21+ Tempat Wisata Di Padang, Ibukota Sumbar

· 6 min read
Tempat wisata di padang

Tempat Wisata Di Padang paling populer, satu Kota penuh rasa. Mungkin istilah itulah yang tepat bagi Kota kebanggaan masyarakat Minang ini.

Pasalnya disana ada banyak menu kuliner yang sangat khas. Namun tahukah Anda bahwa Padang tidak hanya kaya akan kuliner saja?

Padang ternyata juga menyimpan banyak pesona alam yang cantik, loh. Jadi jangan lupa mampir ke beberapa Tempat Wisata di Kota Padang berikut ini ya!

Referensi Tempat Wisata di Padang yang Paling Indah

Siapa sangka, ternyata Kota Padang juga memiliki kekayaan alam berupa pantai, gunung, pulau dan lainnya.

Pesonanya tidak akan pernah pudar, karena keindahannya memang berasal dari alam, begitu asri dan sejuk. Terlebih, selalu dijaga dan dirawat.

Lokasi tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin berfoto-foto bersama kerabat atau keluarga. Berikut beberapa Objek Wisata di Padang yang bisa Anda datangi.

Pantai Tapi Lauik (TapLau)

Tempat wisata di padang
Instagram | @ekipratamaaa9

Pertama, Anda perlu mencoba berwisata di Pantai Tapi Lauik. Lokasinya berada di dekat Pasar Raya Padang.

Pantai ini sudah sangat populer dan selalu ramai dipadati wisatawan. Selain menyajikan panorama yang sangat indah, pantai ini juga sudah dipenuhi oleh fasilitas memadai.

Pantai ini termasuk salah satu sumber pemasukan bagi Kota Padang, maka dari itu Pemerintah Kota Padang terus berbenah agar pantai ini selalu “cantik”.

Fasilitas yang disediakan antara lain warung-warung makan, tempat ibadah, toilet atau tempat bilas, serta beberapa hotel di sekitar wilayah pantai.

Pantai Pasir Jambak

Tempat wisata di padang
Instagram | @vujieous

Tempat Wisata terbaik di Padang yang kedua yaitu Pantai Pasir Jambak. Pantai ini berada di daerah Tabing.

Jika Anda bermula dari pusat Kota Padang, maka Anda harus menempuh perjalanan 20 kilometer lagi agar sampai ke Pantai Pasir Jambak.

Daya tarik pantai ini adalah pasirnya yang putih, serta pepohonan kelapa yang daunnya mendayu-dayu terkena angin.

Selain itu Anda juga bisa menyewa perahu untuk bisa menjelajah jernihnya air laut di sana.

Soal fasilitas, jangan khawatir, karena semua sudah lengkap tersedia. Mulai dari gazebo, toilet, mushola, hingga homestay.

Pemandangan semakin mempesona saat matahari mulai terbenam. Jangan sampai Anda melewatkan view ini ya!

Pantai Nirwana

Tempat wisata di padang
Instagram | @tegar.siregar_

Ingin ke pantai yang aman karena mengajak anak-anak? Di sini tempatnya, Pantai Nirwana.

Lokasinya berdekatan dengan Teluk Bayur, pasti Anda sudah tahu kan tempat paling populer ini?

Pantai ini memiliki daratan yang landai, air yang jernih, udara sejuk, dan riuh ombak yang relatif tenang. Jadi, sangat pas sekali untuk anak-anak yang suka bermain air.

Selain bermain air, Anda bersama anak-anak juga bisa bermain pasir. Pasir di Pantai Nirwana begitu bersih dan putih.

Sambil bersantai, Anda juga bisa menikmati aneka kuliner yang ada di bibir pantai.

Pantai Bungus

Tempat wisata di padang
Instagram | @bepergian_yuk

Wisata Pantai di Padang selanjutnya ada Pantai Bungus yang berada di Teluk Kabung. Wilayah ini berada di selatan Kota Padang.

Pemandangan di pantai ini sedikit berbeda dari beberapa pantai lain. Dari kejauhan, langit pantai ini seolah diapit oleh 2 bukit di sisi kanan dan kirinya.

Terlebih lagi saat matahari terbenam, semakin mempesona! Lokasi ini cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri.

Setiap sudut pantai ini bisa Anda gunakan untuk bersantai, menikmati pemandangan langit dan laut, atau berfoto-foto untuk konten media sosial.

Semuanya akan terasa sangat menyenangkan. Di pantai ini, Anda juga bisa menyewa paragliding untuk melihat pemandangan dari atas.

Pantai Air Manis

Tempat wisata di padang
Instagram | @csrinaaa_

Apa jadinya jika dalam satu frame terdiri dari laut dan gunung sekaligus? Pasti sangat memukau bukan?

Inilah yang akan Anda dapatkan saat memotret pemandangan alam dari Pantai Air Manis.

Dari sanalah Anda bisa melihat Gunung Padang yang berada di “belakang” laut.

Karakter air lautnya sangat tenang, airnya jernih, serta pesisir yang bersih. Daya tarik lain selain pesona alamnya yaitu adanya patung Malin Kundang yang sangat fenomenal.

Patung ini diyakini sebagai Malin Kundang yang sedang bersujud, namun telah menjadi batu akibat kutukan Ibunya.

Pantai Pasumpahan

Wisata populer di kota Padang
Source : Travel.detik.com

Pantai Pasumpahan menjadi tempat wisata di Padang berikutnya. Pantai ini ada di wilayah Pulau Pasumpahan, tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Kegiatan yang paling populer di pantai ini adalah menaiki speedboat. Dengan menyewa speedboat dari Teluk Kabung, Anda bisa melewati lautan yang jernih kebiruan menuju Pantai Pasumpahan ini.

Daya tarik lainnya dari tempat Wisata Di Padang ini yaitu, adanya bukit setinggi 100 meter. Dengan menaiki bukit ini, Anda bisa dengan jelas menikmati pemandangan alam yang luar biasa cantiknya.

Mulai dari air yang biru jernih, langit yang dihiasi awan-awan, serta hembusan angin yang sejuk.

Jika ingin lebih lama, silahkan Anda dirikan perkemahan di sekitar pantai. Lengkap sekali bukan liburan Anda?

Pantai Carolina

Wisata populer di kota Padang
Source : Rentalmobilpadang.co.id

Ingin berlibur ke pantai yang murah meriah? Silahkan berkunjung ke Pantai Carolina.

Tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah, dan tempat ini buka 24 jam. Anda bisa berkunjung kapanpun Anda mau.

Lokasinya ada di Jalan Padang Painan. Suasana sedikit ramai saat momen matahari terbit dan terbenam.

Anda juga tidak ingin melewatkan momen sunrise dan sunset ini bukan? Namun jangan sedih jika Anda hanya bisa berkunjung di siang hari, pemandangan alamnya tetap indah dan mempesona.

Meski pasirnya berwarna kecoklatan, namun air laut di pantai ini tetap jernih dan berwarna biru cerah.

Pantai Sako

Wisata populer di kota Padang
Source : Kompasiana.com

Tempat wisata di Padang selanjutnya adalah pantai Sako. Suka hutan dan pantai? Pastikan Anda tidak melewatkan pantai yang satu ini, Pantai Sako.

Pantai ini menawarkan pesona alam berupa laut dan hutan sekaligus. Laut, hamparan pasir, dan hutan, menyatu menjadi kesatuan yang luar biasa menakjubkan.

Lokasinya yang cukup luas membuat tempat ini cocok dijadikan bumi perkemahan.

Ombak di lautnya juga sering dimanfaatkan untuk surfing. Meski terlihat begitu indah, namun pantai ini kurang cocok untuk anak-anak karena hutan disana cukup menantang.

Pantai ini juga menyediakan fasilitas yang ramah anak, dan juga berbagai macam permainan maupun arena untuk anak-anak.

Masjid Raya Sumatera Barat

Wisata populer di kota Padang
Instagram | @kristalalifsaputra

Beralih ke wisata religi, yakni sebuah tempat ibadah berupa Masjid besar nan megah, lokasinya di Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara.

Meski baru rampung sepenuhnya pada tahun 2019 kemaren, namun masjid yang menakjubkan ini selalu ramai dikunjungi dengan tujuan beribadah dan mengabadikan momen.

Tak heran bila masjid ini menjadi salah satu ikon populer di Kota Padang. Masjid ini juga memiliki menara yang tingginya 85 meter, dengan tinggi bangunan 47 meter.

Denah mesjid ini berbentuk persegi, yang masing-masing sudutnya membentuk lancip khas Rumah Gadang. Makna lain dari lancip ini adalah menggambarkan 4 kabilah Quraisy tokoh Islam.

Jembatan Siti Nurbaya

Wisata populer di kota Padang
Source : Minangnantigo.com

Tempat Wisata Di Padang terbaik selanjutnya adalah jembatan Siti Nurbaya, yang berlokasi di Jl. Kp. Batu, Batang Arau, Kec. Padang Selatan.

Nama “Siti Nurbaya” diambil dari novel klasik Sitti Nurbaya karya Marah Rusli yang sangat populer. Jembatan ini menjadi akses menuju Gunung Padang.

Jembatan ini menjadi tempat nongkrong favorit di Padang, terlebih ketika malam hari. Santapan khas adalah jagung bakar, di mana pengunjung bisa membakar jagung mereka sendiri.

Taman Siti Nurbaya

Taman Siti Nurbaya Padang
Instagram | @vera_husni

Jembatan di atas adalah rute untuk sampai ke Taman Siti Nurbaya, sebuah taman yang berada di ketinggian, ditumbuhi pohon-pohon rindang serta pemandangan kota Padang.

Lokasi taman ini berada di puncak bukit di muara Batang Arau, yang dikenal sebagai Gunung Padang. Di perjalanan, kamu akan menemukan sebuah batu yang dipercaya sebagai makam Siti Nurbaya.

Oh iya, tokoh Siti Nurbaya sendiri adalah seorang wanita yang menjalin cinta dengan Samsul Bahri, namun dipaksa menikah dengan Datuk Maringgih dan dia menolaknya.

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman di Padang
Instagram | @mohdluck

Destinasi Wisata Populer di Padang selanjutnya adalah Museum Adityawarman, berlokasi di Jl. Diponegoro no. 10, Kota Padang. Museum ini menyimpan sejarah ranah Minang yang lengkap.

Museum ini diresmikan dan dibuka kepada publik pada tahun 1977. Adityawarman sendiri adalah nama raja besar di Ranah Minang, yang dulunya memerintah sejalan dengan masa Majapahit.

Di museum ini, kamu bisa menemukan banyak sekali koleksi benda-benda sejarah yang bersifat penting dan punya andil besar bagi tanah Minangkabau sejak zaman dahulu.

Manasik Haji, Miniatur Kabbah

Kabbah mini Padang
Source : Rentalmobilpadang.co.id

Komplek asrama Haji yang berlokasi di Lubuk Minturun ini merupakan proyek pribadi milik H. Nuril Zakir beserta keluarganya. Terdapat mini Jannah di sini.

Tak ada salahnya untuk mengunjungi asrama ini bila kamu sedang berada di kota Padang. Dulu ketika kuliah di Padang, saya juga sering melewati dan mampir tempat ini.

Pemandian Lubuk Minturun

Pemandian Lubuk minturun
Source : Kidalnarsis.com

Masih di daerah yang sama dengan Asrama haji, sebuah pemandian di Lubuk Minturun yang menjadi wisata air bagi anak-anak pesantren Ar-Risalah.

Jika menelurusi sedikit lebih jauh lagi, ada sebuah pemandian bernama Lubuk Cermin, dengan air yang jernih, serta terdapat pula air terjun yang indah di lokasi ini.

Air Terjun Tiga Tingkat

Air terjun tiga tingkat
Source : Indolah.com

Tempat Wisata Di Padang berikutnya yakni air terjun tiga tingkat, lokasinya berada di Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir. Untuk sampai ke sini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari pusat kota Padang.

Air terjun ini berada di kawasan Bukit Barisan, dengan ketinggian lokasi sekitar 600 mdpl. Dengan begitu pemandangan dari atas sini sangat indah dan sejuk.

Belum lagi, air terjun ini memiliki 3 tingkatan. Bahkan, kamu juga bisa mendaki air terjun pertama untuk sampai ke puncak, namun medannya cukup licin dan terjal.

Lubuk Paraku

Pemandian Lubuk paraku
Source : Kidalnarsis.com

Lubuk Paraku adalah sebuah spot sungai pemandian yang jernih, sejuk dan berlokasi di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Saking jernihnya sungai ini, sampai-sampai disebut “sebening kristal”, padahal airnya cukup cukup deras karena diapit oleh batu-batu besar.

Kesegaran airnya disebabkan karena bersumber dari mata air perbukitan Bukit Barisan, dan berada di ketinggian sekitar 500-700 mdpl. Modal 5.000 rupiah saja, kamu bisa mandi sepuasnya.

Pulau Sirandah

Pulau sirandah padang
Instagram | @buya14

Tujuan Wisata di Padang selanjutnya adalah pulau Sirandah, sebuah pulau yang sangat indah dan berlokasi di Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat.

Ada 3 rute utama untuk bisa sampai ke sini, yakni dari Muara Padang, Pantai Bungus dan Pantai Desa Sungai Pisang dengan menyewa perahu yang selalu tersedia.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Payakumbuh

Pulau Sikuai

Gambar pulau sikuai
Instagram | @yusuf.liputo

Tak kalah indah dari Sirandah, pulau Sikuai juga menghadirkan keindahan wisata laut, pantai dan rindangnya pepohonan yang bergoyang dihembus angin laut. 

Untuk bisa sampai ke wisata Bahari yang satu ini, kamu bisa menggunakan perahu maupun speedboad. Tempat ini sangat ramai dikunjungi, terlebih ketika hari libur.

Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang
Source : Mongabay.co.id

Tempat Wisata yang ada Di Padang selanjutnya adalah sebuah air terjun dan spot pemandian bernama Lubuak Tampuruang, berlokasi di Gn. Sarik, Kecamatan Kuranji.

Air terjunnya memang tidak tinggi, yakni berukuran sedang, sehingga semua pengunjung bisa mandi dibawahnya bersama air jernih dan segar yang ditawarkan.

Lapangan Iman Bonjol

Lapangan imam bonjol
Instagram | @mane.kurz

Lapangan Iman Bonjol disebut sebagai alun-alun Kota Padang, berlokasi di Kecamatan Padang Selatan dan merupakan lapangan hijau terbuka yang indah.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat nongkrong bareng pacar atau teman-teman, sekadar menikmati udara segar perkotaan dan tempat berfoto-foto.

Taman Muaro Lasak

Tugu merpati taman Muaro lasak
Instagram | @minangtourism

Selanjutnya adalah sebuah taman indah berlatar belakang pantai bernama Muaro Lasak, berlokasi di Jl. Samudera, Rimbo Kaluang, Kec. Padang Barat.

Berdampingan dengan Pantai Padang, Muaro Lasak juga menghadirkan pemandangan lepas pantai yang indah. Di sini, ada pula sebuah monumen bernama Tugu Perdamaian.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Padang Panjang

Demikianlah, ulasan mengenai Tempat Wisata Di Padang paling populer dan sayang jika dilewatkan. Terima kasih. (Ref).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *