Tari Nyiru, Properti Penampi Beras Yang Unik Dari Minang

· 1 min read
Tari Nyiru Sumatera Barat

Tari Nyiru – Provinsi Sumatera Barat yang penduduknya didominasi oleh Suku Minangkabau memang terkenal dengan ragam adat dan Budayanya. Diantaranya yang paling terkenal hingga menjadi ciri khas daerah tersebut adalah di bidang Seni Tari. Ada cukup banyak jumlah Tari Tradisional Sumatera Barat yang berkembang.

Salah satu diantaranya Tari nyiru adalah tarian yang berasal dari Sawahlunto. Berikut, penjelasan lengkap mengenal latar belakang, properti, gerakan, kostum dan iringan musiknya. Silakan simak ulasan ini sampai selesai dan semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua. Check this out…

Latar Belakang

Jika kita mencari informasi mengenai Sejarah Tari Nyiru di Internet, memang tidak ada penjelasan yang pasti. Namun, tarian ini sudah ada sejak lama. Menurut saya pribadi jika dilihat dari propertinya yang menggunakan nyiru, terciptanya tarian ini merupakan simbol rasa syukur atas panen padi yang melimpah.

Karena seperti yang kita tahu, Nyiru merupakan alat tradisional sebagai penampi beras, yang berguna untuk memisahkan beras dengan arah dan kotoran lainnya. Caranya dengan melempar beras yang berada di dalamnya ke atas secara pelan dan rendah. Kegiatan ini akan dilakukan masyarakat sebelum beras di masak.

Berdasarkan beberapa video yang saya telusuri di platform Youtube, Tarian Nyiru dimainkan dengan jumlah genap, biasanya 6-8 orang, dengan formasi campuran antara perempuan dan laki-laki. Gerakannya sangat lincah dan dinamis, diiringi oleh alat-alat musik tradisional Minang seperti Talempong, Aguang dan lainnya.

Properti Tari Nyiru

Sama halnya seperti jenis tarian lainnya di Indonesia, Tari asal Minangkabau yang satu ini juga menggunakan properti dalam pertunjukannya. Yang paling utama tentulah Nyiru itu sendiri, atau lebih dikenal dengan nama Tampah. Umumnya, tampah dibuat dari belahan batang pohon berbentuk bundar dengan diameter berbeda-beda.

Selain sebagai penampi beras, Nyiru / tampah juga difungsikan sebagai alat untuk tempat kue ketika berjualan, dijunjung dan diletakkan di atas kepala. Selain Tari Nyiru ditarikan dengan menggunakan properti tampah, juga menggunakan kostum khusus yang dirancang untuk para pemeran tarian ini. Oh iya, tarian ini masuk dalam jenis Tari Kreasi.

Baca Juga : Tari Piring

Gambar Tarian Nyiru

Berikut, adalah beberapa gambar tari menggunakan Tampah / Nyiru yang saya ambil dari Internet :

Properti Tari Nyiru
Palantabudaya.blogspot.com
Tari Nyiru berasal dari Minangkabau
Palantabudaya.blogspot.como
Tari tradisional Sumatera barat
YouTube.com
Tradisi tarian daerah minang
Fakoreanshare.blogspot.com
Tarian asal Minangkabau
Palantabudaya.blogspot.com

Asal Daerah Tari Nyiru

Dilansir dari beberapa informasi di media maya, tarian ini memang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Namun juga terdapat di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, tarian yang menggunakan properti ini juga ada beberapa di provinsi lain. Nyiru yang digunakan tidak selalu berbentuk bundar, ada juga yang petak.

Baca Juga :

Dikarenakan informasi yang bisa digali mengenai tarian ini tidak terlalu banyak tersedia, sehingga yang dapat saya sajikan hanya sedikit di atas saja. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama mengenai Tari Nyiru dan saya akhiri dengan ucapan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *