5+ Aplikasi Translate Bahasa Minang Gratis Untuk Android

· 3 min read
Aplikasi translate bahasa Minang

Ada beberapa Aplikasi Translate Bahasa Minang yang saya temukan internet. Ketersediaan aplikasi ini tentunya akan membantu kamu untuk belajar bahasa Minang secara perlahan, dengan bantuan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Mudahnya lagi, Aplikasi Terjemahan Bahasa Minang ini bisa kamu download secara gratis untuk Android di Play Store.

Smartphone yang kamu miliki tidak perlu harus ber-spek dewa, yang penting berbasis Android dan bisa nyala.

Download Aplikasi Translate Bahasa Minang Untuk Android

Download aplikasi terjemahan Minang Indonesia

Seperti yang kita tahu, masyarakat Minangkabau sangat suka merantau, keberadaan mereka tersebar di berbagai daerah di seluruh penjuru nusantara.

Sehingga, tidak heran bila kita akan menemui mereka di sekitar tempat tinggal kita.

Salah satu hal yang menjadi penghambat ketika ingin menjalin silaturahmi dengan orang baru adalah mengenai bahasa.

Dengan bantuan Aplikasi Translate Bahasa Minang ke Indonesia ini, akan membantu kamu belajar bahasa Minang sedikit demi sedikit.

Selain itu, memahami bahasa Minangkabau juga akan menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai kekayaan daerah di Indonesia.

Translate bahasa Padang Online ini hadir untuk mempermudah segala hal yang berhubungan dengan bahasa.

Berikut, beberapa Aplikasi Translate Bahasa Minang ke Indonesia untuk Android yang gratis dan siap digunakan :

Kamus Bahasa Minang Offline Lengkap

Yang pertama ini dipublikasikan oleh Azklabs Mobile, berukuran 3.9 MB dengan rating 3.9.

Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di Play Store. Pembendaharaan kata dalam aplikasi ini cukup lengkap dan mudah dipahami.

Ada puluhan ribu kata yang dimuat didalamnya, disusun sedemikian rupa sehingga mudah dipahami.

Selain fitur translate, fitur pendukung lainnya diantaranya terdapat kuis-kuis menarik, penambahan kata hingga pilihan tema yang bervariasi.

DOWNLOAD FREE

Kamus Minang Online

Yang kedua bernama Kamus Minang Offline, berukuran 3.9 MB dengan rating 3.4. Kamus ini dilengkapi Aksara, penerjemah bahasa Indonesia-minang dan sebaliknya, dan dilengkapi tombol “Search” yang memudahkan pengguna.

Aplikasi ini sepenuhnya offline tanpa perlu koneksi internet sedikitpun. Hanya bermodal aplikasi ringan ini, kamu bisa menemukan ribuan kosakata, contoh percakapan, aksara, istilah kata dan lain-lain.

DOWNLOAD FREE

Ngomong Padang

Aplikasi Translate Bahasa Minang selanjutnya bernama “Ngomong Padang”, dipublikasikan oleh Selada MK. Aplikasi ini dirilis berukuran 4.3, dengan rating 3.9.

Kosakata dalam aplikasi ini diantaranya kosakata umum, angka, bahasa gaul dan tambahan lainnya.

Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis dengan mengklik link di bawah ini.

DOWNLOAD FREE

Kamus Minang Terlengkap

Berikutnya bernama “Kamus Minang Terlengkap”, yang dipublikasikan oleh Nimrod Studio, berukuran 5.0 MB dan mendapat rating 3.6.

Aplikasi ini memudahkan kamu memahami kata-perkata dalam bahasa Minang yang sulit sekalipun.

DOWNLOAD FREE

Kamus Daerah Indonesia

Aplikasi Translate Bahasa Minang selanjutnya bernama “Kamus Daerah Indonesia”, yang dikembangkan oleh SkyNet Dumai, dengan ukuran sebesar 2.8 MB dan mendapat rating 3.0.

Dalam aplikasi ini bukan hanya bahasa Minang saya, tetapi juga bahasa daerah lainnya di Indonesia.

Dari lebih 700 bahasa daerah di Indonesia, aplikasi ini telah mendukung sekitar 20 bahasa yang paling populer dan banyak digunakan di tanah air, dengan padanan ribuan kata yang tersedia.

Selain itu, kamu juga bisa berkontribusi dalam menambahkan kosa kata.

DOWNLOAD FREE

Tips Belajar Bahasa Minang

Cara mudah belajar bahasa Minang

Beberapa Aplikasi Translate Bahasa Minang di atas hanyalah sebagai penunjang mendasar bagi kamu semua, tidak akan bisa dijadikan patokan satu-satunya ketika kamu berniat belajar lebih mendalam.

Untuk bisa menguasai suatu bahasa daerah lain secara sempurna, tentunya tidak akan bisa. Jikapun bisa, akan begitu sulit.

Namun, jika beberapa tips di bawah ini ditekuni, akan bisa sana persis dengan masyarakat aslinya :

Mengikuti Kursus

Jika kamu tinggal di Sumatera Barat, kamu bisa menjumpai cukup banyak jasa kursus bahasa Minang yang tersebar. Kamu tinggal pilih dan mulai belajar.

Dengan biaya yang tidak tergolong mahal, kamu akan bertemu dengan guru-guru handal, yang tentunya asli dari suku Minang itu sendiri.

Di sana, kamu juga akan bertemu dengan orang-orang yang bukan dari ranah Minang juga, kemudian akan ada sesi praktek berdialog, menulis, belajar liheat dan lainnya.

Bergaul dengan Orang Minang

Jika tidak ingin mengeluarkan biaya, kamu bisa menjalin pertemanan dengan orang Minang, lalu lebih banyak mendengar dan bertanya terlebih dahulu.

Ini adalah pengalaman pribadi saya ketika pertama kali kuliah di Kota Padang, dan satu kosan dengan orang Minang. Hanya butuh waktu 3 bulan, saya langsung bisa fasih berbahasa Minangkabau.

Mungkin bagi kamu akan butuh waktu sedikit lama. Saya hanya butuh 3 bulan karena saya sendiri memang berasal dari Sumatera Barat juga, hanya saja dari daerah Melayu.

Ngumpul Bersama Orang Minang

Di kota-kota besar di Indonesia, terdapat cukup banyak perkumpulan perantau dari Minang, mungkin termasuk di kota kamu juga. Ini menjadi peluang emas bagi kamu yang tertarik belajar bahasa Minang.

Dibantu dengan beberapa Aplikasi Translate bahasa Minang di atas, di sini kamu juga bisa langsung bertanya dan praktek ketika berada dalam kumpulan mereka.

Tenang saja, mereka sudah pasti mau mengajarkan kamu hingga fasih. Yang penting kamu tetap sabar dan konsisten dalam mendengarkan ajaran-ajaran mereka semua.

Sering Mendengarkan Lagu Minang

Dulu, sebelum saya bisa berbahasa Minang, kebiasaan yang menunjang kemudahan saya dalam belajar adalah karena saya suka lagu-lagu berbahasa Minangkabau.

Tak disangka, hal ini akan memicu rasa ingin tahu kita mengenai apa arti dari lagu yang kita dengarkan. Sehingga, sedikit demi sedikit kamu akan mulai mengenal arti kosakata dari lirik-lirik lagu tersebut.

Apalagi di zaman sekarang, hanya bermodalkan koneksi internet saja, kamu sudah bisa dengan mudah dan bebas untuk memilih koleksi lagi Minang yang kamu sukai, sembari belajar otodidak.

Selengkapnya : Kamus Bahasa Minang – Indonesia


Nah, demikianlah ulasan singkat kali ini mengenai artikel Download Aplikasi Translate Bahasa Minang untuk Android yang paling direkomendasikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *