25+ Kata Kata Sedih Bahasa Minang Dan Artinya

· 6 min read
Kata kata sedih bahasa minang

Kata Kata Sedih Bahasa Minang – Jika kita berbicara mengenai deretan lagu-lagu bertema kesedihan atau kegalauan, maka lagu berbahasa Minang adalah salah satu yang terbaik untuk dihayati. Dengan begitu, kita bisa memetiknya untuk mengungkapkan rasa sedih dalam bentuk kutipan.

Kesedihan merupakan salah satu elemen emosional yang pasti pernah dirasakan setiap manusia, baik karena ditinggal orang yang disayang, gagal mencapai sesuatu, dan karena faktor lainnya. Darinya, kamu bisa mengungkapkannya melalui Kata Kata Sedih Dalam Bahasa Minang seperti di bawah ini, terkhusus bagi kamu yang orang Minang.

Banyak studi yang berpendapat bahwa, mengungkapkan rasa sedih dengan menceritakannya ke orang yang tepat, dapat meningkatkan mood untuk sedikit lebih keluar dari keadaan tersebut, namun tidak semua kesedihan bisa pula untuk diceritakan. Nah, melalui beberapa Kata Kata Sedih Bahasa Minang ini akan jadi solusinya.

Bagi kamu yang sedang dirundung kegagalan, kesedihan dan kegalauan, kamu bisa mengekspresikannya melalui beberapa Kata Ucapan Sedih Bahasa Minangkabau dan artinya di bawah ini. Silakan disimak dan semoga bisa sedikit meredakan kegundahan yang tengah melanda hati. Check this out.

Kata Kata Sedih Bahasa Minang Ditinggal Kekasih

Kata kata sedih bahasa minang
Tirto.id

Menciptakan kebahagiaan ketika menjalani hubungan asmara dengan orang yang dicintai memanglah impian siapa saja. Namun, semua bisa berubah menjadi hal yang tidak diinginkan, dan tidak akan ada yang tahu kapan waktunya. Ketika kegagalan cinta melanda kamu, berikut beberapa Kata Kata-kata Sedih Bahasa Minang dan artinya tentang cinta :

“Jikok memang indak bisa basamo, ambo tarimo jo lapang dado. Semoga urang nan alah adiak piliah bisa memberikan kebahagiaan labiah dari apo nan ambo agiah salamo ko. Salamaik jalan, adiak nan uda sayang…”

Artinya :

Jika memang tidak bisa bersama, aku terima dengan lapang dada. Semoga orang yang sudah kamu pilih bisa memberikan kebahagiaan yang lebih dari apa yang aku beri selama ini. Selamat jalan adik yang aku sayang.


“Cinto memang indak bisa dipasoan, kahadiran urang katigo dalam hubungan kito ko alah mandatangkan kehancuran. Adiak labiah mamiliah inyo daripado Uda. Bialah, uda tarimo, mungkin iko alah manjadi takdir untuak kito baduo…”

Artinya :

Cinta memang tidak bisa dipaksakan, kehadiran orang ketiga dalam hubungan kita ini telah mendatangkan kehancuran. Adik lebih memilih dia daripada aku. Biarlah, aku terima, mungkin ini telah menjadi takdir untuk kita berdua.


“Sakuaik apopun ambo mamacik, jikok memang indak jodoh pasti ka lapeh juo. Saroman itu kuaiknyo jo tulusnyo niaik ambo untuak basamo jo adiak, namun takdir alah bakato lain. Bialah ambo kubua cinto jo parasoan ko dalam-dalam mulai dari kini…”

Artinya :

Sekuat apapun aku memegang, jika memang tidak berjodoh pasti akan lepas juga. Seperti itu kuatnya dan tulusnya niatku untuk bersama dengan kamu, namun takdir berkata lain. Biarlah aku kubur cinta dan perasaan ini dalam-dalam mulai sekarang.


“Samanjak kepergian uda, sadonyo taraso babeda, banyak hal nan baubah. Hari-hari nan biasonyo mandanga garah jon galak uda, kini baganti langang jo aniang. Nan tasiso hanyo bayang-bayang indah samaso dahulu, nan manjadi kawan samo manangih…”

Artinya :

Semenjak kepergian Abang, semuanya terasa berbeda, banyak hal yang berubah. Hari-hari yang biasanya mendengar canda tawamu, kini berganti sepi dan diam. Yang tersisa hanya bayang-bayang indah semasa dahulu, yang menjadi teman sama-sama menangis.


Rinai hujan nan turun patang hari ko, saakan mangajak hati ambo manelusuri kenangan kito dahulu, bataduah baduo saliang bapegangan tangan manunggu rinai baranti. Kini, rinai alah baranti, bak itu pulo kasian diantaro kito baduo…”

Artinya :

Gerimis hujan yang turun sore hari ini, seakan mengajak hatiku menelusuri kenangan kita dahulu, berteduh berdua saling berpegangan tangan menunggu gerimis berhenti. Kini, gerimis sudah berhenti, begitu pula kasih diantara kita berdua.


Kata Kaya Sedih Bahasa Minang Kehilangan Sahabat

Yang namanya sahabat pastilah memiliki tempat atau posisi penting dalam kehidupan kita, mereka menjadi orang asing di luar keluarga yang senantiasa menemani di kala senang maupun duka. Sehingga, jika kita kehilangan mereka, rasanya akan sangat sedih dan menyayat hati. Berikut, beberapa Kata Kata Sedih Bahasa Minang tentang kehilangan teman baik :

“Meski jarak ado diantaro kito, kito ndak panah maraso jauah. Karano persahabatan indak diukua jo jarak melainkan hati…”

Artinya :

Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati.


“Basanang-sanang jo babahagia di siko indak ka mudah tanpa urang hebat mode kalian. Ambo pasti ka maindukan kalian sadonyo…”

Artinya :

Bersenang-senang dan berbahagia di sini tidak akan mudah tanpa orang hebat seperti kalian. Aku pasti akan merindukan kalian semua.


“Persahabatan sejati adolah katiko kito harus maliak sahabat pai dan mangetahui kalo kalian indak ka basuo lai. Tapi kito tahu inyo ka salalu barado di dalam hati jo pikiran salamonyo…”

Artinya :

Persahabatan sejati adalah ketika kita harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kalau kalian tidak akan bertemu lagi. Tapi kita tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiran selamanya.


“Dari lubuak hati ambo nan paliang dalam, ambo nio mangucapkan tarimo kasih karano alah manjadi sahabat terbaik ambo. Semoga perjalanan waang mawujuik’an mimpi baru ka tacapai…”

Artinya :

Dari lubuk hatiku yang terdalam, aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi sahabat terbaikku. Semoga perjalananmu mewujudkan mimpi baru akan tercapai.


“Salamaik tingga hanyo untuak urang tu nan mancintai jo mato sajo. Karano bagi urang tu nan mancintai jo hati dan jiwa indak ado nan namonyo perpisahan…”

Artinya :

Selamat tinggal hanya untuk mereka yang mencintai dengan mata saja. Karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa tidak ada yang namanya perpisahan.


Caption Galau Bahasa Padang

Caption Galau bahasa padang
Popular-world.com

Ketika kamu sedang dilanda kegalauan karena berbagai hal, kamu bisa membagikan cerita ke media sosial agar diberi solusi dan ditenangkan oleh teman-temanmu di sosmed. Berikut, beberapa Kata kata Sedih bahasa Minang untuk status dan Story di media sosial :

“Ambo bukan pelampiasan di saat pemeran utamo indak ado. Ambo ko pun bukan baduik nan siap manghibur katiko adiak sadang sadiah sajo…”

Artinya :

Aku bukan pelampiasan di saat pemeran utama tidak ada. Aku juga bukan badut yang siap menghiburmu ketika kamu sedang sedih saja.


“Sampai datiak iko, adiak masih manjadi alasan ba’a hati uda alun nio manarimo siapopun. Namun nyatonyo, adiak baitu mudah mambuka hati untuak urang lain…”

Artinya :

Sampai detik ini, kamu masih menjadi alasan kenapa hatiku belum mau menerima siapa pun. Namun nyatanya, kau begitu mudah membuka hati untuk orang lain.


“Baharok jo diagiah harapan tu samo samo sakik, adiak tau sakiknyo karano apo? Karano harapan tu alun tantu sasuai jo kenyataan…”

Artinya :

Berharap dan dikasih harapan itu sama sama sakit, kau tahu sakitnya karena apa? Karena harapan itu belum tentu sesuai dengan kenyataan.


“Sakileh mungkin ambo taliak tasenyum di mato adiak. Tapi, sabananyo hati ko manangih pilu maliak adiak jo pajatu…”

Artinya :

Sekilas mungkin aku terlihat tersenyum di matamu. Tapi, sebenarnya hati ini menangis pilu melihat kamu dengan dia.


“Jan panah mambari perhatian labiah ka ambo, jiko kenyataannyo cinto adiak indak untuak ambo…”

Artinya :

Jangan pernah memberi perhatian lebih kepadaku, jika kenyataannya cintamu bukan untukku.

Baca Juga : Kata Kata Cinta Bahasa Minang


Kata Kata Sedih Bahasa Minang Untuk Anak Rantau

Merantau merupakan salah satu kegiatan yang banyak sekali dilakukan oleh orang Minang. Ketika beranjak remaja, banyak masyarakat Minang akan pergi ke negeri orang untuk mengadu nasib dan menari rezeki. Berpisah dengan semua orang yang di sayang pastilah sedih sekali. Nah, yuk ungkapkan rasa itu melakui beberapa Kata Kata Sedih Bahasa Minang Anak Rantau di bawah ini :

“Abak jo Mandeh, ambo tau satiok sujuik kalian salalu mando’akan ambo. Tapi apolah dayo, di Idul Fitri ko kito ndak basamo lai untuak samantaro…”

Artinya :

Ayah dan Bunda, aku tahu setiap sujud kalian selalu mendoakan aku. Tetapi apalah daya, di idul fitri ini kita tidak dapat bersama lagi untuk sementara.


“Di sela-sela panek bakarajo di parantauan, raso rindu ka keluarga jo kampuang halaman samakin gadang. Semoga Rayo tahun Iko bisa pulang kampuang…”

Artinya :

Di sela-sela lelah bekerja di perantauan, rasa rindu kepada keluarga dan kampung halaman semakin besar. Semoga lebaran tahun ini bisa pulang kampung.


“Mandeh, walaupun jarak mamisahkan Kito, tapi raso cinto dari ambo takkan hilang. Do’akan selalu ambo di siko bia tetap sehaik jo salamaik…”

Artinya :

Ibu, walaupun jarak memisahkan kita, tapi rasa cinta dari aku takkan hilang. Do’akan selalu aku di sini supaya tetap sehat dan selamat.


“Mandeh, ndak usah terlalu marusuah’an ambo. Di siko adolah tampek ambo baraja manjadi labiah elok, dewasa jo mandiri. Do’akan ambo di satiok wakatu mandeh bia mampu malewati hari-hari jo tantangan-tantangannyo…”

Artinya :

Ibu, tak usah terlalu mengkhawatirkan aku. Disini adalah tempatku belajar menjadi lebih baik, dewasa, dan mandiri. Do’akan aku di setiap waktumu agar aku mampu melewati hari-hari dan tantangan-tantangannya.


“Kebahagiaan Mandeh adolah sarugo untuak ambo, jan basadiah jo jan manangih, karano ambo bajuang demi kebahagiaan Mandeh…”

Artinya :

Kebahagiaanmu adalah surga untukku, jangan bersedih dan jangan menangis, karena aku akan berjuang demi kebahagiaan ibu.

Kata Mutiara Sedih Minang Tentang Kehidupan

Kata Mutiara Sedih Minang Tentang Kehidupan
Bola.com

Takdir setiap manusia telah ditentukan sejak ia masih dalam kandungan. Takdir takkan bisa diubah, namun nasib kita tergantung perjuangan yang kita lakukan dalam menjalani kehidupan. Berikut, beberapa Kata Kata Sedih Bahasa Minang tentang kehidupan :

“Bialah marasai si badan diri, asa lai sehaik-sehaik, lamak makan jo lamak lalok. Nan pantiang awak taruih barusaho sakuaik tanago…”

Artinya :

Biarlah tersiksa badan, asal masih sehat-sehat, enak makan dan enak tidur. Yang penting kita terus berusaha sekuat tenaga.


“Mode ko bana hiduik wak kini ko, sadang barado di bawah, kawan-kawan alah banyak nan manjauah, memang kalo ndak punyo pitih ko mode tu bana lah…”

Artinya :

Seperti inilah hidupku sekarang, sedang berada di bawah, teman-teman sudah banyak yang menjauh, memang kalo gak punya duit emang kek gitu lah.


“Karajo ndak ado, mancari karajo payah bana. Alah sataun di rantau alun juo dapek karajo tetap lai. Ntah ba’a lah nasib masa depan wak bisuakko…”

Artinya :

Kerja gak ada, nyari kerja sudah sekali. Sudah setahun di rantau belum juga dapat pekerjaan tetap. Entah bagaimana lah nasib masa depan nantinya.


“Satiok hari bajuang sakuaik tanago untuak mamanuhi kebutuhan hiduik diri surang jo keluarga, meskipun harus manghadapi panehnyo matohari jo dinginnyo angin malam…”

Artinya :

Setiap hari berjuang sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarga, meskipun harus menghadapi panasnya matahari dan dinginnya angin malam.


“Paluah nan bacucuran satiok hari ko ambo yakin nantinyo ka babuah manih. Bialah kini basakik-sakik mancari rasaki, janji Tuhan pasti indah…”

Artinya :

Keringat yang bercucuran setiap hari ini aku yakin nantinya akan berbuah manis. Biarlah sekarang bersakit-sakit mencari rezeki, janji Tuhan pasti indah.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Bahasa Minang


Penutup

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Kata Kata Sedih Bahasa Minang tentang ditinggal sahabat, perpisahan, untuk anak rantau dan tentang kehidupan. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *