23+ Tempat Wisata Di Solok Paling Hits & Populer

· 5 min read
Tempat wisata di Solok

Tempat Wisata di Solok – Berbicara mengenai Solok, yang pertama teringat adalah hasil alam mereka berupa beras yang putih, lembut lezat.

Namun siapa sangka, selain hasil pertanian yang populer, kabupaten dan kota madya ini nyatanya juga memiliki Objek Wisata di Solok yang beragam dan tentunya menakjubkan.

Mulai dari spot panorama, gunung, danau, pantai, air terjun dan lain-lain, semuanya ada dalam daftar Destinasi Wisata di Solok ini. Penasaran? Simak selengkapnya.

Tempat Wisata Di Solok Terbaru dan Terbaik

Solok adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki luas sekitar 3.738 km², dengan jumlah penduduk sebanyak 348.566 jiwa (sensus 2010).

Ibukota kabupaten Daerah Wisata ini adalah Arosuka, sebuah kota kecil yang merupakan singkatan dari Kayu Aro dan Sukarami. Wilayahnya berada di ketinggian 329-1458 mdpl, sehingga sangat dingin.

Kabupaten ini memang masih didominasi oleh hutan, dengan geografis berupa perbukitan. Sehingga, tidak heran jika banyak sekali Tempat Wisata Di Solok yang populer.

Apa sajakah itu? Silakan simak artikel ini sampai selesai, dan semoga Berman bisa menjadi referensi utama buat kita semua. Check this out…

Danau Singkarak

Tempat wisata di Solok
Instagram | @teguhjuliarno

Tempat Wisata di Solok Yang pertama adalah danau Singkarak, salah satu ikon destinasi paling dikenal di sini, lokasinya berada di dua dua kabupaten, yakni Solok dan Tanah Datar.

Danau Singkarak memiliki peran yang penting dalam sektor ekonomi, pangan dan mata pencarian, sekaligus menjadi danau terluas kedua di pulau Sumatera setelah danau Toba.

Danau ini dikelilingi hutan hijau dan pegunungan, dengan pemandangan alam yang sangat indah. Ada juga jalur kereta api wisata di sepanjang tepian danau.

Untuk spot foto, banyak sekali yang bisa dijumpai. Fyi, danau ini merupakan hasil dari proses tektonik, yang dipengaruhi oleh aktivitas dari sesar Sumatera di masa lalu.

Danau Talang

Tempat wisata di Solok
Instagram | gungafif

Tempat Wisata favorit Di Solok selanjutnya adalah Danau Talang yang berlokasi di kawasan Alahan Panjang. Danau ini merupakan danau vulkanik yang sangat indah dan mempesona.

Memiliki air yang biru serta beba bebatuan dan pegunungan yang menjulang hijau, menjadikan pemandangan di sekitar danau sangat menakjubkan.

Belum lagi, lokasi danau Talang ini berada di ketinggian +1000 mdpl. Di perjalanan menuju danau, kamu akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang luas.

Meski berada di ketinggian, namun tempat Wisata Di Solok yang satu ini sangat ramai dikunjungi, terlebih ketika akhir pekan. Sangat cocok pula dijadikan tempat berkemah.

Danau Diatas

Tempat wisata di Solok
Instagram | @jenikoyusri

Masih berlokasi di Nagari Alahan Panjang, kecamatan  Lembah Gumanti, danau di atas merupakan destinasi yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke kabupaten ini.

Danau ini memiliki luas permukaan sekitar 12.3 km², dan berada di ketinggian 1.531 mdpl. Soal potensi, tak kalah ramai dari danau Singkarak maupun Talang.

Selain bisa menikmati pemandangan danau dan alam yang indah dari ketinggian, Tempat Wisata Di Solok ini disediakan pula taman panorama sebagai spot foto yang indah.

Danau Dibawah

Tempat wisata di Solok
Instagram | @benimonzieur

Tempa Wisata di Solok ini Titiknya memang berada sedikit lebih rendah dari danau Diatas, dan keduanya dikenal dengan nama Danau Kembar.

Meskipun dikenal kembar, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup kontras. Danau Diatas merupakan hulu dari sungai Batanghari yang bermuara ke selat Malaka.

Sedangkan Danau Dibawah, belum ada yang tahu pasti kemana air danau ini bermuara, begitu pula tidak jelas sungai apa yang berhulu ke sini.

Untuk soal potensi wisata, emang sedikit kalah dari danau Diatas, karena memang akses ke sini masih terkategori rumit, berbeda dengan akses ke danau kembarannya.

Kebun Teh Alahan Panjang

Tempat wisata di Solok
Instagram | @darmespoethratanjoeng

Dari wisata danau, kita beralih ke destinasi alam, yakni kawasan perkebunan teh yang berada di Alahan Panjang, sekaligus yang terluas di provinsi Sumatera Barat.

Objek Wisata paling ramai di Solok ini sudah ada sejak zaman kolonial, tepatnya tahun 1928, sehingga sudah menjadi motor perekonomian di daerah tersebut.

Tujuan wisata yang satu ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Di sini, kamu bahkan tidak akan jarang melihat para gadis-gadis cantik memetik pucuk daun teh.

Belum lagi lokasinya yang berada di permukaan tanah tidak rata, yakni bergelombang dan perbukitan, sehingga keindahannya semakin terpencar nyata.

Puncak Gagoan

Objek wisata Solok terbaik
Instagram | @smrafki

Salah satu panorama pemandangan alam paling indah di Sumatera Barat adalah Puncak Gagoan ini, lokasinya di Paninggahan, Junjung Sirih, Solok.

Dari sini, kita bisa menyaksikan pemandangan alam berupa hutan lebat dan juga keindahan danau Singkarak yang sangat menawan.

Puncak ini memang salah satu destinasi alam terbaik di kabupaten ini, setiap hari ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan, setidaknya sekedar berfoto ria.

Rumah Pohon

Objek wisata Solok terbaik
Instagram | @tiarayawa

Tempat Wisata Alam Di Solok selanjutnya yakni rumah pohon bernama Laing Park yang berlokasi Jl. KPT. Bahar Hamid, RT.01/RW.02, Laing, Tj. Harapan, Kota Solok.

Selain menikmati pemandangan dari atas rumah pohon, banyak pula wahana yang disediakan, mulai dari area outbound, Playground dan lainnya.

Di sini, ada 2 rumah pohon yang masing-masing memiliki kapasitas 5 dan 10 orang. Dengan harga tiket berkisar 15-75 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati semua wahana yang ada.

Puncak Gobah

Objek wisata Solok terbaik
Instagram | @syam_fme

Selain rumah pohon, ada juga panorama lain yakni puncak Gobah yang berlokasi di Nagari Aripan, menjadi semakin indah karena berhadapan langsung dengan danau Singkarak.

Di puncaknya, juga dilengkapi dengan sebuah rumah pohon, yang dari atasnya terpapar pemandangan super indah dan sangat menakjubkan. Jika berkunjung ke Solok, kunjungilah tempat ini.

Air Terjun Kapalo Banda

Objek wisata Solok terbaik
Source : Wisato.id

Tempat Wisata Di Solok selanjutnya adalah sebuah spot air terjun yang berlokasi di Kenagarian Koto Hilalang, Kec. Kubung, Kabupaten Solok. Sayangnya, objek ini masih tersembunyi.

Untuk sampai ke lokasi air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter ini, bisa dengan berjalan kaki sekitar 1 jam dari pemukiman penduduk.

Air Terjun Sarasah Batimpo

Objek wisata Solok terbaik
Instagram | @bramadhan.pw

Masih spot air terjun, berikutnya ada yang bernama Sarasah Batimpo, lokasinya berada di desa Laing, Tanjung Harapan, sekitar 5 km dari kota Solok.

Air terjun ini merupakan lokasi yang pas bagi kamu yang suka menjelajah. Di sini, kamu juga bisa menikmati kolam pembibitan ikan, tempat trekking dan hiking.

Masjid Agung Al-Muhsinin

Wisata favorit kabupaten solok
Source : Wikipedia.org

Dari wisata alam dan panorama di atas, kita beralih ke Tempat Wisata di Solok bernuansa religi, salah satunya Masjid yang berlokasi di Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah.

Masjid indah ini, selain tempat ibadah, juga menjadi objek yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Arsitektur bagunan yang megah dan modern akan ditemukan di sini.

Kubah yang besar dan berwarna-warni, serta empat menara yang menjulang tinggi. Di bagian luar masjid, juga terdapat taman rumput hijau yang bersih dan terawat.

Puncak Guguak Sarai

Wisata favorit kabupaten solok
Instagram | @gadihminangkabau

Berikutnya kembali ke objek panorama alam di Solok yang indah bernama Puncak Guguak Sarai, lokasinya di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Solok.

Tidak banyak yang tahu tentang Destinasi ini, padahal, dari puncak ini kita bisa melihat landskap kabupaten Solok yang hijau, indah dan sangat menawan.

Nagari 1000 Rumah Gadang

Wisata favorit kabupaten solok
Instagram | @ariefekopratama

Kabupaten memang terkenal dengan kentalnya adat dan budaya Minangkabau, terbukti dari adanya sebuah spot wisata bernama Nagari 1000 Rumah Gadang.

Lokasinya berada di Nagari Koto Baru. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi tradisional dari kebudayaan orang Minang, dengan pemandangan rumah gadang berjejer-jejer.

Puncak Bukit Cambai

Wisata favorit kabupaten solok
Instagram | @fredimotovlog

Objek wisata di Kabupaten Solok yang satu ini berada di Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Dari atas puncak bukit ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan 4 danau serta 4 gunung.

Keindahan pemandangan dari sini tidak akan kamu temukan di lokasi lain, karena bisa dikatakan sebagai titik pusat, sebab bisa melihat semua gunung dari atas sini.

Pulau Belibis

Wisata favorit kabupaten solok
Instagram | @leo_okto

Destinasi Wisata di Solok berikutnya merupakan sebuah taman dengan luas 4 hektar dan bernuansa alam, terletak di Simpang Tanjung Nan IV, Kampung Jawa.

Sebelum dikembangkan ulang, lokasi ini sempat mati suri, namun kini telah ramai dikunjungi. Di sini, banyak wahana yang bisa kita nikmati.

Pemandian Bukik Gadang

Pemandian air panas di sumbar
Source : Travelingyuk.com

Berikutnya adalah pemandian air panas Bukik Gadang yang berlokasi di Nagari Air Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang. Akan sangat cocok dikunjungi mengingat suhu di sana cukup dingin.

Hanya dengan bermodalkan 5.000 untuk siang dan 10.000 untuk malam hari, kamu sudah bisa merasakan sensasi mandi air panas yang enak, nyaman dan menghangatkan.

Bukik Chi Nang Kiek

Bukik chi bang kiek
Instagram | @sitijuriahh

Berbicara mengenai perbukitan di kabupaten Solok memang tidak ada habisnya. Bukik Chi Nang Kiek adalah destinasi wisata di Solok yang berlokasi di Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, juga disediakan berbagai fasilitas penunjang seperti rumah pohon, motor trail, tempat outbound, dan lain-lain.

Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid tertua di Sumatera Barat
Instagram | @bayumeitinafdhal

Masjid bukan sembarang Masjid, masjid yang berlokasi di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang ini memiliki sejarah yang panjang.

Bahkan digadang-gadang sebagai masjid tertua di Sumatera Barat yang sudah berusia lebih 500 tahun. Meski begitu, selalu dirawat dan dijadikan tempat ibadah utama di daerah tersebut.

Baca Juga : Tempat Wisata di Solok Selatan

Puncak Ahmad Sadin

Puncak Ahmad sadin
Source : Dennypedia.com

Tempat Wisata terbaik di Solok yang bagus berikutnya adalah Puncak Ahmad Sadin, yang berlokasi di Paninggahan, Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

Lokasinya sebelum Puncak Gagoan. Dari atas puncak ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan gunung Marapi dan Singgalang dengan sangat jelas.

Pemandian Bukik Kili

Bukan cuman Bukik Gadang saja, Lokasi Wisata di Solok juga punya tempat pemandian air panas lainnya bernama Bukik Kili, berlokasi di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung.

Uniknya, menurut pendapat penduduk setempat, air panas yang ada di sini berasal dari mata air di gunung Talang, sehingga mengandung sulfur dan bisa meredakan penyakit kulit.

Bukik Cinangkiak

Bukik cinangkiek
Instagram | @amelia_rizka20

Lokasi Bukik Cinangkiak ini berada di Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak. Dari sini, kamu bisa melihat pembenahan hutan, danau Singkarak hingga pemukiman penduduk.

Selain itu, disediakan pula fasilitas seperti restoran, musholla, toilet dan lainnya untuk mempermudah kegiatan wisatawan yang berkunjung. Banyak juga spot foto yang strategis.

Taman Kota Arosuka

Tempat Wisata Solok selanjutnya adalah sebuah taman kota bernama Arosuka, berlokasi di Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang.

Taman ini dipenuhi dengan bunga-bunga indah dan ditata rapi, udara yang sejuk dan berbagai wahana. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya sepersen pun untuk masuk.

Tugu Ayam

Tugu ayam solok
Instagram | @abdul.ep33

Yang terakhir adalah wisata Tugu Ayam Arosuka Kukuak Balenggek, yang berlokasi di Jl. Dua Jalur Arosuka, Batang Barus, Gn. Talang. Lokasi pasnya yakni di depan kantor Bupati Solok.

Tugu ayam ini dibuat sebagai simbol ayam Kukuak Balenggek yang berkembang di Solok, dikenal pula sebagai Ayam penyanyi. Tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, terlebih untuk berfoto ria.

Baca Juga : 32+ Tempat Wisata Di Pesisir Selatan

Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai Daftar Tempat Wisata Di Solok terbaru dan terbaik 2020. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama buat kamu semua. Terima kasih. (Ref).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *