4+ Contoh Percakapan Bahasa Minang Dengan Teman

· 4 min read
Contoh percakapan bahasa Minang dengan teman

Pada artikel ini, saya telah merangkum beberapa Contoh Percakapan Bahasa Minang dengan Teman baik secara langsung, maupun Online di kehidupan sehari-hari.

Bahasa Minangkabau adalah salah satu bahasa daerah di Indonesia dari Sumatera Barat, yang keberadaannya cukup populer dan tersebar di seluruh daerah di tanah air.

Sehingga, tidak heran bila kamu akan sering mendengar Dialog Bahasa Padang dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika berada di tempat umum seperti pasar, kampus atau mall.

Hal ini tidak terlepas dari tradisi turun-temurun di Minangkabau yang masyarakatnya suka merantau, sehingga obrolan bahasa Padang / Minang ini akan sering kita jumpai.

Nah, Jika kamu penasaran dengan apa yang mereka bahas dan ucapkan jika berbicara, berikut saya beri beberapa Contoh percakapan dalam bahasa Minang dengan teman secara umum.

Percakapan Bahasa Minang Dengan Teman Online

Percakapan bahasa Minangkabau dengan teman
Source : Pekanbaru.tribunnews.com

Contoh yang pertama adalah percakapan dengan orang yang berbahasa Minang melalui online, misalnya seperti media sosial dan game.

Anggap saja pada kasus ini, kedua belah pihak sedang membicarakan tentang buka bersama pada bulan puasa, sekalian reunian teman seangkatan SMA.

Pihak A sedang merantau di kota Bogor dan merencanakan ingin pulkam seminggu lagi. Sedangkan pihak B berada di kampung halamannya di Kota Padang.

Maka contoh percakapan Bahasa Minang jadi seperti berikut :

A : Assalamualaikum kawan, bilo jadinyo pulang kampuang ka Padang?
(Assalamualaikum bro, kapan jadinya pulang kampung ke Padang?)

B : Waalaikumsalam kawan, Insya Allah hari Sanayan ko kok ndak ado halangan. Baa tu?
(Waalaikumsalam bro, Insya Allah hari Senin kalo gak ada halangan. Kenapa tuh ?)

A : Jadi mode ko, kawan-kawan Alumni SMA wak ka ma’adoan buko puaso basamo di Taplau duo hari sabalum hari Rayo, lai bisa ikuik kawan tu agak-agak ?
(Jadi gini, teman-teman alumni SMA kita bakal ngadain Buka Puasa Bersama di Taplau 2 hari sebelum lebaran, kamu bisa ikut gak tuh kira-kira?)

B : Awak usahoan kawan, awak lah rindu juo samo kawan-kawan nan lain nyo, alah sataun lo indak basobok Samo urang tu.
(Aku usahakan ya bro, aku juga udah rindu sama teman-teman yang lain, udah setahun juga gak ketemu dengan mereka).

A : Oke oke kawan, jadi beko bia wak kaba’an ka pengurusnyo untuak mamasuak’an namo kawan ka daftar peserta nan ikuik”.
(Oke bro, jadi nanti biar aku kabarin ke pengurus agar memasukkan nama kamu ke daftar peserta yang ikutan).

B : Jadi kawan, mokasih banyak dih.
(Oke bro, makasih banyak ya).

A : Samo-samo, kawan.
(Sama-sama, bro).

Keterangan :

Pada Contoh Percakapan Bahasa Minang Dengan Teman di atas, ada beberapa hal yang perlu saya jelaskan :

  • Sanayan = artinya “Senin”. Sebenarnya kamu juga bisa memakai kata “Senin”, tidak harus menggunakan kata ini, namun orang-orang yang berbahasa Minang umumnya mengucapkan kata “Sanayan” ke sesama orang Minang lainnya
  • Taplau = adalah singkatan dari “Tapi Lauik” / Tepi laut, sebuah tempat wisata Pantai yang populer di Kota Padang
  • Jadi = Dalam konteks mengutarakan ‘rasa setuju’ terhadap sesuatu, orang Minang sering menggunakan suku kata “Jadi”, dengan maksud meng-iya-kan argumen lawan bicaranya.

Baca Juga : Kata-kata Jorok Bahasa Minang

Percakapan Bahasa Minang Dengan Teman di Tongkrongan

Tongkrongan itu identik dengan orang banyak, dan biasanya terjadi di tempat-tempat yang ramai seperti warung kopi, Cafe, tempat wisata dan sejenisnya.

Yang namanya tongkrongan sudah pasti terkesan heboh, ribut dan penuh dengan canda tawa. Tapi itu dulu ya, kalau sekarang mah malah sibuk main game semua hehehe.

Berikut adalah contoh percakapan bahasa Minang dengan teman di tongkrongan, kita anggap saja mereka Sedang membahas mengenai susahnya mencari kerja :

Ops, tunggu dulu, tapi percakapan di bawah ini jangan dianggap serius ya, ini hanya sebagai contoh saja, yang artinya hanya fiktif semata.

(A) : Huh, antahlah kawan, makin lamo makin payah se mancari karajo, apolai awak nan cuman tamaik SMA ko.
(Huh, entahlah bro, makin lama makin susah aja mencari kerja, apalagi kita yang cuman tamat SMA ini).

(B) : Bana, awak se alah 5 bulan manganggur siap di PHK patangko dek ulah Corona ko a, Ndak tau kok kama ka mancari karajo lai, sadangkan awak paralu juo pitih.
(Betul, aku aja udah 5 bulan menganggur setelah di PHK beberapa waktu yang lalu karena Corona ini, gak tau mau kemana lagi nyari pekerjaan, sedangkan kita tetap butuh duit).

(A) : Baa lai kawan, ndak lo banyak nan bisa wak buek doh, cuman bisa bado’a ka Tuhan supayo capek diangkek virus Corona ko a.
(Gimana lagi bro, nggak banyak yang bisa kita perbuat, cuman bisa berdo’a kepada Tuhan supaya cepat diangkat virus ini.

(B) : Iyo kawan, lagian alah indu lo keadaan mode dulu mah, nan kama-kama ndak ado hambatan do. Lagian awak pun nio baliak ka rantau untuak mencari karajo disinan liak.
(Iya bro, lagian udah jangan juga keadaaan kayak dulu, yang kemana-mana gak ada hambatan, udah gitu aku juga ingin segera balik ke rantau untuk mencari kerja di sana lagi)

(A) : Batua bana kawan, kini nio kalua rumah se awak lah maraso takuik. Awak pun rencana ka pai marantau lai kok Pandemi lo alah usai.
(Betul sekali bro, sekarang mau keluar rumah aja kita udah ngerasa takut. Aku pun rencana mau pergi merantau juga kalo Pandemi ini udah usai).

Baca Juga : Percakapan Bahasa Minang Dengan Pacar

Percakapan Bahasa Minang Dengan Teman Sekelas

Dialog bahasa Padang dengan teman
Source : Popmama.com

Yang namanya sekolah, ngobrol di kelas adalah hal yang lumrah, meskipun sebenarnya dilarang karena kita harus fokus mendengarkan guru yang sedang mengajar.

Nah, percakapan bahasa Padang dengan Teman di bawah ini adalah ilustrasi di mana ketika itu guru tidak masuk, sehingga para siswa-siswi memiliki jam kosong, lalu dua siswa diantaranya saling ngobrol membahas tentang PR :

(A) : Kawan, PR Matematika untuak hari Rabu punyo kawan, alah siap ato alun?
(Bro, PR Matematika untuk hati Rabu, punya kamu udah siap atau belum?)

(B) : Ndeh iyo, lupo wak kawan, alun siap lai. Beko se lah pas pulang wak karajoan di rumah kawan baa?
(Duh iya, aku lupa bro, masih belum siap. Nanti aja pas pulang kita kerjain di rumah kamu gimana?)

(A) : Jadi juo, beko se lah, wak tunggu kawan di rumah wak pas sore dih.
(Oke juga, nanti aja lah, aku tunggu kamu di rumahku nanti sore ya).

(B) : Jadi kawan, beko datang Wak ka rumah kawan siap Sholat Ashar.
(Oke bro, nanti aku datang ke rumah kamu habis sholat Ashar ya)

(A) : Jadi kawan.
(Baik bro).

Baca Juga : Kamus Bahasa Minang dan Artinya

Dialog Bahasa Padang Di Keluarga

Setelah contoh percakapan secara online, di tongkrongan dan di sekolah, berikut ini adalah obrolan berbahasa Minang yang terjadi di keluarga.

Contoh percakapan bahasa Minang dengan teman di bawah ini menceritakan tentang seorang ayah dan ibu, yang menanyakan bagaimana proses belajar hari ini kepada anaknya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, ketika sedang makan siang :

Keterangan :
A : Ayah
B : Ibu
C : Anak

(A) : Diak, baraja apo tadi di sikola? Lai ado diagiah apak guru tu PR ndak?
(Dek, belajar apa tadi di sekolah? Ada gak pak guru nya ngasih PR?)

(C) : Tadi baraja Matematika samo ma’apa Surat Pendek yah. PR ado juo, PR Bahasa Indonesia nan ka dikumpua’an hari Kamis ko.
(Tadi belajar Matematika sama menghapal Surat Pendek yah. PR ada juga, PR Bahasa Indonesia yang bakal dikumpulin hari Kamis ini).

(A) : Ma’apa surat apo tadi du? Lai dapek nyo kan?
(Ngapal surat apa tadi du? Udah hapal kan?)

(C) : Lai yah, Surat Al-fiil jo Surat Al-Falaq
(Hapal yah, Surat Al-fiil dan Surat Al-Falaq).

(B) : Beko malam siap sumbayang Magarik, karajoan PR tu dulu dih, siap sholat Isya baru lalok.
(Nanti malam siap sholat Magrib, kerjakan PR nya dulu ya, terus siap sholat Isya baru tidur).

(B) : Iyo bu
(Iya bu)


Baca juga : Contoh Percakapan Perkenalan Dalam Bahasa Minang

Penutup

Dalam bahasa Minangkabau, ada banyak sekali suku kata dan istilah dalam kalimatnya yang memiliki makna beragam, sehingga kadang susah untuk memahaminya.

Bahkan dalam 1 suku kata, bisa saja memiliki beberapa arti yang sangat berbeda, tergantung kalimat, penempatan, serta keadaan saat itu.

Nah, demikianlah beberapa Contoh Percakapan Bahasa Minang Dengan Teman dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih. (Ref).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *