14+ Tempat Wisata Di Solok Selatan Yang Lagi Hits

· 3 min read
Tempat wisata di Solok Selatan

Berbicara mengenai Keindahan alam di Sumatera Barat, maka beberapa Tempat Wisata Di Solok Selatan ini menjadi jawaban paling tepat.

Kabupaten ini menjadi surga bagi karena Objek Wisata Solok Selatan yang ada, dan sayang bila dilewatkan, mulai dari spot gunung, panorama, budaya hingga air terjun ada di sini.

Solok Selatan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Solok sejak tahun 2004 silam, memiliki jumlah penduduk sekitar 147.639 jiwa (2011) dan luas 3.346,20 km².

Daftar Tempat Wisata Di Solok Selatan

Kabupaten ini berada di ujung timur provinsi Sumatera Barat dan berbatasan langsung dengan provinsi Jambi, beribukota Padang Aro dan memiliki 7 kecamatan.

Mayoritas wilayahnya masih diselimuti hutan lebat, sehingga tidak heran bila ada banyak sekali Destinasi Wisata Di Solok Selatan ini yang wajib kamu kunjungi.

Bahkan saking indahnya, sampai-sampai disandingkan dengan Swiss ataupun Selandia Baru. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya di bawah ini dan semoga bermanfaat.

Air Terjun Kembar

Tempat Wisata Di Solok Selatan
Instagram | @romiputrahasan

Lokasi Air Terjun kembar ini terletak di Bangun Rejo, Kabupaten Solok Selatan. Untuk bisa sampai ke sini, jalur umum adalah dari kantor Bupati Solok Selatan, dengan perjalanan 5 km.

Sesampainya di lokasi parkiran, kamu akan kembali melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit, melintasi hijaunya pepohonan dan udara yang segar.

Nah, ketika sudah sampai di sini, kamu akan menyaksikan hantaman air terjun yang deras menghempas tanah, serta terbagi menjadi 3 curahan yang indah.

Goa Batu Kapal

Tempat Wisata Di Solok Selatan
Instagram | @dedetsaugia

Tempat Wisata di Solok Selatan selanjutnya adalah goa bernama Batu Kapal, berlokasi di Jorong Ngalau Indah, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Dengan biaya masuk 3-5 ribu rupiah saja, kamu bisa menyaksikan dinding-dinding goa yang berwarna warni, serta stalaktit dan stalakmit yang menjulang indah.

Nagari 1000 Rumah Gadang

Tempat Wisata Di Solok Selatan
Instagram | @nofrins

Objek berikutnya adalah sebuah destinasi budaya yang kaya akan peninggalan sejarah suku Minang, yakni Nagari Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Di sini, kamu akan menjumpai banyak sekali Rumah Gadang (Rumah Adat Sumatera Barat) berjejer-jejer dan sudah berusia sangat tua tentunya.

Namun meskipun begitu, tempat ini selalu dijaga dan diperhatikan pemerintah maupun masyarakat setempat. Tahun 2017 silam, lokasi ini dinobatkan sebagai Kampung Adat terpopuler di Indonesia.

Kebun Teh Liki

Tempat Wisata Di Solok Selatan
Instagram | @rinadwipurnama

Jika di Solok ada Kebun Teh Alahan Panjang, wisata terbaik di solsel ada juga destinasi kebun teh, yang bernama Liki. Lokasinya ada di Lubuk Gadang Selatan, Sangir.

Udara yang sejuk serta pemandangan dari luasnya kebun teh dan pegunungan ini bisa kamu nikmati bersama keluarga, teman maupun kekasih ketika berlibur di siang hari.

Selain itu, di sepanjang lahan kebun teh ini juga terdapat jalan-jalan setapak, yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat langsung para pekerja dalam memetik pucuk teh.

Air Terjun Ulu Suliti

Tempat Wisata Di Solok Selatan
Instagram | @pesona_solsel

Tempat Wisata Terbaik Solok Selatan selanjutnya yakni berupa objek alam, sebuah air terjun indah bernama Ulu Suliti, berlokasi di Pakan Rabaa Utara, Koto Parik Gadang Diateh.

Air terjun ini sangatlah indah, tinggi dan deras. Latarnya dihiasi dengan dinding-dinding dari bebatuan yang ditumbuhi rerumputan dan pepohonan hijau yang menyejukkan.

Puncak Bangun Rejo

Wisata terbaik di solsel
Instagram | @insomasta

Lokasi Puncak Bangun Rejo ini terdapat di Bangun Rejo, Kabupaten Solok Selatan. Sebuah pemandangan alam dan pegunungan yang indah bisa dilihat dari sini.

Salah satunya adalah berhadapan langsung dengan kokohnya gunung kerinci. Selain itu, disediakan pula berbagai spot berfoto ria untuk mengabadikan momen berlibur.

Gunung Kerinci

Wisata terbaik di solsel
Instagram | @novenri_mr.one

Objek Wisata Terbaru di Solok Selatan selanjutnya adalah Gunung Kerinci, yang menjadi gunung tertinggi di Sumatera, memiliki tinggi sekitar 3.805 mdpl.

Gunung kerinci sebenarnya terletak di Provinsi Jambi, hanya saja banyak juga akses pendakian yang bisa dimulai dari kabupaten Solok Selatan, salah satunya dari Desa Bangun Rejo di atas.

Selain pemandangan alam dan Samudera Hindia yang bisa dilihat bebas dari atas, gunung ini juga memiliki kawah seluas 400 x 120 meter, dengan air tenang berwarna kehijauan.

Batu Kambar Kupitan

Wisata terbaik di solsel
Source : Wisato.id

Tempat Wisata Di Solok Selatan selanjutnya adalah sebuah spot pemandian sungai bernama Batu Kambar Kupitan, berlokasi di Wonorejo.

Keunikan dari spot yang satu ini adalah, terdapat dua bongkahan batu besar yang hampir bersatu, namun memiliki celah ditengah-tengahnya sebagai jalur arus air sungai.

Bongkahan batu ini membenteng tinggi dan kokoh, serta diselimuti pepohonan hijau yang rimbun. Kamu akan menikmati mandi yang segar dengan udara yang sejuk.

Air Terjun Kupitan

Wisata terbaik di solsel
Instagram | @matt_rcloud

Air terjun Kupitan terletak di Wonorejo, lokasinya tidak jauh dari Batu Kampar Kupitan di atas. Air terjun ini mengalir deras namun tidak terlalu condong atau vertikal.

Airnya sangat jernih dan bersih. Selain itu, pemandangan alam disekitarnya juga amat indah dan hijau. Tidak sedikit juga yang menyempatkan diri untuk mandi dibawahnya.

Air Terjun Cermin

Wisata terbaik di solsel
Source : Wisato.id

Masih spot air terjun, Tujuan Wisata Solok Selatan selanjutnya bernama Air Terjun Cermin, yang masih berlokasi di sekitar Wonorejo. Dinamakan cermin karena memang airnya sangat jernih.

Air terjun ini tidak terlalu tinggi maupun deras, namun daya tariknya adalah karena diapit oleh dua batu besar, pas di mulut air terjun, sehingga pemandangannya jadi semakin indah.

Danau Bontak

Danau bontak Solok Selatan
Instagram | @aak_daiat

Ini adalah satu-satunya danau yang ada di Solok Selatan, bernama danau Bontak dan berlokasi di diatas bukit di Dataran tinggi Golden Arm, memiliki luas sekitar hektar saja.

Karena berada di ketinggian, akses untuk sampai ke sini cukup jauh, kita harus berjalan kaki sekitar 10 km dari Bukik Melintang, sekitar 4 jam perjalanan.

Karena akses yang jauh dan rumit ini, sehingga masih tergolong sepi wisatawan, padahal pemandangan alam yang disuguhkan sangat indah dengan udaranya yang segar.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Tanah Datar

Taman Nasional Kerinci

Taman nasional kerinci
Instagram | @desipurwanti25

Sebenarnya, taman nasional Kerinci ini terdapat di 4 tempat, yakni Sumsel, Jambi, Bengkulu dan Sumbar yang berada di Solok Selatan. Taman ini berada di ketinggian 1500 mdpl.

Selain ribuan jenis flore dan fauna, Taman Nasional Kerinci Seblat yang berada di Pegunungan Bukit Barisan ini juga menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

Hot Waterboom

Hot Waterboom solsel
Instagram | @ferryarieswanto

Tempat wisata di Solok Selatan ini yakni spot pemandian yang berada di Pauh Duo Nan Batigo, Pauah Duo, Kabupaten Solok Selatan. Sebuah waterboom yang selalu meledak dikunjungi.

Waterboom ini sangat cocok menjadi destinasi berlibur bersama keluarga tercinta. Di samping itu, ada banyak pula wahana dan permainan air yang disediakan.

Puncak Pinang Awan

Puncak pinang awan
Instagram | @puncaksentral

Tempat Wisata terfavorit Di Kabupaten Solok Selatan selanjutnya yakni Puncak Pinang Awan, berlokasi di bukit Hot Water Boom, Sapan Maluluang, Solsel.

Lokasi puncak ini berada di atas ketinggian+1000 mdpl, sehingga pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan menawan, dengan bentangan gunung dan hutan dibawahnya.

Baca Juga : 23+ Tempat Wisata di Solok

Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai rekomendasi Tempat Wisata Di Solok Selatan terbaru dan paling populer tahun ini. Semoga artikel di atas bisa menjadi referensi utama bagi pembaca semua. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *