30+ Tempat Wisata Di Pariaman, Surga Dunia Milik Sumbar

· 7 min read
Tempat Wisata Di Pariaman

Jika selama ini kamu hanya mengenal Pariaman sebagai “Kita Tabuik”, kamu salah besar. Faktanya, ada banyak sekali destinasi Tempat Wisata Di Pariaman yang populer, mulai dari objek laut, alam, sejarah, religi hingga kuliner.

Nah, pada kesempatan ini, Minangku telah merangkum secara lengkap mengenai apa saja Objek Wisata Pariaman terbaru dan terbaik sebagai tempat persinggahanmu ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Simak ulasan ini sampai selesai dan semoga bermanfaat.

Destinasi Tempat Wisata Di Pariaman Terbaru 2020

Pariaman merupakan sebuah Kota Madya yang berada di bagian barat provinsi Sumatera Barat. Luas wilayahnya sekitar 73.36 km², dengan jumlah penduduk sebanyak 97.901 (sensus 2020). Berlokasi di pinggir pantai, banyak sekali Tempat Wisata Di Padang Pariaman yang bisa dijajal.

Selain itu, bila kamu datang dari pulau Jawa atau daerah lainnya yang jauh, lokasi daerah ini juga hanya berjarak 25 km saja dari Bandara Internasional Minangkabau, atau 56 km dari kota Padang. Bahkan kamu bisa menggunakan angkutan umum atau Angkot untuk sampai ke sini.

Selain wisata pantai, tidak sedikit pula Destinasi Wisata Alam di Pariaman yang sangat Hits dan instagramable. Tentunya akan menambah kesan liburan kamu semakin indah. Apa sajakah itu? Simak ulasan ini sampai selesai dan semoga bisa menjadi referensi utama. Check this out…

Pantai Gondariah

Tempat wisata di Pariaman
Instagram | @indah.lestari25_

Mendengar nama Pariaman, yang terbesit pertama kali pastilah Gondariah, lokasi pantai ini berada di Pasir, Pariaman Tengah. Di sini, kamu akan disuguhkan pemenangan yang indah, gulungan ombak yang besar dan bisa berenang serta berselancar.

Pantai Gondariah menjadi salah satu destinasi wisata pantai paling ramai dikunjungi di Pariaman setiap tahunnya, apalagi ketika musim libur atau cuti kerja. Disediakan pula tempat berswafoto, salah satunya ialah Logo “Pantai Gondariah” yang besar di tepian pantai.

Pantai Cermin

Tempat wisata di Pariaman
Instagram | @gustiyananovella1692

Yang kedua yakni pantai cermin, letak lokasinya berada di Karan Aur, Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Keistimewaan dari pantai ini adalah begitu banyaknya pohon Pinus dan kelapa di sepanjang bibir pantai, sehingga sangat sejuk sembari disepoi angin laut.

Soal santapan, kamu bisa menjajal berbagai kuliner khas Pariaman di sepanjang lokasi wisata. Untuk fasilitas juga tergolong lengkap, di sini juga disediakan anjungan menuju ke arah laut, seperti jembatan yang terbuat dari kayu yang di cat, sehingga menambah kesan keindahannya.

Pantai Ketaping

Tempat wisata di Pariaman
Instagram | @ardiesensei

Lokasi Tempat Wisata Di Pariaman selanjutnya bernama Pantai Ketaping, terletak di Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Di sini, kamu akan mendapati pasir putih yang lembut serta air laut yang sangat biru dan jernih.

Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, bahkan kamu bisa berkendara dengan bebas di sepanjang bibir pantai karena lokasinya cukup lebar dan lapang. Kamu juga bisa menyantap berbagai kuliner asli Minangkabau yang bisa menggoyang lidah.

Pantai Tiram

Tempat wisata di Pariaman
Instagram | @sikumbang.tabang02

Berikutnya ada Pantai Tiram, yang berlokasi di Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Jika kamu dari Kota Padang, maka pantai pertama di Pariaman yang akan kamu temukan adalah pantai tiram ini, karena hanya berjarak sekitar 12 km dari Bandara Internasional Minangkabau.

Lokasi pantai ini sangat sejuk dengan pepohonan yang rindang. Saking indahnya, banyak kegiatan masyarakat maupun kepemerintahan dilaksanakan di sini, misalnya seperti Gerakan Tanam Sejuta Pohon, event “Pacu Monyet Memanjat Kelapa” dan lainnya.

Pantai Arta

Tempat wisata di Pariaman
Instagram | @yangterlewatkan04

Objek Wisata pantai di Kabupaten Padang Pariaman berikutnya yakni Pantai Arta. Pantai ini menjadi salah satu yang juga sangat ramai dikunjungi. Alasan pertama karena akses yang mudah, yang kedua karena selalu diadakan “Pesta Pantai” ketika memperingati hari raya Umat Islam.

Daya tarik pantai Arta ini adalah terdapatnya pohon Pinus yang tumbuh di sepanjang bibir pantai. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan berlibur bersama teman, pasangan hingga keluarga. Selain itu, sunset di sini juga sangatlah indah dan elok dipandang mata.

Pantai Kata

Objek Wisata Padang Pariaman
Instagram | @naufalyulyan

Wisata Pariaman terpopuler selanjutnya yakni Pantai Kata, berlokasi di Taluk Karan Aur, Karan Aur, Pariaman Tengah. Pantai putih bersih, air laut yang jernih dan biru serta pepohonan Pinus yang menjulang bisa kamu temukan di sini. Sangat Instagramable bagi kaum Milenial.

Daya tarik utama pantai ini memanglah jejeran hutan pinusnya. Selain itu, di sini kamu juga bisa berolahraga air seperti snorkeling dan diving, karena keadaan airnya memang sangat mendukung untuk olahraga tersebut. Di sisi lain, tempat berswafoto juga sangat banyak disediakan.

Pantai Nareh

Objek Wisata Padang Pariaman
Instagram | @uda_nji113

Berikutnya ada Pantai bernama Nareh, berlokasi di Manggung, Pariaman Utara, Kota Pariaman. Lokasi pantai ini memang tidak begitu populer dengan deretan pantai lainnya di atas. Namun oleh karenanya, jika kamu pecinta alam Indonesia, tempat ini juga layak untuk dikunjungi.

Pantai Talao Indah

Objek Wisata Padang Pariaman
Instagram | @rizkisaputraofficial

Objek Wisata Pariaman selanjutnya yakni Pantai Talao Indah. Saat ini, termasuk salah satu lokasi yang sedang trend dengan konsep kekinian yang menarik. Lokasinya paling dekat dengan pusat kota, mudah dijangkau dan terdapat banyak sekali spot untuk berfoto.

Di sepanjang pantai, juga berjejeran gazebo yang terhubung dengan jembatan. Ketika sore tiba, akan banyak sekali anak-anak remaja yang nongkrong di sini sembari menunggu matahari terbenam. Bila kamu ke Pariaman, jangan lupa kunjungi pantai ini yaa.

Pulau Angso Duo

Objek Wisata Padang Pariaman
Instagram | @adi_spoetra

Beberapa tahun belakangan, objek yang satu ini sangat ramai dikunjungi, lokasinya herada di Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Kamu bisa mengakses pulau ini ketika berkunjung ke pantai Gondariah dengan menyewa perahu penyeberangan, dengan tarif 40.000 rupiah untuk pulang-pergi.

Setelah sampai di pantai ini, ada banyak sekali fasilitas yang bisa kamu nikmati. Mulai dari spot berfoto ria, santapan kuliner, memancing, ragam pondok dan tempat duduk bersantai, serta suguhan pandangan alam dari pulau mungil ini yang teramat indah.

Pulau Kasiak

Objek Wisata Padang Pariaman
Instagram | @yusuf.liputo

Selain Angso duo, ada pula pulau Kasiak. Pulau mungil ini sangatlah indah dengan hutan asli dan masih asri didalamnya. Pulau ini menyuguhkan pantai dengan pasir putih bersih, serta berada di kawasan laut yang tenang, sehingga ombak yang ada tidak begitu besar.

Pulau ini hanya berukuran sekitar 2.5 hektar dan berada di sisi Utara kabupaten Pariaman. Di pulau ini, juga terdapat mercusuar yang menjulang setinggi 40 meter. Untuk sampai ke sini, akses paling mudah adalah dari pantai Gondariah dengan mengakses perahu penyeberangan.

Pulau Ujung

Wisata Alam Pariaman
Instagram | @arsenioadnanakbar

Tempat Wisata Pulau di Pariaman selanjutnya ada di sekitaran pantai Kata, berjarak sekitar 1.9 mil. Untuk sampai ke sini, kamu hanya butuh perjalanan selama 20 menit saja dari sisi pantai Kata. Bagi pecinta snorkeling dan diving, pulau Ujung menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan.

Pulau Tengah

Wisata Alam Pariaman
Image by Vazka Gaming

Ada Ujung adapula Tengah. Pulau ini berjarak sekitar 1.8 mil dari pantai Gondariah. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke sini sekitar 20 menit. Kamu akan disuguhkan dengan laut yang jernih, pasir putih, lapangan rumput yang hijau dan luas serta keadaan hutan yang masih sangat alami.

Air Terjun Nyarai

Wisata Alam Pariaman
Instagram | @anggilfernando

Setelah mengulas soal pantai dan pulau di atas, sekarang kita masuk ke Wisata Alam Di Pariaman salah satunya adalah Air Terjun bernama Nyarai. Lokasi air terjun ini berada di Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman. Meski lokasinya agak tersembunyi, namun selalu menjadi buruan wisatawan.

Ini semua tidak lepas dari keindahan yang disuguhkan, mulai dari airnya yang jernih kehijauan, hingga keadaan hutan disekelilingnya yang masih alami dan asri. Uniknya lagi, kamu bisa menombak ikan di sungainya dan bisa diserahkan ke warung makan disekitaran air terjun untuk dimasakkan.

Tapian Puti

Wisata Alam Pariaman
Instagram | @ogie_78

Berikutnya ada tapian Puti. Dalam bahasa minang, tapian berarti daerah pinggiran sungai. Lokasi destinasi ini masih berada di Lubuk Alung. Tapian Puti merupakan tempat pemandian yang terbentuk secara alami, menawarkan air yang sangat segar dan sejuk.

Bentuk dari objek ini yakni kolam-kolam kecil berbentuk cekungan yang berjumlah 7 buah. Air yang terisi datang dari bukit yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Selain itu, pemandangan disekitar pemandian juga sangat indah dengan nuansa hijau yang menyegarkan mata.

Konservasi Penyu

Wisata Alam Pariaman
Instagram | @tomitanbijo

Destinasi Wisata Di Pariaman memang terkenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan dan jumlahnya juga banyak, sehingga pemerintah setempat menjadikan salah satu diantaranya lahan sebagai tempat konservasi Penyu. Lokasinya berada di Kawasan Pantai Ampalu, Desa Manggung, Kecamatan Pariaman Utara.

Ikan Larangan

Wisata Pantai Pariaman
Source : Wonderfulminangkabau.com

Wisata terbaik di Pariaman selanjutnya yakni berupa sungai jernih dan tenang, berisi ribuan ikan air tawar yang dilindungi atau dilarang untuk diburu. Lokasinya berada di Koto Aur Malintang, Kecamatan Koto Aur Malintang, Padang Pariaman. Kamu bisa memberi makan ikan-ikan ini dan melihatnya dari jarak dekat.

Puncak Anai

Wisata Pantai Pariaman
Instagram | @ayudwiwsrgr

Berikutnya ada puncak Anai, sebuah taman bermain yang indah, nyaman dan cocok sebagai tempat bersantai. Lokasinya ada di Malibo Anai, kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Di sini, kamu juga akan melihat pancuran air yang indah dari dasar kolam. Tidak ketinggalan pula fasilitas yang cukup memadai.

Lubuak Bonta

Air terjun Lubuak Bonta
Instagram | @pokee30

Masih berhubungan dengan sungai, Lubuak Bonta menjadi salah satu Destinasi objek wisata di Kota Pariaman yang memberikan nuansa alam yang indah dan sejuk. Di sini, kamu juga akan melihat air terjun kecil dengan air yang amat jernih. Lokasinya berada di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan Kayu Tanam.

Air Terjun Batu Basurek

Air terjun batu Basurek
Instagram | @anien_lampai

Berikutnya ada sebuah air terjun yang tidak terlalu lebar, namun cukup tinggi dan airnya deras. Untuk sampai ke Air Terjun Batu Basurek ini, lokasinya berada di Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman. Kamu butuh waktu sekitar satu jam dari Korong Ladang Rimbo, Nagari Sungai Sirah.

Komplek Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan

Komplek Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan
Instagram | @vira3124

Objek yang satu ini merupakan Destinasi Wisata Religi di Pariaman yang cukup populer dan ramai dikunjungi. Syekh Burhanuddin sendiri merupakan ulama besar asal tanah Minang. Lokasi pemakaman ini berada di Kecamatan Ulakan Tapakis. Ramai orang berziarah ke sini setiap minggunya, kamu juga jangan sampai ketinggalan.

Bendungan Taman Anai

Destinasi Wisata Di Sumatera Barat
Source : Wisatasumbar.net

Berikutnya ada sebuah bendungan sekaligus taman yang indah di tepiannya, terletak di Lubuk Alung, Padang Pariaman. Bendungan yang indah dengan rerumputan hijau bersih di taman, sangat cocok dijadikan tempat bersantai dan bercengkrama dengan sahabat, kekasih dan keluarga.

Lubuak Batu Palimauan

Destinasi Wisata Di Sumatera Barat
Source : Bangunpiaman.com

Lubuak Batu Palimauan merupakan spot air terjun yang berlokasi di Tandikek Utara Kecamatan Patamuan. Objek ini merupakan salah satu tempat pemandian yang konon memiliki sejarah. Sayangnya, akhir-akhir ini agak sedikit terbengkalai dan tidak begitu terurus.

Muara Manggung

Destinasi Wisata Di Sumatera Barat
Instagram | @yatchaniago

Muara Manggung merupakan nama untuk sebuah rawa mati, yang lokasinya berada di pertemuan sungai dan laut, sehingga airnya agak keruh. Di sini, kamu bisa mengayuh sampan sendirian atau membawa teman, sambil bercerita sembari memandang pepohonan kering.

Taman Hutan Mangrove

Destinasi Wisata Di Sumatera Barat
Instagram | @naufalsauqianendra._

Tempat Wisata Di Pariaman ini terletak di Jl. Nipah No. 38, Betok Nipah, Pariaman Utara. Pengelola taman ini adalah Tabuik Diving Club, sebuah destinasi wisata edukasi laut yang sangat bermanfaat. Pengunjung bahkan akan dilibatkan mengenai bagaimana cara menanam mangrove dan merawat terumbu karang.

Selain itu, ada pula konservasi Penyu. Nantinya, kamu juga akan diberi kesempatan untuk melepas penyu ke laut. Lokasi objek ini sekitar 1.5 hektar yang keseluruhannya berisi hutan bakau. Dengan bermodalkan 8.000 Rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati segala fasilitas yang ada.

Lubuak Batu

Destinasi Wisata Di Sumatera Barat
Instagram | @ardiesensei

Sesuai dengan namanya, Lubuak Batu adalah sebuah spot sungai yang ditengahnya terdapat beberapa bongkahan batu yang besar. Lokasinya berada di kecamatan Palimauan. Konon, lubuk ini ada kaitannya dengan Khatib Sangko, seorang tokoh tersohor di Minangkabau pada masa dahulu.

Baca Juga : 16+ Tempat Wisata Di Dharmasraya

Tugu Tabuik

Gambar tugu tabuik
Instagram | @bang.phaik

Tempat Wisata Terbaik di Pariaman selanjutnya adalah sebuah tugu yang berada di tengah perempatan jalan kota, berlokasindi Jl. St . Syahrir, Pd. II, Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Tugu ini akan terlihat semakin indah dan gemerlap ketika malam hari, dengan kombinasi warna lampu yang berkelap-kelip.

Bukik Siriah

Lokasi bukik sirah
Instagram | @sucifebriandaniputri

Berikutnya ada sebuah spot alam berupa bukit yang bernama Bukik Siriah, lokasinya di Jl. St . Syahrir, Pd. II, Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Dari atas bukit ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan pedesaan, gunung dan alam yang indah. Namun, lokasinya tidak direkomendasikan bagi kamu yang phobia ketinggian.

Taman Orang Piaman Creative

Taman orang Pariaman Creative
Source : Dream.co.id

Lokasi taman ini berada di Pantai Pauh. Meski tergolong masih sangat baru, namun selalu diguyuri para wisatawan setiap harinya. Disini disediakan berbagai spot foto dengan tema yang berbeda. Kamu juga diminta untuk menyumbangkan sedikit uang, tidak banyak, cukup 2.000 rupiah saja untuk menjaga kebersihan taman.

Puncak Kiambang

Rute menuju puncak kiambang
Instagram | @minangtourism

Dari atas pundak ini, kamu akan menyaksikan pemandangan berupa pedesaan dan hamparan hamparan sawah luas yang sangat indah. Lokasi puncak ini berada di desa Kiambang, kecamatan Enak Lingkung. Lokasinya sangat sejuk dan eksotis untuk memanjakan mata serta menenangkan pikiran.

Air Terjun Baburai

Keindahan air terjun baburai
Instagram | @nurullaylaqarana

Nah, yang terkahir adalah spot air terjun yang berlokasi di Lorong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota Pariaman. Tempat ini menjadi favorit saat akhir pekan tiba. Untuk itu, lebih baik kunjungi di hari-hari biasa agar tidak terlalu padat dan berdesakan.

Baca juga yuk : 24+ Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota Terbaru & Instagramable.


Pariaman memang terkenal dengan pantai-pantai indah mereka yang sangat menakjubkan dan bikin nagih. Tetapi bukan hanya pantai, banyak destinasi lain yang juga tak kalah tersohornya, mulai dari pulau, air terjun, taman dan lain sebagainya.

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai rekomendasi pilihan terbaik Tempat Wisata Di Pariaman terbaru, populer dan favorit 2020. Bagi kamu yang hendak berkunjung ke Pariaman, semoga daftar di atas bisa menjadi referensi utama. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *