24+ Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota Terbaik Saat ini

· 5 min read
Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota

Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota – Jika kamu berkunjung ke Sumatera Barat, kamu akan menemukan banyak sekali Tempat Wisata favorit yang tentunya mampu memanjakan mata dan menenangkan pikiranmu.

Tidak bisa dipungkiri, karena memang provinsi Sumbar menjadi salah satu destinasi berlibur yang mengasyikkan. Ada banyak Spot yang bisa kamu kunjungi, mulai dari pantai, Gunung, Air Terjun, Taman dan lainnya. Salah satu yang terpopuler ialah Objek Wisata di Kabupaten Lima Puluh kota.

Lima Puluh Kota merupakan sebuah kabupaten di bagian timur Sumatera Barat yang memiliki luas sekitar 3.354,30 km². Ibukota Kabupaten ini terletak di Sarilamak. Salah satu Tempat Wisata terbaik di Limapuluh kota ialah Harau Valley.

Daftar Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota Terbaru 2020

Harau Valley atau yang lebih dikenal dengan Lembah Harau merupakan sebuah lembah yang diapit oleh dua bukit terjal, dengan ketinggian mencapai 150 meter, dengan tinggi sekitar 500 sampai 850 meter dari permukaan laut.

Bukan hanya Harau Valley saja, ternyata masih banyak destinasi Wisata Populer di Lima Puluh Kota yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Apa sajakah itu silakan simak ulasan Tempat Wisata di bawah ini semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama.

Lembah Harau

Objek wisata lembah harau
Instagram | @wiwiafrina

Lembah Harau atau Harau Valley merupakan sebuah destinasi wisata alam berupa bukit curam, yang berlokasi di Nagari Harau, Kec. Harau, Harau, Kec. Harau. Lembah ini diapit oleh dua bukit cadas nan terjal, dengan ketinggian mencapai 150 meter.

Objek ini menjadi destinasi paling ramai dikunjungi di kabupaten Lima Puluh Kota. Selain itu, di sekitaran Harau Valley juga disediakan berbagai macam fasilitas, mulai dari Homestay, kampung Eropa dan lain-lain. Dan yang tidak ketinggalan yakni suguhan pemandangannya.

Kelok 9

Objek wisata kelok 9
Instagram | @agneshintaa

Siapa yang tidak kenal destinasi ini? Kelok 9 merupakan sebuah rute jalan umum yang menghubungkan antara provinsi Riau dengan Sumbar. Lokasinya berada di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau. Sesuai dengan namanya, terdapat 9 kelokan / tikungan yang akan dilewati.

Selain itu, kelok 9 juga diapit oleh 2 perbukitan berupa cagar alam, yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau, yang menambah pesona keindahannya. Rute kelok 9 akan terlihat semakin indah ketika malam hati, di mana lampu penerang jalan yang terang benderang.

Air Terjun Lubuak Batang

Air terjun di lima puluh kota
Instagram | @rendyscorpio

Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota berikutnya yakni destinasi alam berupa air terjun, bernama Lubuak Batang, lokasinya berada di Jorong Koto Bangun, Kapur IX. Sayangnya, lokasi tepatnya cukup tersembunyi.

Bahkan, kamu harus berjalan kurang lebih 2 jam untuk sampai. Namun setelah sampai di sana, semua rasa lelah dan penat akan terbayar dengan suguhan pemandangan alam dan air terjun yang indah. Spot-nya diapit oleh dua bukit dengan pasir ditengahnya.

Air Terjun Sarasah Barosok

Air terjun Sarasah
Instagram | @mulazzmi

Berikutnya ada juga air terjun yang tidak kalah indah, bernama Sarasah Barosok yang berlokasi di Maek, Kecamatan Bukik Barisan. Air Terjun ini sangat tinggi dan juga deras, sehingga tidak memungkinkan pengunjung untuk mandi tepat di bawahnya.

Namun tidak usah khawatir, karena ketinggian dan derasnya air tersebutlah yang akhirnya menghadirkan pemandangan spektakuler, serta rasa sejuk dan segar yang diberikan. Kamu bisa dengan bebas berswafoto dari spot manapun sesuka hati.

Bukik Batu Manda

Lokasi bukik batu manda
Instagram | @ikhsanyohanda

Untuk spot wisata yang Instagramable, Bukik Batu Manda menjadi tujuan yang pas. Format bebatuan besar di atas bukit ini sangatlah indah, ditambah pula kamu bisa menyaksikan pemandangan berupa hamparan sawah, perkampungan dan hutan dari atasnya. Untuk soal ber-selfie, di lokasi ini sangatlah bagus.

Kapalo Banda

Wisata di lima puluh kota
Instagram | @_zahrasalsabilaa

Lokasi Wisata di Lima Puluh Kota berikutnya bernama Kapalo Banda. Pada awalnya, tempat ini merupakan saluran irigasi, namun setelah dilakukan segenap pembangunan dan perubahan, akhirnya banyak masyarakat setempat bahkan dari luar yang berkunjung.

Bagaimana tidak, Lokasi Kapalo Banda ini merupakan waduk yang airnya sangat jernih dan tenang, ditambah pula pemandangan pepohonan dan perbukitan yang indah. Tempat ini cocok dijadikan sebagai spot bersantai dan berlibur.

Ngalau Indah

Wisata di lima puluh kota
Instagram | @ghaardi

Jika di Bukittinggi ada Ngalau Kamang, di 50 Kota ada Ngalau Indah. Ngalau ini merupakan goa alam yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang menjuntai sangat eksostis dan ekstrim. Lokasinya akan terlihat semakin indah ketika cuaca cerah, karena cahaya langsung tembus ke dalam.

Panorama Selat Malaka

Wisata di lima puluh kota
Instagram | @khazanatul.israr

Lokasi objek Wisata Lima Puluh Kota berikutnya ini berdekatan dengan kelok 9. Bila kamu berkunjung ke kelok 9, tidak ada salahnya untuk singgah sejenak di sini, apalagi ketika pagi hari. Karena kamu akan melihat kabut putih yang menyelimuti perbukitan, bagai sedang berada di atas awan.

Pantai Lonta

Wisata di lima puluh kota
Instagram | @trinopetra

Keunikan dari pantai ini ialah, ia tidak memiliki ombak. Lokasinya di Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX. Di bibir pantai, kamu memang tidak akan menemukan pasir, melainkan ribuan bebatuan kecil yang cantik dan menawan. Sungguh sebuah spot swafoto yang indah tentunya.

Pamandian Batang Tabik

Wisata di lima puluh kota
Instagram | @gungafif

Bila merasa gerah ketika berada di kabupaten ini, kamu bisa mengunjungi Pamandian Batang Tabik. Memang tidak ubahnya seperti tempat pemandian pada umumnya, namun di sini kamu bisa mandi bersama ribuan ikan, dengan air yang langsung mengalir dari mata air yang jernih lagi segar.

Panorama Ampangan

Wisata alam lima puluh kota
Instagram | @annesaifi

Berikutnya masih berupa panorama atau pemandangan alam bernama Ampangan. Panorama ini berlokasi di kaki Gunung Sago, perbukitan Kenagaraian Aur Kuning, Kelurahan Ampangan, berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Payakumbuh. Tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat sekitar Payakumbuh.

Panorama Padang Mangatas

Wisata alam lima puluh kota
Instagram | @travelmatesiantar

Padang Mangatas merupakan sebuah area peternakan yang sangat besar, bahkan sering disebut sebagai New Zealand-nya Indonesia. Hewan yang diternakkan antara lain kuda, sapi, kambing, dan ayam dan lain-lain.

Pemandangan lapangan rumput hijau nan luas dibarengi angin sepoi-sepoi akan membuat mata dan jiwa kamu merasa tenang. Bahkan di tahun 1955, lokasi ini disebut-sebut sebagai peternakan terbesar di Asia tenggara.

Air Terjun Lubuak Bulan

Wisata alam lima puluh kota
Instagram | @wrangland

Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota terbaik selanjutnya yakni air terjun Lubuak Bulan, berlokasi di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Ikan Banyak Suliki

Wisata alam lima puluh kota
Instagram | @peinsiidoni

Ikan banyak Suliki merupakan suatu destinasi wisata berupa Empang sungai, yang memiliki sangat banyak sekali ikan lindung didalamnya. Kamu bisa menyegarkan badan dengan mandi di sini bersama ribuan ikan, yang akan berenang bersama denganmu.

Rumah Gadang Sungai Beringin

Wisata alam lima puluh kota
Instagram | indraparma96

Di setiap kabupaten di Sumatera Barat, pasti kita akan menemukan Rumah Gadang yang menjadi rumah adat provinsi ini. Lokasi ini akan dipadati pengunjung ketika hari libur. Kamu bisa berswafoto di segala sisi rumah gadang tersebut, untuk diabadikan menjadi momen yang indah.

Danau Aia Sonsang

Tempat wisata kabupaten Lima puluh kota
Source : Boyyendratamin.com

Danau ini sebenarnya adalah sebuah sungai yang kemudian dibendung oleh masyarakat maupun pemerintah setempat, untuk dimanfaatkan sebagai irigasi aliran sawah. Di sini, kamu bisa bersantai sembari menikmati pemandangan alam yang indah.

Aia Baba Halaban

Tempat wisata kabupaten Lima puluh kota
Source : Pantauriau.com

Lokasi Aia Baba Halaban ini tidak jauh dari Batang Tabik. Sumbar air yang ada di tempat pemandian ini juga berasal dari air mata air langsung. Selain itu, ketika mandi kamu akan disuguhkan pemandangan sekitar yang cantik dan mampu menyegarkan mata serta menenangkan pikiran.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Pariaman

Air Terjun Sarasah Murai

Tempat wisata kabupaten Lima puluh kota
Instagram | @yasri_irsay

Selain Sarasah Barosok, ada pula air terjun bernama Sarasah Murai. Keunikan dari air terjun ini adalah latarnya yang dikelilingi tebing dari bebatuan granit. Ketinggian air terjun ini juga pasti mampu memanjakan mata setiap pengunjungnya. Bila berkunjung ke Sarilamak, air terjun ini merupakan pilihan.

Bukit Kelinci

Tempat wisata kabupaten Lima puluh kota
Instagram | @yunanda86

Objek Wisata Di Lima Puluh Kota selanjutnya yakni sebuah taman berupa bukit yang diberi nama Bukit Kelinci, lokasinya berada di kecamatan Aakaabiluru. Disediakan pula berbagai spot berfoto seperti berlatar kincir angin, payung terbang dan lainnya. Lokasi ini kerap dipadati karena bisa diakses dari mana saja dengan mudah.

Panorama Kayu Kolek

Tempat wisata kabupaten Lima puluh kota
Instagram | @aron.ktg24

Lokasi ini sering dijadikan tempat nongkrong Anak-anak Hits dan milenial, karena menampilkan landskap perkotaan sehingga sangat Instagramable. Letaknya berada di Nagari Sikabu-Kabu. Untuk sampai di sana, kamu harus mengikuti rute sedikit menanjak.

Rumah Barbie Kuranji

Rumah Barbie Kuranji
Instagram | @rumahbarbiekuranji

Bagi kamu yang semasa kecil suka menonton serial Barbie di Televisi, kamu bisa mengunjungi lokasi ini untuk berswafoto di depan maupun dalam rumah yang mirip dengan rumah Barbie di TV. Rumah ini dibangun tahun 2006 dengan konsep rumah kontemporer bergaya Eropa.

Menhir Maek

Tempat wisata menhir Maek
Instagram | @intanpermatasari2694

Bagi kamu yang suka berkunjung ke lokasi bersejarah, maka destinasi Menhir Maek yang ada di sekitar Lima Puluh Kota ini cocok jadi tujuan. Di sini, terdapat balai batu yang rumah seribu megalit, yang diprediksi telah ada sejak tahun 6-2 SM.

Tidak jauh dari lokasi balai batu ini, kamu akan dibuat tambah kagum ketika melihat lebih dari 300 monolith yang berdiri. Lokasinya berada di lereng perbukitan, yang hampir keseluruhannya menghadap ke gunung Sago.

Tempat wisata lainnya selain beberapa daftar di atas yang bisa kamu temukan di kabupaten Lima puluh kota ini diantaranya Gunung Sago, gunung aktif dengan ketinggian +2000 mdpl, serta danau koto panjang yang indah serta rekomendasi untuk dikunjungi.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Bukittinggi


Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai rekomendasi pilihan Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota terbaik, terbaru dan paling populer tahun 2020. Semoga daftar di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta menjadi referensi utama. Terima kasih. (Ref).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *