32+ Tempat Wisata Di Pesisir Selatan Paling Populer

· 7 min read
Tempat Wisata Di Pesisir Selatan

Sudahkah kamu tahu apa-apa saja destinasi atau Tempat Wisata Di Pesisir Selatan terbaik yang berlokasi di provinsi Sumatera Barat ini? Jika belum, yuk simak ulasan lengkapnya.

Di kabupaten yang beribukota Painan ini, tersimpan berbagai lokasi Wisata yang sangat indah, terlebih yang bernuansa alam seperti pantai, pulau, air terjun dan lainnya.

Meski keberadaannya tidak sepopuler kabupaten lainnya di Sumbar, namun deretan Objek Wisata Pesisir Selatan ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu adalah wisatawan yang mengunjungi Sumbar melewati Jambi / Bengkulu, maka kamu akan sampai di kabupaten ini lebih cepat, karena berada di bagian ujung provinsi.

Sembari beristirahat sebelum sampai ke tujuan, alangkah baiknya untuk nyantai sambil menikmati berbagai Destinasi Wisata Di Pesisir Selatan ini.

Deretan Tempat Wisata Di Pesisir Selatan

Pesisir Selatan merupakan sebuah kabupaten yang berada di bagian selatan provinsi Sumatera Barat, memiliki luas sekitar 5.749,89 km² dengan jumlah penduduk lebih 500 ribu jiwa.

Lokasinya terletak di pinggir pantai dan merupakan perpanjangan gugusan Bukit Barisan, sehingga tidak heran bila terdapat cukup banyak Tempat Wisata Alam di Pesisir Selatan.

Potensinya memang terbukti karena sebesar 45,29% dari kabupaten ini adalah hutan, didalamnya tergabung cagar alam, terusan hingga rawa gambut.

Belum lagi garis pantai sepanjang 218 km, yang tentunya menyimpan segudang pesona yang menakjubkan. Oke, langsung saja simak daftarnya di bawah ini :

Pantai Carocok

Tempat wisata di pesisir selatan
Instagram | @kevin.pict

Menurut saya pribadi, pantai Carocok adalah destinasi laut paling indah di kabupaten Pesisir Selatan, lokasinya berada di Painan, Kec. IV Jurai.

Bagaimana tidak, pemerintah setempat sangat menjaga dan merawat dengan baik, mulai dari keadaan pantai hingga wahana-wahana didalamnya.

Di sini, kamu akan menjumpai banyak sekali spot berfoto, mulai dari logo pantai Carocok yang besar, jembatan-jembatan mengarah ke laut dan lain-lain.

Bahkan tersedia pula posko keadaman dan kesehatan, yang tentunya membuat kunjungan kamu ke sini akan semakin terasa aman dan berkesan.

Pantai Batu Kalang

Tempat wisata di pesisir selatan
Instagram | @yogioktapratama

Berikutnya ada pantai Batu Kalang, yang terletak di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan. Selain keindahan alam yang elok dan mempesona, ada keunikan lain didalamnya.

Yakni formasi bebatuan alami berukuran besar di sepanjang garis pantai. Pasirnya yang putih, laut biru bersih memadu indah dengan kuningnya warna bebatuan granit.

Di sepanjang pantai, disediakan pula payung-payung tempat bersantai sembari menatap pantai. Kamu juga bisa menyicipi berbagai kuliner khas Minang di sini.

Pantai Salido

Tempat wisata di pesisir selatan
Instagram | @romiseptiawan

Tempat Wisata Di Pesisir Selatan selanjutnya bernama Pantai Salido, berlokasi di Salido, kecamatan Iv Jurai. Sepanjang pantai, ditumbuhi pepohonan Pinus yang rindang.

Keunikan dari pantai ini adalah terdapatnya banyak sekali kerikil-kerikil kecil di sepanjang hamparan pantai, yang dipercaya bisa dijadikan terapi.

Sayangnya, di lokasi pantai Salido ini tidak tersedia warung makan, dalam artian masih sangat alami dan eksotis. Pengunjung disarankan membawa perbekalan sendiri.

Pantai Sago

Tempat wisata di pesisir selatan
Instagram | @septia_wahyudi

Berikutnya ada pantai Sago yang masih berlokasi di Sago Salido, kecamatan Iv Jurai. Di sekitar pantai, ditumbuhi pohon-pohon Cemara yang indah.

Di sini, kamu juga bisa menikmati kuliner khas bernama “Teh Talua”, atau bahasa Indonesianya “Teh Telur”, sangat manjur untuk menjaga stamina.

Dalam cabang olahraga, di hamparan pantai juga tersedia lapangan bola voli bagi kamu penggemar voli pantai. Tentunya bisa menemanimu sembari menyaksikan sunset yang anggun.

Pantai Putih Kambang

Tempat wisata di pesisir selatan
Instagram | @didi_ismartunus

Wisata Pantai di Pesisir Selatan selanjutnya bernama Putih Kambang, berlokasi di Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang. Pantai yang pas untuk mengajak keluarga berlibur.

Di sepanjang garis pantai, terdapat beberapa “Jetty” atau batu pelindung dalam rangka mengamankan pantai dari abrasi serta meminimalisir bencana.

Pantai ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Bukan hanya wisatawan lokal saja namun juga datang dari daerah lain, terlebih ketika akhir pekan atau hati-hati libur besar.

Pantai Sambungo

Objek wisata di Painan
Instagram | @desipurwanti25

Pantai ini berlokasi di Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. Letaknya berada di daerah paling seletan, berbatasan langsung dengan Sungai Penuh juga Bengkulu.

Di sini, kamu akan menemukan hamparan pasir putih yang indah, serta pepohonan Cemara laut yang sangat rindang, sangat pas untuk tempat bersantai.

Ketika musim libur lebaran tiba, Wisatawan juga akan dihibur dengan berbagai atraksi daerah khas Pesisir Selatan, kuda lumping hingga pertunjukan seni lainnya.

Pantai Teluk Kasai

Objek wisata di Painan
Instagram | @inong97

Wisata terbaik di Pesisir Selatan selanjutnya yakni pantai Teluk Kasai, berada di Koto Nan Duo IV Koto Hilie, Batang Kapas.

Pantai ini mempunyai bentangan pasir putih yang menawan, serta gulungan ombak yang tidak begitu besar. Bila cuaca cerah, sunset di sini pun sangat indah.

Pantai Sumedang

Objek wisata di Painan
Instagram | @sikumbangfauzi

Pantai ini berlokasi di Kampung Balaiselasa, Desa Nyiur Melambai, Ranah Pesisir, Pelangai. Ada banyak wahana yang disediakan di pantai ini.

Misalnya seperti Motocross Mini, RTV, perahu angsa, kereta api mini, dan permainan lainnya. Sangat cocok sebagai tempat berekreasi keluarga.

Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya 10.000 saja. Dari tiket masuk tersebut dipergunakan pula untuk merawat kelestarian pantai mulai dari pepohonan hingga wahana yang ada.

Pantai Lakitan

Objek wisata di Painan
Instagram | @ferry_anwar

Objek wisata favorit di Pesisir Selatan selanjutnya adalah Pantai Lakitan, berlokasi di Lakitan Utara, Lengayang. Pantai yang panjang dengan jejeran pohon kelapa.

Di sini, kamu bisa menikmati deburan ombak yang besar, bermain papan seluncur, berkendara di sepanjang pasir, bersantai di bawah kepala-kepala rindang dan lainnya.

Kamu juga bisa menyewa ayunan dan memasangnya sendiri di pohon yang kamu sukai. Tempat ini memang sangat rekomendasi sebagai tujuan wisata di kala santai.

Pantai Pulau Karam

Objek wisata di Painan
Instagram | @rifkadejavu

Lokasi pantai ini berada di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan. Pantai ini sangat indah bersama perpaduan Alam dan lautnya.

Bagaimana tidak, birunya laut dan putihnya pantai, disudahi dengan rimbunnya ribuan pepohonan rindang yang sangat cocok dijadikan tempat bersantai ria.

Di tengah rimbunnya pepohonan, dibangun pula jalan dari cor-an beton sebagai media untuk mempermudah akses pengunjung.

Taluak Sikulo

Destinasi wisata kabupaten pesisir Selatan
Instagram | @fadelsukmana

Lokasi Taluak / Teluk ini berada di Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan. Lokasi ini memang tidak ramai dikunjungi karena akses menuju ke sana sangat rumit.

Belum lagi layaknya yang jauh dengan medan yang terjal dan curam. Namun semua rasa lelah dan penat akan hilang ketika sampai di sana.

Bagaimana tidak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air laut yang bitu, pulau-pulau kecil yang ditumbuhi pepohonan, ombak besar dan lainnya.

Air Terjun Bayang Sani

Destinasi wisata kabupaten pesisir Selatan
Instagram | @yudhisa_putra

Tempat Wisata Di Pesisir Selatan selanjutnya adalah sebuah air terjun bernama Bayang Sani, lokasinya di Koto Berapak, Kecamatan Bayang.

Keunikan dari air terjun ini adalah, dia memiliki 7 tingkatan yang jaraknya berdekatan, sehingga terlihat seperti terpotong-potong, padahal alirannya hanya satu.

Bahkan tidak sedikit pula wisatawan yang memutuskan untuk mendakinya agar sampai ke puncak. Namun bagi kamu yang merasa ragu, lebih baik tidak usah ikut mendakinya ya.

Bukit Bendera Bayang

Destinasi wisata kabupaten pesisir Selatan
Instagram | @ahmadzaky_

Lokasi wisata yang terletak di Jl. Lubuk Pasing, Gurun Panjang ini adalah sebuah bukit yang dari atasnya terlihat hamparan alam nan hijau dan indah.

Objek yang ketinggiannya sekitar 1 km ini menghadirkan pemandangan alam berupa hutan dan gunung yang menakjubkan. Tersedia pula rumah pohon untuk tempat bersantai.

Kamu juga akan menemukan banyak sekali spot berfoto yang strategis dan tentunya bisa menghiasi media sosial kamu.

Bukik Langkisau

Destinasi wisata kabupaten pesisir Selatan
Instagram | @hendraparadisephoto

Berbicara mengenai wisata perbukitan, maka Bukik Langkisau menjadi salah satu yang terbaik di Sumatera Barat. Lokasinya ada di Jl. Langkisau, Salido, Kecamatan IV Jurai.

Dari atas bukit ini, kamu akan ditawarkan pemandangan indahnya pantai Carocok. Selain itu, di sini banyak pula ditumbuhi bunga-bunga yang indah dan menawan.

Padang rumput yang luas serta angin sepoi-sepoi nan sejuk akan menemani liburanmu bersama pasangan, teman hingga keluarga ketika berada di sini.

Pulau Setan

Destinasi wisata kabupaten pesisir Selatan
Instagram | @inggawahyusaputra

Destinasi wisata Pessel selanjutnya adalah sebuah pulau bernama Pulau Setan, berlokasi di Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Meski namanya terdengar menyeramkan, tapi berbeda jauh dengan aslinya. Sebenarnya, nama aslinya adalah Pulau Sultan, namun karena pengucapan yang sering salah, jadinya lekat-lah nama Pulau Setan.

Hanya namanya saja yang menyeramkan, tetapi pemandangan yang disuguhkan sangatlah indah dan menawan, berbanding terbalik dengan namanya.

Wisata Mandeh

Tujuan wisata di Sumbar
Instagram | @a.z_fadli

Ini adalah salah satu tempat wisata paling ramai dikunjungi di Pesisir Selatan, berlokasi di Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Meski baru dibuka tahun 2015 silam, namun keindahan objek wisata ini benar-benar mampu menarik perhatian para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Jalan raya yang datang dari ketinggian untuk menuju titik lokasi, sepanjang perjalanan kamu akan diperlihatkan pemandangan laut lepas dan biru, luas dan tenang.

Belum lagi pemandangan pulau-pulau didepannya yang banyak, berukuran kecil dan berjejer. Fasilitas lengkap, mulai dari penginapan, parkir hingga tempat makan.

Jembatan Akar Bayang

Tujuan wisata di Sumbar
Instagram | @beyubaystory

Menempuh jembatan yang terbuat dari beton, besi ataupun kayu sudah biasa, di Puluik Puluik, Kec. IV Utara Nagari Bayang terdapat jembatan dari akar.

Panjangnya sekitar 25 meter, besar dan lebar. Akar-akar ini melilit secara alami ke pohon lainnya di seberang sungai, sehingga membentuk sebuah jembatan horizontal.

Selain itu, sungai dibawahnya juga indah dan jernih, dijadikan pula tempat pemandian dengan formasi bebatuan yang besar. Bagi pecinta alam, lokasi ini cukup direkomendasikan.

Konservasi Penyu

Tujuan wisata di Sumbar
Instagram | @vheemy_ilhamsyah

Tempat Wisata Di Kabupaten Pesisir Selatan selanjutnya salah konservasi Penyu, berlokasi di Ampiang Parak, kecamatan Sutera.

Kamu bukan hanya akan menyaksikan proses perawatan perkembangbiakan penyu saja, namun juga menikmati keindahan pandai yang ada.

Ketika senja tiba, sunset di pantai ini sangatlah indah. Bahkan wisatawan juga bisa menyewa sampan untuk berkeliling di sepanjang pantai ini.

Simpang Tigo Buaya Putih

Kawasan wisata di sekitar puncak Mandeh
Source : Covesia.com

Bukan destinasi pantai ataupun alam yang indah, objek yang berlokasi di Nagari Taratak, Kecamatan Sutera ini berupa sebuah sungai.

Bukan sungai biasa, namun penggunaannya lebih diarahkan sebagai sarana permainan air untuk anak-anak ketika hari libur. Ada banyak pelampung dengan motif yang lucu.

Di sini, orangtua bisa menjabarkan anak-anak untuk berenang, membiasakan diri dengan air, hingga membeli berbagai aksesoris yang berhubungan dengan air.

Puncak Mandeh

Kawasan wisata di sekitar puncak Mandeh
Instagram | @jakarta_onthestreet

Puncak Mandeh adalah salah satu Objek Wisata terbaik di Pesisir Selatan. Destinasi berupa bukit ini memang menghadirkan pemandangan spektakuler.

Tempat yang berlokasi di Ampang Pulai, Koto XI Tarusan ini bahkan disebut-sebut sebagai “Raja Ampat”nya Sumatera, karena gugusan pulau indah bisa terlihat dari atas bukit ini.

Belum lagi gradasi warna laut yang semakin menambah keindahannya. Di sini, juga tersedia banyak sekali spot berfoto untuk mengabadikan momen liburanmu yang indah.

Benteng Portugis

Kawasan wisata di sekitar puncak Mandeh
Source : Kidalnarsis.com

Sesuai dengan namanya, spot yang berlokasi di Pulau Cingkuak yang masih berdekatan dengan pantai Carocok ini menyajikan segala hal berbau Portugis.

Mulai dari bangunan-bangunan, berbagai kapal wisata, hingga pakaian yang kita pakai juga bisa bernuansa budaya Portugis di masa lalu.

Untuk sampai ke sini, hanya berjarak sekitar 15 menit saja menggunakan sepeda motor dari Pantai Carocok. Meski masih baru, namun daya tariknya sangat tinggi.

Pulau Pamutusan

Kawasan wisata di sekitar puncak Mandeh
Instagram | @rgniati

Tujuan Wisata Di Pesisir Selatan berikutnya adalah sebuah pulau yang bernama Pemutusan, lokasinya berada di Nagari Sungai Pinang, Kecamatan koto XI tarusan.

Selain menikmati keindahan alam yang ada, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling dan memancing. Juga disediakan Gazebo dan penginapan yang nyaman.

Pulau ini sangat terkenal dengan keindahan biota lautnya yang begitu tersohor, sehingga tidak heran jika selalu dibanjiri Wisata lokal hingga mancanegara.

Puncak Paku

Kawasan wisata di sekitar puncak Mandeh
Instagram | @sumbarholiday_

Berikutnya ada puncak Paku yang berlokasi di sungai nyalo, Koto XI Tarusan. Tempat ini berada dalam kawasan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT).

Puncak Paku masih berada di kawasan wisata Mandeh, pemenangan dari atas ini sangat indah dengan panorama laut dan pulau yang menawan. Ada juga spot foto berupa logo dari tempat ini.

Pantai Sungai Nyalo

Kawasan wisata di sekitar puncak Mandeh
Instagram | @leodhon

Lokasi pantai ini berada di nagari Ampang Pulai, Koto XI Tarusan, sekitar 15 km dari pantai Carocok. Pantai sungai Nyalo ini adalah sebuah desa di pesisir tepi pantai.

Spot wisata yang ada sangat potensial dengan pemandangan yang spektakuler. Air laut yang hijau dengan pulau-pulau kecil disekitarnya, akan menyihir siapapun yang melihatnya.

Bangkai Kapal MV Boelongan Nederland

Bangkai Kapal MV Boelongan Nederland
Source : Viva.co.id

Wisata yang satu ini tidak bisa dilihat secara langsung, karena bangkai kapal ini berada di dalam laut dengan kedalaman 17 – 28 meter. Jadi, wisatawan harus menyelam terlebih dahulu.

Meski sudah ahli dalam menyelam, harus memahami panduan-panduan yang berlaku, karena cuaca dan jarak pandang air di teluk Mandeh ini tidak menentu.

Baca Juga : 23+ Tempat Wisata Di Solok

Pulau Cubadak

Wisata pulau Cubadak
Instagram | @tripsumbar

Tempat Wisata Di Pesisir Selatan yang satu ini berada di Samudera Hindia, jalan masuknya bisa dari pantai Mandeh dan juga Carocok.

Pantai ini mengusung konsep berupa resort, ada banyak penginapan juga di sini. Selain pemandangan yang indah, kamu juga bisa diving, snorkeling, dan lainnya di pulau ini.

Pulau Cingkuak

Wisata pulau Cingkuak
Instagram | @sumbarholiday_

Masih berupa destinasi pulau, berikutnya ada Pulau Cingkuak yang berlokasi sekitar 200 meter dari objek pantai Carocok, yang menghubungkannya dengan pulau Cingkuak.

Pulau ini kasih dibaluti hutan dengan pasir indah dan ombak besarnya. Kamu bisa berenang, snorkeling, jetski, banana boat, donat boat, hiking, hingga kemping di pulau ini.

Air Terjun Timbulun

Air terjun di painan
Instagtam | @abu_eydar

Kita kembali ke alam, destinasi berikutnya adalah air Terjun bernama Timbulun, yang berlokasi sekitar 3 km dari pusat kota Painan, Pesisir Selatan.

Air terjun ini memiliki 7 tingkatan, dengan ketinggian yang bervariasi dan tidak terlalu miring. Sehingga bisa didaki oleh kamu yang suka dengan tantangan. Alamnya juga indah dengan balutan hutan hijaunya.

Pulau Keong

Pulau keong di sumbar
Instagram | @ninamaylisa

Lokasinya berada di Desa Taluak Sungai Bungin, Kecamatan Batang Kapas. Sesuai dengan namanya, pulau ini akan terlihat seperti rumah keong jika dilihat dari sudut tertentu.

Rest Area

Perbatasan Padang dengan Painan
Instagram | @zahmaddhanii

Rest area ini adalah lokasi persinggahan di daerah perbatasan yang menghubungkan kota Padang dengan pesisir Selatan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi terlebih di sore hari.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Sijunjung

Wisata Di Painan Lainnya

Sebenarnya, masih banyak destinasi wisata di kabupaten Pesisir Selatan ini, hanya saja beberapa diantaranya tidak tersedia informasi yang mencukupi.

Untuk itu, di sini saya sebutkan saja nama spotnya tanpa keterangan lanjutan. Berikut, beberapa lagi diantaranya adalah Pulau Merak dan Pulau Sironjong Gadang.

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai rekomendasi pilihan terbaik Tempat Wisata Di Pesisir Selatan terbaru, populer dan indah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *