√ Vaksin COVID-19 Indonesia : Tahapan Uji Bagi Para Relawan

· 2 min read
Vaksin covid-19 Indonesia

Vaksin COVID-19 Indonesia – (Minangku) | Jumlah pasien covid-19 di Indonesia kini semakin bertambah, walaupun jumlah pasien sembuhnya pun semakin banyak dan terus bertambah.

Namun jumlah pasien yang terkena covid-19 ini juga tak kalah banyaknya. Itulah sebabnya Indonesia juga menggunakan vaksin covid-19 Indonesia yang diharapkan bisa menjadi pencegah bagi orang-orang yang belum atau tidak terkena virus berbahaya tersebut.

Ada dua pilihan vaksin covid-19 yang akan digunakan di Indonesia nantinya, dan untuk saat ini masih dalam tahap percobaan pada para relawan.

Vaksin yang pertama adalah jenis vaksin merah putih yang dikembangkan langsung oleh Kementrian Riset dan Teknologi. Sedangkan yang kedua adalah jenis vaksin yang dikembangkan secara kerjasama internasional.

Tahapan dan Tata Cara Pemberian Vaksin Covid-19 Indonesia ke Para Relawan

Untuk saat ini, Indonesia masih berada di tahap pengujian vaksid covid-19 tersebut. Uji klinis vaksin virus corona ini telah berlangsung di beberapa titik lokasi di Kota Bandung. Hingga saat ini, sudah diikuti oleh seribu lebih relawan.

Cara kerjanya hampir sama dengan cara kerja pada vaksin secara umum. Jenis vaksin covid-19 ini, nantinya akan menstimulasi sistem imun yang ada pada tubuh. Maka vaksin tersebut akan memberikan kekebalan atau senjata untuk melawan virus itu sendiri.

Berikut ini beberapa tahapan serta cara pemberian vaksin covid-19 yang diberikan kepada relawan :

Pembekalan Materi pada Setiap Relawan

Langkah pertama pemberian vaksin covid-19 ini adalah dengan membekali relawan materi mengenai vaksin. Dokter yang bertugas untuk memberikan vaksin akan menjelaskan kepada relawan, segala macam informasi yang berhubungan dengan vaksin, bagaimana cara kerja vaksin tersebut, sampai efek vaksin itu sendiri pada tubuh.

Tujuan dari diberikannya pembekalan ini adalah supaya para relawan bersedia diberikan vaksin, tanpa ada paksaan apapun dan dengan kesadaran penuh.

Mereka juga harus menerika apapun risiko yang nanti dihadapi. Relawan tersebut juga sudah setuju dan harus menandatangani surat pernyataan mengenai bersedia menerima vaksin tersebut.

Mengambil Sampel Swab

Jika para relawan itu sudah diberi pembekalan mengenai informasi terkait vaksin, maka tim medis yang bertugas saat itu akan mengambil sampel swab dari relawan tersebut.

Hasil dari tes swab pun akan dikirim ke laboratorium Universitas Padjajaran Bandung, kemudian akan diproses selama 2 hari. Hasil dari pemeriksaan tes swab tersebut tentu tidak bisa diketahui secara langsung, sehingga membutuhkan waktu untuk diteliti kembali.

Kondisi Relawan akan Diperiksa Dahulu Sebelum Diberi Suntik Vaksin

Setiap relawan juga harus diperiksa terlebih dahulu bagaimana kondisi kesehatannya, sebelum disuntik vaksin. Dimulai dari pemeriksaan kesehatan fisiknya, rapid test, dan juga tekanan darahnya. Supaya tim medis juga yakin bahwa relawan yang akan diberi vaksin covid-19 memang sehat dan memenuhi standar kualifikasi yang ada.

Para relawan pun akan diminta untuk menandatangani surat pernyataan bahwa ia bersedia menerima vaksin tersebut. Setelah itu relawan baru akan disuntik vaksin jika sudah dinyatakan sehat.

Tahapan Sesudah Disuntik Vaksin

Dua minggu kemudian setelah para relawan disuntik dengan vaksin, maka relawan juga harus datang ke lokasi penyuntikan untuk diberi kembali vaksin berikutnya. Masih dengan prosedur pemeriksaan kondisi kesehatan relawan tersebut.


Hasil uji klinis ribuan relawan yang menerima vaksin covid-19 tersebut baru akan keluar hasilnya di tahun 2021 mendatang.

Jika uji klinis vaksin pada tahap ke-3 berhasil, maka pemerintah akan memproduksi vaksin covid-19 tersebut secara massal supaya pasien positif dapat tertolong.

Para relawan yang telah menerima vaksin covid-19 ini juga akan terus dipantau setiap 3-7 hari sekali. Bahkan mereka juga dipantau ketat karena hasil atau reaksi tubuh akan sangat memengaruhi kondisi penyebaran virus corona di Indonesia.

Apabila hasil uji vaksin covid-19 ini sukses maka pemerintah pun akan memberlakukan vaksin tersebut secara resmi. Semoga dengan adanya vaksin ini, penyebaran virus corona bisa semakin diredam dan melindungi masyarakat Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vaksin Covid 19 Indonesia, bisa Anda peroleh langsung dari sumber dan data yang valid yaitu di Halodoc. Situs kesehatan terpercaya yang dikelola langsung oleh para dokter atau tenaga medis terkait. Anda juga bisa memperoleh informasi kesehatan apa saja di situs Halodoc tersebut.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai Vaksin Covid 19 Indonesia, semoga bisa bermanfaat. Tetap patuhi protokol kesehatan, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *