cintaku padamu itu ibarat seperti utang. Awalnya kecil, lama-lama gede sendiri.


“Jikok hari iko adiak gagal, jan manyerah dih, sayang. Ulangi taruih kegagalan tadi sampai bos ariak nan manyerah..”

Artinya :

Jika hari ini kamu gagal, jangan menyerah ya, Sayang. Ulangi terus kegagalan tadi sampai bos kamu yang menyerah.


Alasan Uda indak panah maimbau adiak jo sebutan “Say”, karano bisa sajo kato “say” tu berakhiran “syaiton”..”

Artinya :

Alasan aku tidak pernah memanggilmu dengan sebutan “Say”, karena bisa saja kata “say” itu berakhiran “Sayton”.


“Punyo pacar mode ko bana, urang lain alah kaliliang dunia, inyo iko baru jago..”

Artinya :

Punya pacar kek gini amat, orang lain udah keliling dunia, dia baru bangun.

Kata Lucu Bahasa Minang Terbaru

Selain mencairkan suasana, ungkapan-ungkapan lucu dalam obrolan dengan teman-teman yang mengundang canda tawa juga dipercaya mampu membuat kita menjadi sehat dan awet muda, karena keceriaan selalu terpancar. Nah, berikut adalah beberapa Kata Kata Lucu Bahasa Minang terbaru :

“Sapanek-paneknyo karajo, jauah labiah panek pangganguran..”

Artinya :

Sepenat-penatnya kerja, jauh lebih penat pengangguran.


“Jikok Tuhan alun mangabulkan doa awak, basaba se lah dulu, soalnyo indak awak se nan bado’a do..”

Artinya :

Jika Tuhan belum mengabulkan doa kita, bersabar saja dulu, soalnya bukan kita saja yang berdo’a.


“Jan biasokan diri awak bagantuang ka urang lain, apolai bagantuang di batang kayu sambia makan pisang..”

Artinya :

Jangan biasakan dirimu bergantung pada orang lain, apalagi bergantung di pohon sambil makan pisang.


“Ndak usah mamikia’an kecek-kecek urang, soalnyo urang tu mangecek ndak pakai pikiran juo doh..”

Artinya :

Nggak usah mikirin omongan orang. Soalnya mereka aja ngomongnya nggak pakai pikiran.


“Caro paliang mudah mancari barang nan ilang di rumah adolab mambali nan baru..”

Artinya :

Cara termudah mencari barang yang hilang di rumah adalah dengan membeli yang baru.

Baca Juga : Caption Cinta Romantis Bahasa Minang

Kata kata Minang Lucu dan Artinya

Kata kata Minang Lucu dan Artinya
Walpaperlist.com

Berikut adalah beberapa kutipan lucu dalam bahasa Minang beserta artinya. Kumpulan Quotes nyeleneh di bawah ini saya kutip dari beberapa sumber, kemudian saya terjemahkan ke bahasa Minang :

“Jikok ado urang nan manyabuik waang buruak, jan langsuang berang, alun tantu panatu bakato baduto..”

Artinya :

Jika ada orang yang menyebutmu jelek, janganlah langsung marah, belum tentu orang itu berkata bohong.


“Walaupun banyak nan manyabuik kalau makan di pinggia jalan tu kurang sehaik, nyatonyo labiah sehaik daripado makan di tangah jalan.”

Artinya :

Walaupun banyak yang bilang kalau makan di pinggir jalan kurang sehat, nyatanya lebih sehat daripada makan di tengah jalan.


“Katonyo, padusi labiah suko anak bujang nan humoris. Tapi buktinyo, urang tu labiah suko jo Aliando daripado Cak Lontong..”

Artinya :

Katanya cewek suka cowok yang humoris. Tapi buktinya, mereka lebih suka sama Aliando dibanding Cak Lontong.


“Cintoilah padusi surang se, karano duo padusi banyak Bana. Tapi tigo padusi labiah elok daripado indak samo sakali..”

Artinya :

Cintailah seorang wanita saja, karena dua wanita terlalu banyak. Tapi tiga wanita lebih baik daripada tidak ada sama sekali.


“Kopi jo rokok adolah pasangan sarasi, jan biakan pisang goreng ado di antara awak e..”

Artinya :

Kopi dan rokok adalah pasangan yang serasi, jangan biarkan pisang goreng ada di antara mereka.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Minang dan Artinya

Caption Bahasa Minang gokil

Beberapa Kata Kata Lucu Bahasa Minang di bawah ini bisa kamu update ke media sosial dalam bentuk status Facebook, Story WhatsApp maupun caption di Instagram. Walaupun tidak ada esensinya, namun setidaknya bisa mengisi kegabutan yang sedang melanda :

“Dek gagara nila satitiak, rusak susu sebelanga. Gagara si uni nan rancak, lupo awak pakai sarawa..”

Artinya :

Gara gara nila setitik, Rusak susu sebelanga. Gara gara si nona cantik, Lupa aku pake celana.


“Jikok adiak nio wajah nan basinar jo glowing sacaro capek, hal partamo nan harus adiak lakukan adolah mambakanyo..”

Artinya :

Jika kamu ingin wajah yang bersinar dan glowing secara cepat, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membakarnya.


“Nan jomblo jan panah maraso malu. Jomblo bukan bararti indak laku, tapi emang ndak ado nan nio..”

Artinya :

Yang jomblo jangan pernah merasa malu. Jomblo bukan berarti gak laku, tapi emang gak ada yang mau.


“Masa depan waang tagantuang pado mimpi waang. Untuak itu, pabanyaklah lalok..”

Artinya :

Masa depanmu tergantung pada mimpimu. Untuk itu perbanyaklah tidur.


“Perselingkuhan tajadi bukan karano ado niaik, tapi perselingkuhan tajadi karano pacar waang masih laku..”

Artinya :

Perselingkuhan terjadi bukan karena ada niat, tapi perselingkuhan terjadi karena pacar kamu masih laku.

Baca Juga : Kata Kata Sedih Bahasa Minang

Status Minang Lawak Banget

Status Minang Lawak Banget
Kolektorlucu.blogspot.com

Seperti kata pepatah, “di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”. Tertawa adalah salah satu alternatif paling mudah dan gratis untuk meningkatkan kesehatan jiwa. Nah, semoga beberapa Kata-Kata Lucu Bahasa Minang di bawah ini bisa menghibur :

“Di dunia ko ado tigo hal nan paliang dibanci dek urang, yaitu utak kosong, omong kosong jo dompet kosong.”

Artinya :

Di dunia ini ada tiga hal yang paling dibenci oleh orang yaitu otak kosong, omong kosong dan juga dompet kosong.


“Jan panah baranti untuak malangkahkan kaki, apolai pas lewaik kuburan tangah malam.”

Artinya :

Jangan pernah berhenti untuk melangkahkan kaki, apalagi pas lewat kuburan tengah malem.


“Katiko waang malaju di aspal pakai oto mewah plat sirah, ambo hanyo bisa manunduak, karano ambo alah pakai jet pribadi.”

Artinya :

Ketika kamu melaju di aspal pakai mobil mewah plat merah, aku hanya bisa menunduk, karena aku udah pakai jet pribadi.


“Katiko waang basobok jo masalah, cubolah untuak maliak dari sagalo sagi nan indak taliak. Tapi apobilo indak taliak, cubo nyaloan lampu.”

Artinya :

Ketika kamu menjumpai sebuah masalah, cobalah untuk melihat dari segala segi yang tidak terlihat. Namun apabila tidak terlihat, kamu bisa menyalakan lampu.

“Diak, uda pasan nasi goreng 1 jo jus 1 dih | Jus a tu da? | Jus the way you are diak..”

Artinya :

Mbak, aku pesen nasi goreng 1 sama Jus 1 yah | Jus apa mas? | Jus the way you are.


Demikian, ulasan kali ini mengenai Kata Kata Lucu Bahasa Minang dan artinya untuk kamu semua. Semoga bisa menghibur, bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih dan silakan di share ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *