45+ Tempat Wisata Di Agam Terbaru dan Instagramable

· 6 min read
Tempat Wisata Di Agam

Ada banyak sekali Tempat Wisata Di Agam yang ketenarannya telah mendunia, sebut saja salah satunya ialah Danau Maninjau yang ada di kaki jalan kelok 44. Namun, sederet destinasi lainnya tidak kalah indah.

Jujur saja, di Provinsi ini, Kabupaten Agam bisa dibilang pusatnya objek wisata di Sumbar. Selain itu, mayoritas selalu dijaga dan dirawat, sehingga para wisatawan kian bertambah setiap tahunnya, baik pengunjung lokal hingga mancanegara.

Objek Wisata Di Kabupaten Agam ini jenisnya juga bervariasi, mulai dari gunung, situs bersejarah, danau, taman, kebun binatang dan lain-lain. Bila kamu ada waktu mendarat di Sumbar, sayang sekali rasanya kalau tidak menyempatkan diri mengunjungi kabupaten ini.

Selain Danau Maninjau, salah satu Destinasi Wisata Terbaik Di Agam yang populer adalah Rumah Kelahiran Buya Hamka, yang keberadaannya benar-benar tersohor karena menyimpan sejuta kenangan pada masa dahulu.

Daftar Tempat Wisata Di Agam Sumatera Barat 2020

Agam merupakan sebuah kabupaten di provinsi Sumbar yang diresmikan sejak tahun 1956, memiliki luas sekitar 2.232,30 km², 16 kecamatan dan 82 nagari. Kabupaten ini terkenal dengan kawasan geografis perbukitan dan tanah yang subur.

Wajar saja, keadaan alam yang seperti ini membuat Tempat Wisata Di Agam jumlahnya sangat banyak. Selain itu, pemerintah dan masyarakat setempat sangat merawat keberadaan destinasi-destinasi potensial ini. Berikut, beberapa objek wisata yang ada :

Danau Maninjau

Wisata danau Maninjau
Source : Instagram | @ramaastra

Yang pertama adalah Danau Maninjau, sebuah danau yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Wisata alam yang satu ini beralamat di Kecamatan Tanjung Rayaini, Kabupaten Agam Sumatra Barat. Selain pemandangan yang eksotis, lokasi ini juga dilengkapi berbagai fasilitas.

Udara segar, danau yang diselimuti bukit berkabut, pemandangan hijau dan keasrian alamnya yang masih terjaga, sudah barang tentu bisa membuat kamu betah berlama-lama di sini. Tidak sampai disitu, berbagai varian santapan kuliner juga bisa kamu cicipi.

Puncak Lawang

Wisata Lawang park
Source : Instagram | @dekaadila

Puncak Lawang merupakan taman alam yang luas dan berada di ketinggian +1000 mdpl, berlokasi di Lawang, Matur, Kab. Agam Sumbar. Dengan ketinggian segitu, pemandangan yang ditawarkan sudah pasti tidak akan mengecewakan pengunjung.

Selain itu, tempat ini juga dijadikan lokasi paralayang lokal hingga mancanegara, bahkan digadang-gadang menjadi spot terbaik di Asia Tenggara. Dengan tiket masuk 20.000 saja, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di dalamnya.

Gunung Marapi

Gunung Marapi sumatera barat
Source : Instagram | @melaniadrian_

Salah satu gunung paling eksis dan tersibuk di Sumatera Barat adalah Gunung Merapi. Setiap harinya, ada banyak sekali pendaki yang naik maupun turun. Bagi kamu yang suka menjelajah alam, destinasi yang satu ini sangat patut untuk dicoba.

Belum lagi ketika sampai di puncak, kamu akan menyaksikan langsung betapa indahnya pemandangan alam berupa danau, hutan, laut dan kota dari ketinggian 2.891 m. Untuk spot awal / kaki gunung, bisa kamu akses dari lokasi perbatasan Bukittinggi.

Kelok 44

Pemandangan kelok 44 dari atas
Source : Instagram | @instanusantara

Telah banyak diberitakan dalam lagu-lagu daerah Sumatera Barat mengenai kelok 44 ini. Sesuai dengan namanya, kelok 44 merupakan rute perjalanan tanjakan yang memiliki jumlah kelokan sebanyak 44 buah. Sengaja dibuat seperti ini karena memang ditujukan untuk mengurangi derajat ketinggian.

Jika di lihat dari atas, pemandangan yang disajikan sangatlah menakjubkan. Jika kamu dari bawah, lokasinya di tepian danau Maninjau. Nah, ketika sampai ke puncak, bayangkan betapa indahnya pemandangan danau tersebut yang bisa dilihat secara keseluruhan.

Pantai Tiku

Tempat Wisata Di Agam
Source : Instagram | @wildapurnamasari27

Salah satu Wisata Pantai di Agam ialah Pantai Tiku. Pantai ini terletak di Nagari Tiku, kecamatan Tanjung Muara, Agam. Destinasi yang satu ini selalu ramai pengunjung, ditambah pula para nelayan yang selalu melelang hasil tangkapan mereka pada pagi dan sore hari.

Dari pantai ini terlihat dua buah pulau bernama Pulau Tengah dan Pulau Ujung. Kamu juga bisa ke sana dengan menyewa perahu, serta membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai. Lokasi pantai ini di tepi jalan raya, sehingga mudah untuk diakses siapapun.

Air Terjun Langkuik Tamiang

Tempat Wisata Di Agam
Source : Instagram | @joniskandar7902

Tempat Wisata Terbaik Di Agam berikutnya yakni sebuah air terjun yang bernama Langkuik Tamiang, lokasinya di Kecamatan Malalak, sisi barat gunung Singgalang. Karena berada di kaki gunung, maka sangat direkomendasikan bagi kamu pecinta pendakian.

Selain itu, letaknya berada di tepian hutan lebat, dengan pemandangan alam yang indah. Uniknya lagi, air terjun ini memiliki ketinggian +-100 meter dengan curahan airnya yang sangat banyak, sehingga bisa mandi dibawahnya akan jadi momen yang indah.

Air Terjun Gadih Ranti

Tempat Wisata Di Agam
Source : Instagram | @wrangland

Berikutnya masih berupa air terjun yang diberi nama Gadih Ranti, lokasinya berada di Perbatasan Jorong Dama Gadang dan jorong Arifika, Kec Tanjung Ray. Bukan hanya curahan air, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam, pepohonan dan tebing yang menjulang indah.

Nama Gadih Ranti sendiri diambil dari cerita masyarakat setempat. Konon di zaman dahulu, air terjun ini merupakan tempat pemandian seorang Gadih (gadis) Putri yang bernama Ranti. Sehingga orang-orang di sekitar sana juga mengajak semua Wisatawan untuk tidak melakukan hal-hal aneh selama mandi di sana.

Air Terjun Badorai

Tempat Wisata Di Agam
Source : Instagram | @joniskandar7902

Objek Wisata di Agam berikutnya yaitu air terjun badorai, yang lokasinya berada di Nagori Sungai Puar. Lokasinya berada di dalam hutan lebat yang diapit oleh pohon-pohon besar. Bagi kamu pecinta jelajah alam, tempat ini merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk ditaklukkan.

Uniknya, air terjun Badorai ini memiliki 3 tingkatan dengan ketinggian sekitar 50 meter. Tebing-tebing di sisi air terjun juga cukup curam dan licin. Untuk itu, kamu harus berhati-hati jika hendak berkunjung ke sini. Tetapi soal keindahan, wah tidak perlu diragukan lagi.

Air Terjun Tiga Tingkat

Tempat Wisata Di Agam
Source : Pituluik.com

Masih spot air terjun, berikutnya ini bernama Tiga Tingkat karena memang tingkatannya ada tiga, serupa dengan Badorai di atas. Lokasinya berada di Kecamatan Palupuh tepatnya berada di jorong Pua Gadih. Keindahannya juga tidak kalah dengan wisata alam lainnya di atas.

Di sini, kamu akan menyaksikan pemandangan bentang alam berupaya hutan lebat dan air terjun yang jernih. Keindahan yang ditawarkan akan menjadi momen indah buat kamu ketika berkunjung ke kabupaten Agam, Sumatera Barat ini.

Aia Tigo Raso

Tempat Wisata Di Agam
Source : Tagar.id

Tempat Wisata di Agam berikutnya ialah sebuah spot air yang berada di kecamatan Tanjung Raya. “Aia Tigo Raso” jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti “Air Tiga Rasa”. Benar, di sini, kamu bisa mencicipi minuman dari alam yang memiliki rasa asam, manis dan pahit.

Meski lokasinya tak se-eksotis daftar tempat lainnya di Agam, namun tentunya kamu akan dibuat penasaran tentang bagaimana rasanya mencicipi air dengan tiga rasa. Fenomena alam yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat mampir buka berkunjung ke kecamatan Tanjung Raya, Agam.

Sajuta Janjang

Objek wisata kabupaten Agam
Source : Kaba12.com

Destinasi wisata di Agam selanjutnya bernama Sajuta Janjang, atau dalam bahasa Indonesia berarti “Sejuta Anak Tangga”, yang mewakilkan betapa banyaknya anak-anak tangga di lokasi ini, sebagai rute dalam melihat pemandangan alam sekitar yang sangat indah.

Lokasi ini berada di lereng gunung Singgalang, Nagari Pakan Siyatan, kecamatan Banuhampu, atau berjarak sekitar 65 km dari Lubuk Basung ibukota Agam. Panjang rutenya sekitar 700 m, dengan ketinggian +100 mdpl dan dilengkapi fasilitas seperti jembatan Gantung, musholla, toilet, Gazebo dan lainnya.

Ekowisata Lasi

Objek wisata kabupaten Agam
Source : Caretet.com

Tempat ini merupakan daerah perkebunan yang luas, dengan berbagai jenis tumbuhan buah-buahan segar. Di sini kamu bisa menemukan jeruk, markisa dan berbagai jenis sayuran. Tempat ini sering dijadikan tujuan Outbound, tempat nyantai dan lain sebagainya.

Masjid Raya Bayur

Objek wisata kabupaten Agam
Source : Wikipedia.org

Berikutnya ada bangunan ibadah berupa Masjid Raya yang bernama Bayur. Yang unik dari masjid ini adalah tekstur bangunannya yang merupakan perpaduan antara gaya Minangkabau dengan Thailand. Kubah utama berbentuk persegi dengan 4 kubah kecil di atas mihrab.

Ambun Pagi

Objek wisata kabupaten Agam
Source : Instagram | @mutyamazwar

Tempat Wisata Di Agam paling populer selanjutnya yakni Ambun Pagi, berlokasi di Kecamatan Matur, tepatnya di Desa Padang Galanggang, masih berdekatan dengan Puncak Lawang. Destinasi ini menawarkan keindahan pemandangan alam dari ketinggian, dan ditunjang dengan beberapa fasilitas.

Baca juga : 30+ Tempat Wisata Di Pasaman Barat

Taman Wisata Muko-Muko

Objek wisata kabupaten Agam
Source : Klikpositif.com

Berikutnya yakni sebuah taman wisata yang bernama Muko-Muko. Nama tersebut diambil dari nama PLTA yang ada di daerah tersebut. Objek ini berada di tepian danau Maninjau, dilengkapi dengan berbagai wahana air yang cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau pasangan.

Benteng Jepang

Objek wisata kabupaten Agam
Source : Caretet.com

Berikutnya ada benteng Jepang, yang masih berlokasi sama dengan taman di atas yakni di daerah PLTA Muko-Muko. Ini merupakan benteng peninggalan zaman Jepang, yang dahulunya dipakai sebagai tempat persembunyian senjata, pertahanan, operasi militer dan lainnya.

Melihat Bunga Rafflesia

Bunga rafflesia di agam
Source : Cnnindonesia.com

Bukan hanya ada di Bengkulu, bunga bangkai raksasa ternyata juga terdapat di kabupaten Agam. Lokasinya ada di 2 tempat yakni Banuhampu dan di Batang Palupuh. Uniknya, bunga rafflesia ini hanya akan mekar di bulan November. Mumpung masih Juli, kamu bisa merencanakannya mulai sekarang.

Taman Tirtasari

Taman Tirtasari Sumbar
Source : Covesia.com

Destinasi tempat wisata di Agam berikutnya yakni berupa taman yang bernama Tirtasari, lokasinya berada di Jorong Sonsang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang. Objek ini baru dibuka kembali di awal tahun 2016, setelah sempat ditutup pada tahun 1970-an karena kurangnya perawatan.

Tarusan Kamang

Rute Tarusan Kamang
Source : Instagram | @bukittinggistory

Tarusan Kamang merupakan sebuah danau indah sekaligus Padang rumput hijau. Mengapa demikian? Ya, karena di musim-musim tertentu, lokasi ini akan membentuk danau indah yang luas. Namun di musim kemarau, akan jadi Padang rumput luas yang hijau dan indah. Lokasinya di Tarusan Kecamatan Kamang Mudiak.

Ngalau Kamang

Ngalau Kamang sumatera barat
Source : Instagram | @rayhan_albaitun

Selain danau di atas, daerah Kamang juga memiliki goa alami yang indah, berada di Jorong Durian, Kenagarian Kamang Mudiak, Kecamatan kamang Magek. Objek ini terbentuk secara alami dengan hamparan tebing dan bebatuan yang indah serta sedikit mengerikan.

Makam Tuanku Nan Renceh

Makam Tuanku Nan Renceh
Source : Tuankunanrenceh.blogspot.com

Objek Wisata Kabupaten Agam berikutnya merupakan sebuah destinasi religi berupa makam seorang tokoh ternama di Sumbar, yakni Tuanku Nan Renceh, berlokasi di Kecamatan Kamang Magek, masih berdekatan dengan Ngalau Kamang di atas.

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka
Source : Wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh yang satu ini? Buya Hamka merupakan cendikiawan, sastrawan dan orang yang berpengaruh pada zamannya hingga kini. Nah, untuk mengingat beliau kembali, kamu bisa mengunjungi rumah sebagai tempat kelahirannya, yang kini dijadikan Museum. Lokasinya di Sungai Batang, Tj. Raya.

Baca juga Yuk : Tempat Terbaik di Wisata Pasaman Timur

Objek Wisata Agam Populer Lainnya

Sebenarnya, masih sangat banyak destinasi-destinasi wisata di kabupaten Agam ini, hanya saja saya tidak bisa mendeskripsikannya secara rinci karena keterbatasan informasi yang ada. Nah, berikut adalah beberapa nama daftar wisata di Agam lainnya :

  • Makam Tuanku Lareh Candung
  • Ngalau Tarang
  • Masjid Kuno Bingkudu
  • Masjid Ummul Qura
  • Monumen Pesawat Avro Anson RI-003
  • Pantai Bandar Mutiara
  • Pantai Ujung Karang
  • Pemandian Alam dan Mercusuar
  • Sungai Tanang
  • Rumah HR. Rasuna Said
  • Telaga Anggrek
  • Sungai Janiah
  • Laguna Tiku
  • Air Terjun Batu Basurek
  • Rumah Gadang Purichatali
  • Bukit Sirih Muantain View
  • Bukik Sakura
  • Rumah Pohon Bawan
  • Telaga Anggrek
  • Sungai Janiah
  • Taman Bermain Banto Royo
  • Air Terjun Langkuik Tinggi
  • Pulau Ujuang dan Pulau Tapi
  • Warung Palai Rinuak

Nah, demikianlah koleksi lengkap mengenai destinasi Tempat Wisata Di Agam terbaru, populer, Hits dan instagramable 2020 yang patut kamu kunjungi. Mari abadikan momen-momen indahnya bersama deretan Objek Wisata di Sumatera Barat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *