Kerambit Minang, Senjata Rahasia Yang Mendunia

· 3 min read
Kerambit Minang

Kerambit Minang – Selain Karih yang sudah kita ulas kemaren, salah satu Senjata Tradisional Sumatera Barat lainnya adalah Karambiak, yaitu alat perlindungan diri yang sangat terkenal. Bahkan bukan hanya di Minangkabau atau Indonesia saja, melainkan eksistensinya sudah tersohor hingga ke Eropa dan Amerika.

Singkatnya, Pisau Kerambit Minang adalah senjata genggam khusus untuk perlindungan diri, bentuknya melengkung seperti bulan sabit. Alat ini dikenal sangat berbahaya, karena mampu merobek dan mengoyak tubuh seseorang dengan cepat dan bahkan tidak terdeteksi, ini dikarenakan ukurannya yang juga kecil.

Pada Budaya Minangkabau, alat ini dikenal dengan nama Kurambiak / Senjata Karambiak Minangkabau. Senjata ini memiliki sejarah yang lumayan panjang, terdapat beberapa jenis, memiliki ciri khas tersendiri, daerah penyebaran, teknik penggunaan hingga harga yang bervariasi. Bahkan, di Amerika Serikat sudah diproduksi secara massal, fungsi utamanya memang cocok sebagai perlindungan diri,

Berdasarkan beberapa sumber, Karambit Lipat asal Sumatera Barat ini digadang-gadang menjadi salah satu senjata jarak dekat paling berbahaya di dunia. Jika kamu sudah menonton film berjudul “Meratau”, kamu akan melihat alat ini dipakai ketika berhadapan dengan musuh-musuhnya. Silakan simak ulasan ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang Kerambit Minang ini.

Sejarah Kerambit Minang

Berdasarkan bukti-bukti yang tertulis, Karambiak Minangkabau memang berasal dari Sumatera Barat, tepatnya dari suku Minang. Setelah berkembang di sana, kemudian para perantau dari Minang membawa dan mengembangkan senjata tradisional ini ke daerah lain seperti Jawa, Semenanjung Melayu dan daerah lainnya.

Bersumber dari cerita-cerita rakyat, proses munculnya ide membuat alat ini terinspirasi dari cakar harimau, yang di mana ketika itu masih sangat banyak berkeliaran di hutan-hutan Sumatera. Kuku harimau yang melengkung dan tajam menjadi asal-usul motif pisau Kerambit Minang Modern ini, yang juga melengkung dan sangat tajam.

Pada awalnya, senjata ini difungsikan sebagai alat pertanian, yakni untuk menyapu akar, pengumpul batang padi hingga alat untuk penggirikan padi. Kemudian, alat ini tersebar melalui jalur perdagangan dari jaringan Asia Tenggara hingga ke negara-negara lain seperti Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina hingga Thailand.

Nah, bahkan berdasarkan peninjauan sejarah dari Eropa, mengemukakan bahwa Kerambit Minang ini menjadi salah satu alat yang dipakai tentara Indonesia sebagai senjata terakhirnya, ketika keris yang di pinggang dan tombak yang berada di tangan sudah tidak berdaya lagi ketika menghadapi musuh.

Berhubung Karambiak Sumbar ini merupakan senjata yang lebih optimal digunakan ketika bertarung jarak dekat, maka orang-orang yang menguasai ilmu bela diri sangat cocok memakai alat ini. Misalnya para Pasilek (pesilat) Minang dan orang-orang Bugis Sulawesi yang dikenal sangat mahir menggunakan alat ini, hingga kini.

Jenis Kerambit Di Indonesia

Jenis-jenis Kerambit Minang di Indonesia
Jeda.id

Meski kita tahu bahwa bentuk Kerambit ini secara umum semuanya sama, namun karena penyebarannya yang luas akhirnya masing-masing daerah memberikan kesan dan motif khusus yang khas, agar terkesan menjadi kearifan lokal. Nah, beberapa jenis Kerambit di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kuku Alang (kuku elang), Lawi ayam: Cakar elang / ayam dari Sumatra Barat
  • Kuku Harimau, dari Sumatra Barat, Jawa Barat dan Madura
  • Kuku Bima, dari Jawa Barat dan Jawa Tengah
  • Kuku Hanoman, dari Jawa Barat
  • Kerambit Sumbawa, dari Pulau Sumba
  • Dan Kerambit Lombok, dari Lombok.

Jika dilihat dari bentuk pisaunya, maka terbagi dua yakni tajam tunggal seperti parang biasa, dan tajam ganda layaknya belati. Dan jika dilihat dari jenis penyebaran asli, sebenarnya hanya terbagi dua, yakni Kerambit Minang Sumatera Barat dan milik Jawa Barat.

Selain di Indonesia, beberapa perusahaan di Amerika Serikat juga turut andil untuk memproduksi dan mengembangkan senjata khas Minangkabau ini, sebut saja seperti perusahaan Emerson Knives dan Strider Knives. Ini dimulai seiring kurang populernya Kerambit Minang di Indonesia, kira-kira sekitar tahun 2005.

Cara Menggunakan Kerambit Minang

Secara keseluruhan, alat ini memang berbeda dengan senjata tajam lainnya seperti pisau umum, pedang maupun parang. Begitu pula dengan kegunaan hingga teknik penggunaannya. Sebagai senjata rahasia yang berbahaya, terdapat teknik-teknik dalam pemakaiannya.

Jika pada pisau atau parang, cara menggenggamnya menggunakan semua jari tangan, Cara memegang Kerambit hanya perlu 4 jari, di mana jari jempol tidak digunakan. Kerambit dipegang dengan posisi terbalik, tidak seperti sabit atau celurit. Kemudian, jari telunjuk dimasukkan ke dalam lobang yang ada pada ujung gagang.

Sehingga, bagian lengkungan mengarah ke depan dari bagian bawah kepalan tangan. Teknik Menggunakan Kerambit Minang dengan cara seperti ini memang terkesan rumit, namun ini juga menyesuaikan dengan kegunaannya, yakni sebagai senjata untuk melukai dan melumpuhkan lawan dari jarak dekat.

Ketika senjata ini sudah masuk atau menancap ke tubuh lawan, maka selanjutnya yakni memutar tangan ke kiri atau kanan dan kemudian menggerakkannya. Hal ini akan menyebabkan isi tubuh menjadi robek, lalu lawan akan lumpuh seketika. Jika dari luar, luka kasih koyakan kerambit memang terlihat kecil, tapi didalamnya parah.

Keunggulan Karambiak Minang

Karambiak Minang dari sumbar
Twitter.com

Beberapa Kelebihan Senjata Kerambit Minang ini adalah, jari telunjuk yang masuk ke dalam lobang di gagang tersebut menjadi pengunci, sehingga sulit lepas ketika lawan hendak mengambil atau menjatuhkan senjata Kerambit dari tangan kita. Selain itu, keberadaannya juga bisa bermanuver ketika digunakan.

Keunggulan lainnya diantaranya :

  • Bentuknyah kecil dan mudah disembunyikan
  • Sulit untuk dilucuti dalam pertarungan
  • Jarak bisa berubah tanpa mengubah langkah
  • Bisa untuk dua serangan dalam satu gerakan tangan
  • Lebih membuat robekan besar untuk gerakan-gerakan tarikan yang mematikan
  • Serangan dapat lebih cepat dengan pegangan standard secara pukulan jab.

Bagi kamu yang ingin membeli senjata tradisional yang satu ini, perlu terlebih dahulu untuk mengetahui Harga Kerambit Silat, Lipat, Asli dan Modern yang bisa ditemukan informasinya di internet. Kamu juga bisa membelinya dengan mudah di toko-toko online / Marketplace kesayangan kamu.

Sejak dulu, Kerambit Minang ini memang terkenal sebagai senjatanya orang jantan, karena hanya dominan digunakan ketika bertarung dengan jarak dekat, serta mampu menaklukkan musuh dengan cepat tanpa perlu perlawanan yang lama. Selain itu, alat ini memang tidak diperjualbelikan untuk anak-anak di bawah umur.

Baca Juga : Karih Minang, Senjata Tradisional Sekaligus Perlengkapan Adat Di Sumbar

Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai senjata Tradisional Sumatera Barat yakni Kerambit Minangkabau beserta sejarah, teknik penggunaan jenis hingga kelebihannya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *