5+ Contoh Percakapan Bahasa Minang Dengan Pacar

· 4 min read
Percakapan bahasa Minang dengan Pacar

Percakapan Bahasa Minang Dengan Pacar – Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci langgengnya sebuah hubungan asmara, baik yang LDR maupun bukan.

Untuk memperlancar komunikasi, orang-orang biasanya akan lebih memilih untuk menggunakan bahasa daerah mereka, terutama bila berasal dari wilayah tempat tinggal yang sama.

Sebagai contoh, bila masing-masing mereka berasal dari Padang, maka bahasa yang akan digunakan adalah Dialog Bahasa Padang dengan Pacar meskipun salah satunya merantau jauh.

Namun bagaimana jika berbeda daerah asal? Maka umumnya mereka akan memakai bahasa Indonesia. Nah, di bawah ini adalah Contoh Percakapan Bahasa Minang dengan Kekasih di kehidupan sehari-hari.

Beberapa Contoh Percakapan Bahasa Minang Dengan Pacar

Mengapa saya membuat postingan ini? Karena saya melihat cukup banyak juga orang-orang yang penasaran dan mencarinya di Google. Nah, semoga artikel ini bisa menjadi jawaban.

Menanyakan Kabar

Percakapan bahasa Minang dengan Pacar
Source : Pixabay.com

Dalam hubungan asmara, sulit rasanya jika harus bertemu setiap saat, lagipula hal tersebut akan cepat mendatangkan kebosanan. Semakin jarang bertemu, maka semakin sering kita menanyakan kabar.

Wajar saja, selain ingin tahu bagaimana keadaan kekasih saat jauh dari kita, hal ini juga merupakan cara menunjukkan rasa perhatian. Berikut, contoh percakapan bahasa Minang dengan Pacar ketika bertanya kabar :

(A) : Halo, Assalamualaikum
(B) : Waalaikumsalam.

(A) : Ba’a kaba diak? Lai sehat-sehat se nyo kan?
(Gimana kabarnya dek? Ada sehat-sehat aja kan?)

(B) : Alhamdulillah lai da, sehat-sehat se adiak nyo. Uda Ba’a kaba? Alah cegak dalam patang tu ?
(Alhamdulillah bang, adek sehat-sehat aja kok. Abang gimana? Udah sembuh belum, demam yang tempo hari?)

(A) : Syukurlah kok sehat-sehat se diak. Alah jauah mendingnyo diak dibandiangkan malam kapatang. Kini alah salero makan, kalua rumah pun alah bisa.
(Syukurlah kalo sehat-sehat aja dek. Udah jauh mendingan dibanding malam kemaren. Sekarang udah selera makan, keluar rumah juga udah bisa)

(B) : Abih’an ubek nan diagiah dokter tu yo da, jan paso-paso bana lu kalua rumah tu, tunggu lah cegak elok dulu.
(Abisin obat yang dikasih dokter tu ya bang, jangan terlalu dipaksakan sekali keluar rumah, tunggu sembuh sepenuhnya dulu)

(A) : Iyo diak, jadi.
(Iya dek, oke)..

Keterangan :

  • Uda = Dalam bahasa Minang, Uda merupakan panggilan bagi orang yang lebih tua dari kita secara umum. Seperti kasus di atas, si wanita memanggil sebutan “Uda” ke pria yang juga merupakan kekasihnya
  • Uda = Panggilan kata “Uda” ini juga sering dipakai sebagai ganti kata “Sayang”, yakni panggilan ke pacar, kekasih atau suami
  • Ba’a = Suku kata “Ba’a” ini diartikan sebagai “Bagaimana / gimana”. Selain itu, kamu juga bisa memakai kata “Apo” yang artinya “apa”.

Mengajak Jalan-Jalan

Demi menjaga hubungan agar tetap langgeng, sepasang kekasih pasti akan sering bertemu, setidaknya sekali dalam seminggu, dengan catatan bukan LDR.

Nah, berikut ini adalah contoh percakapan bahasa Minang dengan Pacar ketika membuat janjian untuk jalan-jalan di suatu waktu dan ke suatu tempat.

Oh iya, pada percakapan kali ini, saya akan memakai kata “Sayang”, agar terkesan lebih mesra dan romantis, serta lebih memperjelas status mereka :

(A) : Sayang, hari Kamis uda cuti karajo, apo kegiatan adiak di situ? Kok kosong, Uda nio ma’ajak adiak pak main-main.
(Sayang, hari Kamis Abang cuti kerja, apa kegiatan adek hari itu? Kalo gak ada, Abang mau ngajak adek pergi jalan-jalan).

(B) : Kok hari Kamis ndak ado do sayang, kosong nyo. Adiak amuah se nyo, tapi kama yo da? Soalnyo adiak ndak Lo buliah pulang sampai malam do.
(Kalo hari Kamis gak ada sayang, kosong kok. Adek sih mau aja, tapi kemana bang? Soalnya adek juga gak boleh pulang sampai malam).

(A) : Syukurlah kok mode tu yank, rencana nio ma’ajak adiak ka Puncak Lawang Bukittinggi, kan Ndak jauah bana tu doh, paliang lamo pulangnyo jam 5 sore diak.
(Syukurlah kalo begitu yang, rencana mau ngajak adek ke Puncak Lawang Bukittinggi, kan gak terlalu jauh tuh, palingan pulangnya jam 5 sore.

(B) : Jadi yank kok mode tu. Tapi Kito minta izin juo lah lu ka amak jo abak adiak, bia ndak kailangan urang tu.
(Oke yank kalo gitu. Tapi kita minta izin juga lah dulu ya sama ibu dan bapak, biar nanti mereka gak ngerasa kehilangan gitu).

(A) : Iyo sayang, aman tu nyo, Tanang se lah.
(Oke sayang, aman itu mah, jangan khawatir)

(B) : Iyo yank, adiak tunggu yo.
(Baik yank, adek tunggu ya)

(A) : Iyo sayang.
(Iya sayang).

Keterangan :

Ada beberapa suku kata berbeda yang memiliki arti yang sama, diantaranya :

  • Main-main = Dalam bahasa Minang, suku kata ini juga diartikan sebagai “jalan-jalan”, jadi bukan bermakna negatif
  • Amuah = Sedangkan kata “Amuah” ini artinya adalah “Mau”, tapi kamu juga bisa memakai kata “Nio”.

Baca juga : Kata-kata Kotor Bahasa Minang

Gombalan Bahasa Minang

Dialog bahasa Padang dengan kekasih
Source : Idntimes.com

Contoh Dialog Bahasa Minang dengan Pacar selanjutnya adalah mengenai Gombalan untuk sang kekasih, di mana pada percakapan ini yang menggombal adalah sang pria.

Meskipun zaman sekarang gombalan tidak lagi begitu sering terdengar, namun nyatanya juga bisa bersifat penting pada waktu-waktu tertentu.

Nah, di sini, anggap saja sepasang kekasih pada percakapan di atas akhirnya pergi jalan-jalan, dan sekarang sedang berada di lokasi Puncak Lawang Bukittinggi tersebut :

👩 : Rancak bana pemandangan di siko yo da
(Bagus banget pemandangan di sini ya bang)
👦 : Iyo diak, sabana rancak. Tapi dek kini sadang di sampiang adiak, Mato Abang fokus ka adiak se nyo, soalnyo jauah labiah rancak.
(Iya dek, bagus banget. Tapi karena sekarang lagi di samping adek, mata Abang cuman fokus ke adek aja, soalnya jauh lebih indah)

👩 : Da, kok dicaliak, tingga di sekitar siko lamak ndak da, udaro sajuak, angin barambuih kok siang hari, Ndak lo bisiang dek jauah dari jalan umum.
(Bang, kalo dilihat-lihat, tinggal di sekitar sini kayaknya enak ya bang, udaranya sejuk, angin berembus kalo siang hari, udah gitu gak bising karena jauh dari jalanan umum)
👦 : Batua diak, sabana lamak, tapi bagi Uda indak juo do diak
(Betul dek, beneran enak, tapi bagi Abang sih enggak juga dek)
👩 : Hmm, ba’a tu da?
(Hmm, kenapa bang?)
👦 : Yo soalnyo uda alah nyaman di hati adiak.
(Ya soalnya Abang udah nyaman di hati adek).

Baca Juga : Dialog Perkenalan Dalam Bahasa Minang

Bertemu Calon Mertua

Contoh Percakapan Bahasa Minang dengan Pacar selanjutnya adalah ketika si pria mengunjungi rumah kekasihnya, dan bertemu orangtua dari wanita.

Pertemuan seperti ini memang akan sangat jarang terjadi, kecuali dari awal pacaran memang sering bertemu di dalam rumah. Namun bagi yang LDR, tentu momen ini akan jadi canggung.

Di percakapan kali ini, si orangtua wanita mengajukan beberapa pertanyaan terkait pekerjaan, sekolah, nasehat dan sebagainya. Silakan disimak :

🤶 : Sia namo nak?
(Siapa namamu, nak?)
👦 : Namo wak Indra Kusuma, mak.
(Nama saya Indra Kusuma, bu)

🤶 : Masih kuliah ato alah karajo?
(Masih kuliah atau udah kerja?)
👦 : Awak lulus S1 bulan Maret patangko Bu, kini karajo di PDAM Kota Padang
(Saya lulus S1 bulan Maret kemaren Bu, sekarang kerja di PDAM Kota Padang)

🤶 : Ooh alah karajo. Lai baiyo-iyo Samo anak ibu nyo kan? Usia kalian soalnyo alah gadang-gadang lo kini.
(Ooh udah kerja. Kamu serius kan sama anak ibu? Usia kalian soalnya udah matang-matang juga sekarang)
👦 : Insya Allah lai Bu, awak ddak main-main Samo Ratna nyo bu.
(Insya Allah serius Bu, saya tidak sekadar main-main aja kok Bu).

🤶 : Rancak lah nak ko mode itu, Jan sampai kalian mangarajoan hal-hal nan mambuek malu yo nak.
(Bagus lah kalo begitu. Jangan sampai kalian melakukan hal-hal yang membuat malu ya nak).
👦 : Indak Bu, ibu tanang se lah, kami ndak ka manga-manga gai do bu.
(Tidak bu, ibu gak usah khawatir, kami gak bakal ngapa-ngapain kok Bu).

Baca Juga : Kamus Bahasa Minangkabau

Ucapan Selamat Ulang Tahun

Gombalan bahasa Minang dan artinya
Source : Solo.tribunnews.com

Hari ulang tahun merupakan salah satu momen khusus dan spesial, yang hanya terjadi sekali dalam setahun, terlebih bagi mereka yang menjalani hubungan asmara.

Nah, berikut ini adalah percakapan bahasa Minang dengan Pacar sebagai ucapan selamat ulang tahun beserta artinya untuk kamu semua :

👦 : Salamaik ulang tahun nan ka 22 tahun yo sayang, untuang-untuang kadepannyo tambah sukses, sehat taruih, bisa mawujuid’an cito-cito nan dalami iko sadang dikaja.
( Selamat ulang tahun yang ke 22 tahun ya sayangz semoga kedepannya tambah sukses, sehat selalu, bisa mewujudkan cita-cita yang selama ini sedang dikejar).

👩 : Makasih banyak yo sayang atas do’a-do’a jo harapannyo, untuang-untuang lai tacapai sadonyo. Aamiinn.
(Makasih banyak ya sayang atas do’a-do’a dan harapannya, semoga tercapai semuanya. Amin).

Keterangan :

Kata “untuang-untuang” jika diartikan adalan “untung”, namun dalam bahasa Minang juga dipakai sebagai ungkapan pengharapan kepada seseorang, yang berarti “semoga”.


Baca Juga : Percakapan Bahasa Minang Dengan Teman

Demikianlah, 5 Contoh Percakapan Bahasa Minang Dengan Pacar secara langsung maupun lewat telepon. Semoga ulasan di atas bisa menambah pengetahuan kita mengenai bahasa Minangkabau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *