Pentingnya Pemasaran Digital Di Era Covid-19 & Kenapa Kamu Harus Tahu!

· 2 min read
Pentingnya Pemasaran digital

Di era yang serba teknologi sekarang ini, pemasaran digital menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan omzet perusahaan. Biaya yang terjangkau, tidak membuang banyak waktu, dan cakupan lokasi jangkauan yang luas dianggap menjadi keunggulan pemasaran digital dibandingkan teknik pemasaran konvensional. Kursus digital marketing Jakarta juga mulai banyak dicari orang-orang.

Hal ini semakin dibuktikan seiring dengan adanya pandemi Covid-19 di hampir seluruh dunia. Dengan alasan protokol kesehatan, toko-toko tutup, aktivitas perkantoran dibatasi, dan orang-orang dianjurkan untuk diam di rumah. Mau tidak mau, memahami teknik dan Pentingnya pemasaran digital ini harus diaplikasikan oleh semua pegiat bisnis agar bisa mempertahankan perusahaannya.

Seberapa Pentingnya Pemasaran Digital di Era Covid-19?

Semua Orang Mulai Go Digital

Sederhananya, pembatasan aktivitas di era new normal sekarang ini mengakibatkan hampir semua orang di dunia menggunakan smartphone. Bahkan per Januari 2019, menurut penelitian, pengguna internet meningkat menjadi 150 juta orang di dunia.

Sebagaimana kita ketahui, jika teknik pemasaran digital ini mengharuskan praktisinya untuk melakukan pemasaran melalui konten-konten di internet. Nah, kondisi seperti ini lah yang menjadi peluang bagi para pengusaha untuk memasarkan produknya secara digital.

Dari pada masih ‘kekeh’ menggunakan teknik pemasaran konvensional yang akan sangat menghabiskan waktu, lebih baik anggaran dialokasikan untuk mengiklankan produk di Facebook, Instagram, atau Google Ads.

Covid-19 Mengubah Perilaku Konsumen

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Facebook di tahun 2020, terdapat perubahan pada perilaku konsumen di seluruh dunia. Data menyebutkan lebih dari 32% konsumen yang asalnya melakukan perbelanjaan secara offline, kini mulai berbelanja secara online melalui market place dan platform-platform lainnya.

Melihat perilaku konsumen yang berubah, sebaiknya perusahaan juga mulai merubah teknik marketingnya menyesuaikan dengan realita sekarang ini.

Biaya Terjangkau

Anda tidak perlu repot-repot mencetak brosur dan melakukan promosi door-to-door jika menggunakan teknik digital ini. Biaya akan lebih terjangkau, apa lagi di masa pandemi Covid-19 yang serba susah dan perusahaan harus tetap bisa bertahan. Hanya dengan Rp 50.000,- saja, Anda sudah bisa beriklan di Facebook dan Instagram, lho.

Baca Juga : Informasi Tentang Vaksin COVID-19

Jangkauan Lebih Luas

Anda juga bisa menjangkau pelanggan di mana saja. Tidak hanya di Indonesia, namun bisa juga di negara-negara lainnya. Menguntungkannya lagi, jangkauan yang luas ini dapat dengan mudah dicapai tanpa menghabiskan waktu banyak.

Jika jangkauan iklan menjadi lebih luas, tentu saja peluang mendapat konsumen juga akan semakin besar. Hasil akhirnya, konversi yang didapatkan akan lebih tinggi dari biasanya. 

Dari beberapa alasan di atas mengenai pentingnya pemasaran digital di masa pandemi Covid-19, bisa disimpulkan bahwa hal tersebut sangat penting dan wajib dipelajari oleh pebisnis.

Belajar Pemasaran Digital Bersama Ngobroldigital.com

Pentingnya pemasaran digital di era COVID-19
Ngobroldigital.com

Untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu pemasaran digital, tentu saja jangan gegabah. Sebaiknya mempelajari dasar-dasarnya terlebih dulu. Ada banyak materi-materi yang bisa dipelajari dari berbagai sumber di internet.

Tapi untuk Anda yang ingin belajar dari pakarnya langsung, bisa mengikuti Kursus Digital Marketing Jakarta di Ngobroldigital.com.

Selain mempelajari langsung dari pakarnya, mengikuti kursus digital marketing di Ngobroldigital.com juga harganya terjangkau. Tak hanya itu, mengikuti kursus juga membuat Anda mendapat banyak kenalan baru yang mungkin bisa menjadi link bisnis Anda di kemudian hari.

Nah, apa saja harus dikuasai dalam pemasaran digital? Berikut penjelasannya :

  • Search Engine Optimization : SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu tindakan/praktik yang bertujuan untuk mengoptimalkan website. Optimasi tersebut diharapkan membuat search engine menilai atau menelusuri apakah website tersebut layak ditampilkan pada posisi teratas pada hasil pencarian atau tidak. Search engine yang dimaksud di sini misalnya: Google, Yandex, Yahoo, dan lainnya.
  • Search Engine Marketing : SEM atau Search Engine Marketing merupakan teknik pemasaran melalui website di internet dengan cara meningkatkan visibilitasnya pada search engine. Untuk mempelajari SEM, otomatis Anda akan mempelajari SEO. Berbeda dengan SEO, jangkauan SEM lebih luas karena mencakup peningkatan visibilitas melalui search engine secara organik maupun iklan.
  • Content Writing :Untuk menjalankan SEO dan SEM, tentu saja membutuhkan konten, baik berupa tulisan, video, atau audio. Salah satu yang sangat penting dan wajib dikuasai adalah content writing. Untuk membuat konten yang baik, Anda tidak bisa asal-asalan. Dibutuhkan skill content writing tertentu sehingga tulisan bisa tepat sasaran, menarik, dan nyaman dibaca.
  • Web Design : Web design yang baik di mata search engine tidak hanya mengutamakan kreativitas saja, namun juga harus responsif dan ‘friendly’ secara SEM maupun SEO. Maka dari itu, mempelajari web design sangatlah penting untuk kelangsungan pemasaran digital.

SEO, SEM, skill content writing, dan web design yang telah dijelaskan di atas bisa Anda pelajari bersama mentor yang sudah berpengalaman melalui kursus digital marketing Jakarta ngobroldigital.com.

Ayo persiapkan strategi pemasaran digital perusahaan Anda di masa pandemi Covid-19 ini untuk bisa bersaing dengan kompetitor sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *