15+ Tempat Wisata Di Pasaman Timur, Masih Banyak Yang Tersembunyi

· 4 min read
Tempat Wisata Di Pasaman Timur

Bagi kamu yang berdomisili asli Sumatera Barat, mungkin belum mengenal banyak mengenai Tempat Wisata Di Pasaman Timur ini, apalagi yang berada dari luar daerah / provinsi. Namun tenang, Minangku telah merangkumnya secar lengkap.

Sepertinya, kabupaten hasil pemekaran yang satu ini belum begitu banyak diekspos secara publik, terbukti dari sedikitnya data yang bisa dijumpai di Mesin Pencari, terkait artikel mengenai Objek Wisata Pasaman Timur terbaru ini.

Tetapi, setelah mengeksplorasi lebih jauh, terdapat cukup banyak juga Destinasi Wisata di Pasaman Timur yang tersembunyi ataupun yang selalu ramai wisatawan. Namun sebelum lanjut, baiknya kenali dulu profil singkat dari kabupaten ini, di bawah ini.

Tempat Wisata Di Pasaman Timur Terbaru Dan Paling Populer 2020

Pasaman Timur merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian timur provinsi Sumatera Barat, dsn beribukota Lubuk Sikaping. Kabupaten ini memiliki luas 3.947,63 km² dan berpenduduk sekitar 253.299 (sensus 2010).

Komoditas utama dari kabupaten ini adalah sektor tanaman pangan, dan yang paling dominan yakni Kelapa Sawit. Namun meski terkesan gersang, terdapat hutan lindung yang terkenal, serta beberapa Tempat Wisata di Pastim yang tersohor. Berikut, penjelasannya.

Bayang Aia

Tempat Wisata Di Pasaman Timur
Source : Instagram | @prayedno10

Destinasi ini merupakan salah satu Tempat Wisata Di Lubuk Sikaping sekaligus ibukota kabupaten ini, lokasi tepatnya ialah di Nagari Pauh. Ini merupakan salah satu objek kategori air yang keadaannya masih asli, alami terjaga dan tentunya sangat indah.

Keindahan yang disuguhkan pasti mampu memanjakan mata, mulai dari airnya yang jernih, tebing-tebing pembatas badan sungai yang tinggi serta terdapat pula air terjun kecil. Dari sini, kita juga bisa menyaksikan pemandangan Bukit Barisan secara bebas dan terbuka.

Air Terjun Ciracai

Air terjun Ciracai
Source : Instagram | @reskipermataaji

Berikutnya ada air terjun yang bernama Ciracai. Bukan main, aliran terjunan airnya bukan hanya satu, namun ada tujuh buah. Tetapi jika ingin melihat semuanya secara langsung, kamu harus melewati rute yang rumit dengan medan jalan yang ekstrim.

Hal ini memang tidak semua orang bisa melakukan, namun bagi kamu pecinta adrenalin, tantangan ini boleh juga di coba. Lagipula, rasa penat akan hilang setelah berhasil menaklukkannya. Tapi bila kamu hanya sekadar ingin bersantai dan saja, tingkatan pertama saja sudah cukup.

Rimbo Panti

Tempat Wisata Di Pasaman Timur
Source : Instagram | @ayickha_afridha

Mungkin, Ikon Tempat Wisata di Pasaman Timur yang paling terkenal adalah Rimbo Panti ini, berlokasi di Panti, yang sekaligus juga menjadi area pelintasan jalan lintas Sumatera. Taman ini merupakan cagar alam dengan pemandangan hutan lebat, asri, rimbun dan tropis.

Selain bisa melihat satwa-satwa liar dan hamparan pohon-pohon besar, di lokasi ini juga terdapat 10 buah tempat pemandian air panas. Uniknya, pengunjung bisa merebus telur ayam langsung dari sumber mata air, karena suhunya ada yang mencapai 100°C.

Setelah ditetapkan sebagai cagar alam sejak tahun 1979 oleh pemerintah, lokasi Wisata Rimbo Panti ini menjadi rumah bagi banyak sekali flora dan fauna sumatera, termasuk yang langka dan terancam punah, seperti Harimau Sumatera, beruang madu, tapir, siamang dan murai.

Puncak Tonang

Puncak Tonang Pasaman
Source : Instagram | @explore_sumbar

Nah, dari hutan lebat nan gelap, kita beralih ke sebuah taman bunga yang indah dan menakjubkan, bernama Puncak Tonang yang berlokasi di Lubuk Sikaping. Objek ini merupakan destinasi paling ramai dikunjungi setiap harinya.

Daya tarik dari taman ini adalah hamparan beranekaragam bunga dalam jumlah yang luas dan banyak, yang tentunya bisa menyejukkan hati dan memanjakan pandangan mata. Sangat cocok pula menjadi tujuan rekreasi bersama keluarga dan pasangan.

Selain itu, tersedia pula spot-spot berswafoto yang berada di beberapa titik. Tentunya kamu tidak mau ketinggalan momen spesial ketika berkunjung ke lokasi ini. Wisata Puncak Tonang akan sangat ramai ketika memasuki musim liburan, hari Minggu hingga lebaran.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Mentawai

Museum Imam Bonjol

Tempat Wisata Di Pasaman Timur
Source : Instagram | @alexbelek

Siapa yang tidak kenal dengan Tuanku Imam Bonjol, salah satu pahlawan Nasional Indonesia dengan perang Padri yang sangat fenomenal? Beliau ternyata berasal dari Bonjol, kabupaten Pasaman. Lokasi museum ini terletak di Jl. Lintas Sumatera, Bonjol, Ganggo Hilia.

Tempat Wisata Favorit di Pasaman berupa museum ini, terdapat banyak sekali koleksi barang dan alat-alat peninggalan beliau semasa berjuang melawan Belanda. Kesan yang timbul seakan-akan membawa kita kembali ke masa lalu. Bila kamu berkunjung ke Bonjol, museum ini wajib dikunjungi pastinya.

Monumen Equator Khatulistiwa

Objek Wisata di rao
Source : Wartawisata.id

Tempat Wisata Di Pasaman Timur berikutnya ialah monumen Equator Khatulistiwa, atau lebih akrab disebut Tugu Khatulistiwa. Tugu ini menjadi tanda bahwa Kabupaten ini berada pada garis tengah bumi. Monumen ini berbentuk bola dunia dengan 3 tiang penyangga.

Lokasi monumen ini terletak tidak terlalu jauh dari Museum Imam Bonjol. Uniknya lagi, setiap wisatawan yang datang ke sini, para pengelola akan memberikan sertifikat sebagai tanda bahwa kamu sudah pernah menginjakkan kaki di garis tengah bumi. Menarik sekali, bukan?

Baca Juga : Tempat Wisata Di Bukittinggi

Bukit Teletubbies

Tempat santai Pasaman Timur
Source : Abdulrahmanluthfiansyah.blogspot.com

Bukit Teletubbies atau Bukit Tujuah berada di Obom, Kecamatan Rao Selatan. Sesuai dengan namanya, objek wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan perbukitan yang indah, layaknya tempat bermain Teletubbies yang kita tonton di masa kecil dahulu.

Untuk sampai ke lokasi ini, kita hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam dari kecamatan Rao. Spot Bukit Teletubbies menjadi tempat terbaik berswafoto bagi kamu pecinta background bentang alam. Orang-orang bahkan menganggap bahwa lokasi ini adalah surga tersembunyi Sumatera Barat.

Prasasti Kubu Sutan

Objek Wisata Pasaman Timur
Source : Sumbarbagus.blogspot.com

Tempat Wasata Favorit di Pasaman Timur selanjutnya yakni situs prasasti yang bernama Kubu Sutan. Situs ini berada di desa Lubuk Layang, Kecamatan Rao dengan ukuran 5×5 meter persegi. Prasasti ini bercerita tentang dua tokoh terkenal masa lalu yakni Jayawarman dan Jayendrawarman.

Bentuk prasasti ini berbeda dengan prasasti lainnya, di mana sebagian badannya terpendam di dalam tanah, juga posisinya yang agak sedikit miring. Prasasti ini ditemukan tahun 1970 dan terpahat pada batu pasir.

Candi Tanjung Medan

Objek Wisata Pasaman Timur
Source : Wikipedia.org

Selain prasasti, di Pasaman Timur ini juga bisa ditemukan candi bernama Tanjung Medan. Lokasinya berada sekitar 100 m dari Jalan Lintas Lubuk Sikaping – Medan. Lokasi candi ini dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit dan juga karet.

Benteng Van Amerongen

Berikutnya ada sebuah benteng yang dulunya milik Mayor Belanda bernama Van Amerongen, untuk melindungi dirinya dari serangan pasukan Imam Bonjol. Bentuk benteng ini berupa parit yang menyerupai tapal kuda.

Baca Juga : 45+ Tempat Wisata Di Agam

Bukik Komoyen

Objek Wisata Pasaman Timur
Source : Posmetropadang.co.id

Tempat Wisata Di Pasaman Timur berikutnya yakni Bukik Komoyen, merupakan destinasi wisata di kabupaten Pasaman yang hingga kini masih belum terkespos dengan baik, padahal sangat potensial jika sudah berhasil dikembangkan. Kendala terbesar adalah soal akses menuju ke sana yang masih mengkhawatirkan.

Lokasi wisata bukik Komoyen ini berada di Bukoreh, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman. Saat ini, pemerintah setempat sedang berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi yang ada.

Lubuk Bonta

Destinasi wisata di Lubuk Sikaping
Source : Wisato.id

Berikutnya ada sebuah telaga tempat pemandian dan rekreasi yang menyejukkan bernama Lubuk Bonta, yang berlokasi di kabupaten Pasaman. Di sini terdapat banyak jenis ikan yang bisa kamu ajak untuk berenang bersama. Sayangnya, tempat ini tidak dirawat dengan serius.

Meski banyak ikan yang berukuran besar, setiap wisatawan dilarang keras untuk menangkap atau memancingnya, karena menurut kepercayaan warga setempat, siapa yang berani menangkapnya akan terkena musibah yang tidak diduga-duga.

Air Terjun Tanjung Betung

Objek Wisata Alam Pasaman Timur selanjutnya adalah sebuah air terjun yang indah dan menyejukkan bernama Tanjung Betung, lokasinya berada di Betung, Rao Selatan, Pasaman Timur. Meski airnya tidak terlalu tinggi, namun sangat cocok dijadikan tempat bersantai melepas penat.

Benteng Bukit Tajadi

Tujuan Rekreasi di panti
Source : Situsbudaya.id

Bila berkunjung ke Bonjol, tidak lengkap rasanya bila tidak mampir dulu di bukit Tajadi ini. terletak di Tanjung Bungo, Nagari Tanjung Hilia, Kecamatan Bonjol. Memang tidak terlihat istimewa, namun ada cerita sejarah yang melekat dengan bukit ini.

Tempat ini dahulunya dijadikan sebagai benteng pertahanan sekaligus lokasi pemantauan musuh oleh pasukan Tuanku Imam Bonjol. Dengan mengunjungi tempat ini, kita akan merasakan sensasi masa lalu yang kental, serta identik dengan nasionalisme.

Taman Tugu Perjuangan

Yang terakhir ada taman bernama Tugu Perjuangan, yang berlokasi di pusat kota Lubuk Sikaping. Fasilitas di taman-taman ini memang tidak begitu terawat, namun pemerintah setempat sudah mulai bergerak aktif dalam mengupayakan berbagai hal terkait pengembangan destinasi potensial ini.

Yuk, Baca Juga 30+ Tempat Wisata Terbaik Pasaman Barat ini.


Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai beberapa rekomendasi Tempat Wisata Di Pasaman Timur yang tersembunyi, terbaru dan paling populer. Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi utama bagi kamu yang hendak berkunjung ke kabupaten ini. Terima kasih. (Ref).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *